BLT Lansia Udah Cair Rp2,4 Juta, Begini Cara Ambilnya

  • Bagikan
b6b0d058 desa di 11 kabupaten belum terima blt dana desa terbanyak di papua dan ntt

JAKARTA – Kementerian Sosial terus menyalurkan Bantuan Sosial pada 2021. Salah satu yang disalurkan adalah Program Keluarga Harapan (PKH).

Pemberian ini juga diberikan kepada kelompok lanjut usia yang memenuhi persyaratan sebagai keluarga miskin (KM) dan ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Dilansir dari website Kemensos, Kamis (21/1/2021), kelompok penerima PKH harus terdaftar dan hadir pada fasilitas kesehatan dan pendidikan terdekat. Dan untuk komponen kesejahteraan sosial yaitu penyandang disabilitas dan lanjut usia mulai 70 tahun.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Film dari Kisah Nyata Cocok untuk Hari Valentine

PKH disalurkan setiap 3 bulan sekali, dalam 4 tahap, yaitu Januari, April, Juli dan Oktober 2021 melalui Bank Himbara seperti BNI, BRI, Mandiri dan BTN. Pada bulan Januari, PKH akan disalurkan dengan anggaran sebesar Rp7,17 triliun. Total anggaran yang diterima lansia per tahunnya sebesar Rp2.400.000.

Bagi penerima yang sakit, lanjut usia, dan penyandang disabilitas berat, Bank-Bank tersebut akan mengantarkan langsung ke tempat tinggal masing-masing

Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indone­sia telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Baca Juga :  Minum Racun Rumput, Ibu Muda Asal Kepahiang Meninggal Dunia

Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

okz

  • Bagikan