6 Obat Alami Redakan Sakit Kepala serta Cara Mengolahnya

  • Bagikan
7c6c4ce9 3 penyebab sakit kepala sebelah kanan yang biasa terjadi 1574842090

HealthSakit kepala bisa menjadi sangat menyakitkan, bukan hanya di area pusat melainkan kadang sampai di sekitar leher.

Bangun tidur dengan kondisi kepala sakit membuat suasana hati menjadi buruk. Kondisi ini merupakan salah satu gangguan paling umum yang kerap mempengaruhi sistem saraf.

Hampir setengah dari populasi dunia orang dewasa terserang sakit kepala. Baik itu berdenyut tiba-tiba maupun sakit yang terus menerus: sakit kepala bisa sangat menyiksa dan membuat Anda sulit untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari atau bahkan mengganggu bagian tubuh berfungsi secara normal.

Melansir Boldsky, ada beberapa obat alami yang bisa membantu meredakan sakit, mencegah serangan sakit kepala dan, menghindarkan tubuh mengalami gejala sakit kepala seperti, nyeri leher, nyeri punggung dan lainnya.

Berikut obat alami untuk mengobati dan mencegah sakit kepala yang bisa dibuat di rumah.

1. Jahe

Fresh ginger root on the wooden tableIlustrasi. Jahe jadi salah satu obat alami yang bisa membantu meredakan sakit kepala. (Foto: iStockphoto/pilipphoto)

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Salah satu rempah ini juga mengandung zat gingerol yang berfungsi untuk mengobati sakit kepala, mengurangi peradangan pembuluh darah di kepala dan, meredakan nyeri.

Baca Juga :  'Suntik' si Kecil dengan Gizi Sebelum Vaksinasi Covid-19

Cara mengolah jahe menjadi obat pun tergolong mudah. Rendam jahe dalam air mendidih, atau campurkan jus lemon dengan jus jahe dengan takaran yang sama, lalu minum sekali atau dua kali dalam sehari.

2. Lada

Lada mengandung zat capsaicin yang dapat membantu meredakan sakit kepala yang berdenyut-denyut. Selain itu, lada juga mampu membantu meredakan hidung tersumbat

cara menjadikan lada sebagai obat herbal, cukup tambahkan lada di makanan atau kopi, hal ini dipercaya mampu meredakan sakit kepala.

Infografis Gerakan Yoga Atasi Sakit Kepala dalam 5 MenitInfografis Gerakan Yoga Atasi Sakit Kepala dalam 5 Menit. (Foto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)

3. Kayu Manis

Kayu manis diketahui mengandung banyak antioksidan, sidat anti inflamasi dan efektif mengobati sakit kepala. Kayu manis juga berguna untuk melindungi kesehatan jantung.

Cara membuatnya, giling beberapa batang kayu manis lalu tambahkan air ke dalamnya hingga mengental. Oleskan pada dahi dan diamkan selama 30 menit.

Jangan lupa, setelahnya, cuci dahi hingga bersih dengan air hangat.

4. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus. bawang putih mampu menyembuhkan flu biasa, sakit kepala yang disebabkan oleh flu dan meredakan hidung tersumbat.

Baca Juga :  Tips Memutihkan Ketiak yang Menghitam dengan Cepat

Cara mengolahnya, rebus tiga siung bawang putih yang telah dihaluskan, tambahkan dua sendok teh madu dan, satu sendok makan lemon. Minumlah dua kali sehari.

5. Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang tinggi. Karena kandungan yang ada di dalamnya, kunyit dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala hingga migrain.

Minum susu kunyit terbukti mengurangi rasa sakit kepala. Susu jenis ini juga mampu meredakan hidung tersumbat.

Cara menjadikan kunyit obat sebagai berikut: rebus segelas susu lalu tambahkan satu sendok teh kunyit ke dalamnya. Minumlah tiga kali sehari untuk meredakan sakit kepala dan flu yang disebabkan oleh sakit ini.

6. Cabai Rawit

Kandungan dalam cabai rawit biasa disebut capsaicin, sama seperti lada. Zat utama ini mampu menghambat nyeri dalam tubuh yang disebut Zat P.

Zat P itulah yang kerap membuat rasa nyeri. Capsaicin bekerja meredakan rasa nyeri tersebut.

Cara mengolah cabai rawit sebagai obat, Anda bisa mengencerkan 1/4 sendok bubuk cabai dalam 4 ons air hangat. Siapkan kapas kemudian rendam dalam larutan. Lalu seka hidung dengan lembut menggunakan kapas.

cnn

  • Bagikan