SNMPTN 2021, Kenali Dulu Jurusan Ekonomi Agar Semakin Mantab

  • Bagikan
0d31408e snmptn 2021

JAKARTA – Proses seleksi SNMPTN 2021 masih terus berjalan. Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah bidang ekonomi, yuk simak gambarannya agar semakin mantab memilih fakultas.

Dalam lingkungan Ekonomi terdapat tiga program studi kerap jadi pilihan para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi.

Dikutip dari buku berjudul “Lulus SMA Kuliah Dimana? Panduan Memilih Program Studi” Senin (11/01/2021), yang ditulis oleh Agung Bawantara, berikut penjelasan tentang jurusan ekonomi.

A. Ekonomi Akuntansi

Program studi ini akan diarahkan untuk menguasai teori-teori ekonomi sebagai landasan untuk menyusun, menganalisis dan menafsirkan laporan keuangan dan sistem akuntansi.

Ilmu yang didapatkan antara lain Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Manajemen, Auditing, Sistem Pengendalian Manajemen dan Perpajakan, Perusahaan Jasa, Perusahaan Dagang, Perusahaan Industri, Komputer Akuntansi, Pemeriksaan Akuntansi, dan Akuntansi Perpajakan.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak 19 Februari 2021

Setelah menamatkan pelajaran, banyak profesi yang bisa dipilih. Prospek lulusannya bisa bekerja di lembaga pemerintah maupun swasta sebagai internal auditor, akuntan, analis kredit di bank, analis keuangan, manajer umum, dan lain-lain. Atau, bisa juga bekerja di perguruan tinggi sebagai akademisi/dosen.

B. Ekonomi Manajemen

Program studi ini akan mengarahkan kalian menjadi Sarjana Ekonomi yang cakap. Terutama di bidang pengambilan keputusan bisnis. Selain itu, juga diarahkan menjadi manajer handal yang mampu menganalisis dan antisipasi dinamika lingkungan usaha jangka panjang.

Ilmu yang di pelajari tentu saja ilmu-ilmu manajemen, juga pelajaran Akuntansi, Bisnis, Statistika, Aspek Hukum dalam Ekonomi, Kewirausahaan, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya.

Baca Juga :  Situs DPR RI Sempat Lumpuh dan Viral Video Tiktok Situs Diubah Menjadi Dewan Pengkhianat Rakyat

Setelah tamat dari program studi ini nanti bisa bekerja di lembaga pemerintah, seperti Departemen Keuangan, Bappenas, Bapepam, Bursa Efek, dan lain-lain.

C. Ilmu Ekonomi

Di sini akan diarahkan untuk menguasai ilmu ekonomi yang dapat membantu masyarakat seperti menganalisis, menjelaskan dan memperkirakan perilaku ekonomi yang berkembang di masyarakat.

Ilmu yang didapat antara lain Matematika Ekonomi, Statistika, Mikroekonomika, Akuntansi Sektor Publik, Evaluasi Proyek, Manajemen Strategik Bisnis Internasional juga.

Prospek lulusan yang didapat adalah bekerja di perbankan, lembaga-lembaga pemerintahan, penelitan dan survei, perusahaan swasta, dan akademisi.

okz

  • Bagikan