Harus Tau ! 9 Rekomendasi Obat Alami Sakit Maag yang Sesuai Kebutuhan Anda

  • Bagikan
9 Rekomendasi Obat Alami Sakit Maag yang Sesuai Kebutuhan Anda
9 Rekomendasi Obat Alami Sakit Maag yang Sesuai Kebutuhan Anda

9 Rekomendasi Obat Alami Sakit Maag yang Sesuai Kebutuhan Anda

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sakit maag ketika asam lambung naik. Atau mungkin pernah mengalaminya sendiri? Menurut data dari WHO (World Health Organization) jumlah penderita sakit maag di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 40,8 persen.

Sakit maag memang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebelum menjadi lebih parah, banyak orang yang mulai melirik pada obat alami sakit maag daripada obat berbahan kimia. Memang cara untuk mengobatinya pun tidak sama antara satu orang dan orang lain, karena bergantung dengan seberapa parah sakit maag yang diderita.

Sebelum menemukan rekomendasi obat alami sakit maag, tahukah Anda sebenarnya apa yang menyebabkan sakit maag?

Hal yang umum dikenal masyarakat sebagai penyebab sakit maag adalah tentang pola makan, kafein, sampai stres. Secara medis, sakit maag disebabkan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Saat Anda merasakan gejalanya, beberapa obat alami sakit maag bisa jadi alternatif.

Mulai Merasakan Gejalanya? Atasi dengan Obat Alami Sakit Maag 

Gejala awal sakit maag biasanya ditandai dengan rasa sakit dan nyeri di perut. Untuk meredakan sakitnya, ada yang memilih obat alami sakit maag dan banyak juga yang lebih memilih obat maag berbentuk tablet karena sangat praktis.

Meskiput obat maag sekarang mudah dibeli di apotek dengan harga murah, tapi ternyata untuk mengonsumsinya tidak boleh sembarangan. Apalagi kalau sampai ketergantungan. Bisa jadi hanya meredakan gejalanya sebentar, tapi tidak benar-benar menyembuhkan. Atau malah bisa memunculkan gejala sakit yang lain.

Terlalu sering minum obat maag juga bisa memberikan efek samping berbahaya untuk kesehatan tubuh. Beberapa orang yang tidak cocok dengan obat maag tertentu, kondisinya bisa makin tidak nyaman sesudah minum obat. Kira-kira Anda ketika sakit maag akan pilih yang mana antara obat maag tablet atau obat alami?

Beberapa Rekomendasi ObatAlami Sakit Maag yang Aman  

Di antara banyak rekomendasi obat yang ditawarkan untuk menyembuhkan sakit maag, Anda juga bisa memilih yang lebih aman bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa pilihan obat alami sakit maag dari beberapa bahan yang cukup mudah ditemukan di sekitar Anda.

1.Madu  

9 Rekomendasi Obat Alami Sakit Maag yang Sesuai Kebutuhan Anda
foto kompas

Madu ternyata bukan hanya bisa dinikmati karena manisnya, tapi juga mengandung banyak elemen, termasuk polifenol dan antioksidan. Madu juga bisa berperan sebagai antibakteri yang kuat dan sudah terbukti menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori sebagai penyebab sakit maag. Asal Anda memiliki kadar gula darah yang normal, maka Anda bisa bebas menikmati madu seperti halnya pemanis lain.

Baca Juga :  Segera Login! Gelombang 15 Sudah Diumumkan, Ternyata Benar Ciri Lolosnya

2.Makanan yang Mengandung Flavonoid  

Makanan yang Mengandung Flavonoid
foto alodokter

Flavonoid atau yang juga dikenal sebagai bioflavonoid bisa menjadi pilihan yang efektif untuk mengobati sakit maag dan melindungi lapisan perut. Flavonoid merupakan senyawa yang terbentuk secara alami pada buah-buahan dan sayuran. Makanan kaya flavonoid di antaranya; apel, kedelai, anggur merah, kubis, dan brokoli. Bahan-bahan makanan untuk sakit maag tersebut juga bisa membantu tubuh untuk melawan bakteri Helicobacter pylori. Sejauh ini, tidak ada efek samping dari konsumsi flavonoid yang terkandung dalam makanan sehari-hari.

3.Bawang Putih  

6220ff98 5615 4121 b43e 0904fc6473ee 169
Harus Tau ! 9 Rekomendasi Obat Alami Sakit Maag yang Sesuai Kebutuhan Anda 10

Bawang putih yang biasa menjadi bumbu masak ternyata memiliki sifat anti mikroba dan juga antibakteri. Ekstrak dari bawang putih bisa membantu untuk mencegah peningkatan bakteri Helicobacter pylori. Orang yang memiliki gejala sakit maag bisa memakan dua siung dari bawang putih yang masih mentah, meskipun rasanya tidak disukai sebagian orang. Tapi konsumsi selama 3 hari saja akan memberi efek positif sebagai obat sakit maag yang alami.

