Cara Mudah Update Ubuntu, Aplikasi & Sistem Operasi Versi Terbaru 2021

  • Bagikan
Cara Mudah Update Ubuntu, Aplikasi & Sistem Operasi Versi Terbaru 2021
Cara Mudah Update Ubuntu, Aplikasi & Sistem Operasi Versi Terbaru 2021Cara Mudah Update Ubuntu, Aplikasi & Sistem Operasi Versi Terbaru 2021

Cara Mudah Update Ubuntu, Aplikasi & Sistem Operasi Versi Terbaru 2021

Cara Update Ubuntu server di vps ataupun PC untuk aplikasi dan system Bukan Untuk Upgrade Versi Ubuntu dari 16.04, 17.10, 18.04 ke 20.04 ataupun 20.10.

Mengapa perlu melakukan update Ubuntu ? Seperti kita ketahui jika Ubuntu lumayan sering melakukan update untuk mengatasi Bugs ataupun menambahkan fitur baru.

Dan pastinya dengan adanya update terbaru, kualitas Operating sistem kita akan lebih baik lagi dari segi performa hingga keamanannya terlebih lagi jika kita menggunakan Ubuntu sebagai Operating sistem server pada VPS ataupun dedicated server.

Bagaimana Mengetahui adanya Update Sistem Pada Ubuntu?

Bagaimana Mengetahui Jika ada update terbaru dari Ubuntu? kita dapat mengetahuinya Ketika login melalui Console / terminal / ssh bagi pengguna VPS akan muncul pemberitahuan seperti berikut ini.

Bagaimana Mengetahui adanya Update Sistem Pada Ubuntu?
Cara Mudah Update Ubuntu, Aplikasi & Sistem Operasi Versi Terbaru 2021 8

Nampak Pada Gambar Diatas adanya keterangan:

  1. 20 packages can be updated.
  2. 0 updates are security updates.

Jika kalian melihat adanya keterangan diatas tandanya sudah ada rilis terbaru dari Ubuntu Developer. Untuk melihat rincian aplikasi dan sistem apa saja yang terbaru kalian dapat ketik perintah berikut ini

apt list –upgradable

Langkah Update Ubuntu server

Langkah Update Ubuntu server
Cara Mudah Update Ubuntu, Aplikasi & Sistem Operasi Versi Terbaru 2021 9

Langkah Pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka Console / SSH / Terminal dan login menggunakan root. Perhatikan notifikasinya apakah ada tersedia update.

Jika tersedia maka langkah selanjutnya adalah ketik perintah berikut ini

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Crawler di Litespeed Plugin 2021 mudah
sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade
f98bdd37 siap update ubuntu
Cara Mudah Update Ubuntu, Aplikasi & Sistem Operasi Versi Terbaru 2021 10

Kenapa menggunakan perintah diatas dan tidak menggunakan apt-get upgrade ?

Karena apt-get upgrade  tidak melakukan update paket baru yang belum ada seperti Kernel yang baru.

Sedangkan untuk perintah  apt-get dist-upgrade memungkinkan kita untuk melakukan instalasi paket terbaru, contoh ada update Kernel terbaru, maka otomatis dilakukan instalasi dan Kernel terbarukan setelah reboot.

Setelah kalian ketik perintah diatas maka tunggu hingga prosesnya selesai. Jika ada notifikasi ketik saja Y dan tunggu hingga proses benar-benar selesai.

1c8b85ab menunggu proses update ubuntu
Cara Mudah Update Ubuntu, Aplikasi & Sistem Operasi Versi Terbaru 2021 11

Membuang kernel lama

Setelah berhasil melakukan upgrade kernel di Ubuntu, maka kernel lama akan tetap tersimpan di dalam sistem. Demi menghemat penyimpanan, kita perlu membuang kernel lama tersebut dengan mengetikkan perintah di bawah ini:

sudo apt-get autoremove

30f435ee menghapus kernell lama
Cara Mudah Update Ubuntu, Aplikasi & Sistem Operasi Versi Terbaru 2021 12

Setelah proses upgrade selesai, maka langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah mengecek apakah perlu dilakukan tindakan restart server atau tidak dengan ketik perintah berikut ini

Untuk mengecek setelah melakukan update perlu reboot atau restart, maka Ketik perintah berikut.

sudo cat /var/run/reboot-required
sudo cat /var/run/reboot-required.pkgs

Pastikan terlebih dahulu notifikasi yang kalian dapatkan apakah diperlukan reboot atau restart atau tidak perlu. Jika notifikasi seperti dibawah ini, maka kalian tidak perlu untuk reboot atau restart server kalian.

cat: /var/run/reboot-required: No such file or directory
cat: /var/run/reboot-required.pkgs: No such file or directory

Namun Jika keterangannya diperlukan reboot maka kalian wajib reboot atau restar server kalian agare updatean yang kalian install dapat berjalan.

Baca Juga :  Review Vultr 2021, VPS Hosting Murah Dengan Performa Tinggi

Untuk Cara reboot / restart di Ubuntu dapat dilakukan dengan salah satu perintah di bawah ini.

sudo reboot
# atau
sudo shutdown -r now

Update Ubuntu Melalui Software Updater

Selain melalui terminal / Console / SSH , ada cara lain untuk melakukan update system serta aplikasi Ubuntu dengan mudah. yakni melalui fasilitas Software Updater yang dapat dilakukan pada Ubuntu versi desktop . Berikut Caranya:

Pergi ke Ubuntu Dash, lalu ketikkan Software Updater.

e0076ff8 update ubuntu
Cara Mudah Update Ubuntu, Aplikasi & Sistem Operasi Versi Terbaru 2021 13

Jika pembaruan aplikasi dan sistem Ubuntu tersedia, maka akan muncul sebuah pop-up. Di situ dituliskan bahwa ada sekitar 339,6 MB yang akan diunduh, klik Install Now untuk melanjutkan proses download dan upgrade.

Tunggu hingga proses pembaruan selesai. Jika sudah, silakan restart komputermu jika dimintai untuk me-restart. Sampai di sini semua aplikasi terinstall dan system inti Ubuntu telah berhasil diperbarui.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Silakan kamu lakukan update Ubuntu secara berkala. Ini sangat penting dilakukan karena alasan keamanan. Selain untuk menambal celah (bug), update tersebut juga berguna untuk meningkatkan versi aplikasi serta penambahan fitur baru.

Itulah tadi cara update ubuntu untuk sistem dan aplikasi. Untuk cara upgrade ubuntu berbeda versi akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

AG

  • Bagikan