Jejak Covid-19 Ditemukan di Es Krim

  • Bagikan
f43adda4 scoops kinds ice cream

CHINA kembali menemukan jejak covid-19 dalam makanan. Kali ini bukan seafood, tapi jejak virus corona terdeteksi di tiga sampel es krim buatan lokal. Penemuan yang dilakukan petugas kesehatan di Kota Tianjin pada Kamis 14 Januari 2021 ini kian menggegerkan publik.

Mengutip dari New York Post, Minggu (17/1/2021), petugas kesehatan Kota Tianjin menemukan es krim yang mengandung jejak covid-19 setelah memeriksa tiga sampel produk merek Daqiaodao.

Pemerintah Kota Tianjin langsung memerintahkan menutup sementara gudang pendingin yang menyimpan es krim itu.

Pasalnya, perusahaan tersebut telah memproduksi 4.836 kotak es krim yang mungkin terkontaminasi. Lebih dari setengahnya terjual ke berbagai provinsi di China saat hasil tes keluar.

Baca Juga :  Wajib Tau! Keunggulan Fitur-fitur Android 12
Covid-19. (Foto: Fernandozhiminaicela/Pixabay)

Hanya 2.089 kotak es krim yang dapat disita tepat waktu. Setiap kotaknya berisi 6 produk es krim dengan berat bersih masing-masing 450 gram.

Es krim itu diproduksi Tianjin Daqiaodao Food Company. Perusahaannya terletak di Kota Tianjin, China, tempat 1.662 karyawan pabrik bekerja. Mereka pun diminta mengikuti panduan dari Pusat Pengendalian Kesehatan Tianjin untuk melakukan isolasi mandiri dan menjalani tes covid-19.

Dokter Stephen Griffin, seorang ahli virus dari University of Leeds di Inggris, menduga keberadaan covid-19 dalam es krim itu berasal dari manusia. Virus corona dapat bertahan di dalam produk es krim itu karena suhu dan lemaknya yang dingin. Dia pun mengimbau masyarakat tidak perlu panik.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Mandi Anda

“Kemungkinan besar disebabkan masalah bahan produksi es krim dan kebersihan di pabrik. Kita tidak perlu panik, setiap es krim belum tentu terkontaminasi virus corona,” ucap dr Griffin.

Pada Kamis malam lalu, Pemerintah Kota Tianjin meminta warga yang membeli es krim tersebut untuk melaporkan kondisi kesehatan dan efek setelah mengonsumsinya.

Lalu supaya tidak menyebar terlalu luas, pemerintah juga melakukan koordinasi dengan regulator di pasar untuk melacak ke mana saja es krim itu dikirim.

okz

  • Bagikan