4.Zat Probiotik 

725a105b download 1
Harus Tau ! 9 Rekomendasi Obat Alami Sakit Maag yang Sesuai Kebutuhan Anda 11

Probiotik merupakan bakteri hidup dan jamur yang menghasilkan mikroorganisme penting dan menyehatkan untuk saluran pencernaan. Anda memang bisa mengonsumsi zat probiotik dalam bentuk suplemen, tapi ada beberapa bahan makanan yang juga mengandung probiotik. Probiotik terdapat dalam beberapa zat makanan fermentasi seperti; yoghurt, keju, tempe, kimchi, dan roti sourdough. Bukan hanya menjadi obat alami sakit maag untuk anak tapi probiotik juga meningkatkan tingkat pemulihan

5.Jus Kentang 

393216d0 082057800 1550655999 foto kentang
foto liputan6

Bagaimana biasanya Anda mengolah kentang untuk dimakan? Ternyata tidak hanya bisa dimakan saja, tapi kentang juga bermanfaat jika dibuat jus. Jus kentang yang diambil airnya bisa bermanfaat untuk obat alami sakit maag karena mengandung garam alkali. Garam alkali pada air kentang akan bereaksi dengan asam lambung dan mengurangi radang pada permukaan lambung. Kentang yang sudah dicuci bersih, diparut kemudian peras hasil parutan dan diambil airnya. Tuangkan air jus kentang dalam gelas 100 ml dan campurlah dengan air hangat untuk diminum 30 menit sebelum makan pagi dan sore.

Baca Juga :  Klasemen MotoGP 2020 Usai Rins Juara GP Aragon

6.Air Kelapa 

3042bc94 4043481722
foto : sajiansedap.grid.id

Kandungan antiinflamasi pada air kelapa dapat menjadi pelindung lapisan permukaan lambung saat maag kambuh. Tidak hanya airnya, tapi minyak kelapa pun bermanfaat untuk mengatasi sakit maag. Minyak kelapa memiliki kandungan antioksidan yang mengurangi tekanan pada permukaan lambung. Untuk air kelapa, Anda boleh minum kapan saja. Tapi minyak kelapa hanya  direkomendasikan maksimal 3 sendok teh per hari.

7.Daun Mint 

fd94079c manfaat daun mint untuk kesehatan yang ayang dilewatkan
foto alodokter

Daun mint sudah pernah diteliti dan hasilnya mengandung antidepresan, antibakteri, analgesik dan antispasmodik. Khusus untuk antispasmodik inilah yang dapat membantu untuk mengatasi kembung sebagai gejala maag. Memang daun mint bisa meredakan gejalanya, tapi tidak disarankan untuk kondisi maag yang sudah parah.

8.Jahe  

b1ac7ae4 066439700 1558663063 manfaat jahe untuk kesehatan by emily li shutterstock
foto klikdokter

Jahe sering dimanfaatkan untuk bahan bumbu masakan tertentu. Tapi jahe yang dikonsumsi dalam bentuk minuman dipercaya bisa membantu untuk mengatasi sakit dan nyeri di perut akibat maag. Selain menjadi obat alami untuk sakit maag, jahe pun bisa meredakan mual ketika timbul gejala maag ataupun mual karena kondisi lain seperti ketika menjelang haid.

9.Kunyit  

Kunyit adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang sudah sejak dulu dipakai untuk obat tradisional. Sama seperti jahe, kunyit juga memberikan efek antioksidan dan antiinflamasi. Ternyata pemanfaatannya sebagai obat tradisional juga terbukti secara ilmiah karena kunyit mengandung kurkumin. Dari kandungan kurkumin inilah efek antioksidan dan antiinflamasi diperoleh. Karena itu, kunyit bisa membantu untuk meredakan sakit karena gangguan lambung.

Pilih Obat Alami Sakit Maag yang Sesuai Kebutuhan Anda

Sebenarnya ada banyak pilihan untuk mengobati sakit maag, seperti buah untuk sakit maag, dan khususnya obat alami sakit maag yang telah Anda kenali. Kebanyakan bahan-bahannya cukup mudah ditemukan. Tapi obat mana yang paling sesuai untuk Anda?

Saat mengonsumsi salah satu obat maag alami kemudian Anda merasa ada reaksi yang kurang nyaman, sebaiknya tidak dilanjutkan. Reaksi dalam tubuh manusia bisa saja berbeda-beda.

Obat alami sakit maag memang direkomendasikan karena tidak berefek samping dan lebih sehat. Tapi jika rasa nyeri di perut berlangsung lama dan disertai gejala lain sebaiknya Anda hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Yang pasti, Anda bisa mencegah sakit maag daripada mengobati. Anda bisa membiasakan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dan hindari stres.

Penulis : Aicha

Editor : AG

  • Bagikan