Daftar Ikan Hias yang Bisa Berdampingan dengan Cupang

  • Bagikan
6f8b7cdc ikan cupang crown tail 169

Hobby — Sebagai ikan yang agresif dan teritorial, ikan cupang tidak dapat sembarangan digabung bersama ikan hias lainnya, terlebih sesama ikan cupang jantan.

Sesama pejantan dikenal suka bertarung hingga berujung kematian.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada ikan yang dapat hidup rukun dengan cupang. Sebab ada beberapa jenis ikan hias, udang, dan siput yang dapat hidup damai berdampingan dengan cupang.

Baca Juga :  Kronologi Nasabah Masuk Penjara Gara-gara BCA Salah Transfer

Sebagai catatan, sebagian ikan hias teman pendamping cupang tidak cocok hidup dalam akuarium kecil. Di banyak ulasan disebutkan akuarium ideal untuk cupang dan temannya minimal berkapasitas 30 hingga 50 liter air.

Juga akuarium harus diisi dengan tanaman atau ornamen tujuannya agar cupang tidak menjadi terlalu teritorial, mengingat beberapa jenis ikan hias hidup berkelompok.

Baca Juga :  Janji Selesai Tengah Malam Ini, terkait gangguan layanan first media

Ikan yang Bisa Berdampingan dengan Cupang

tanaman akuarium aquascapeFoto: iStockphoto/CoffmanCMU
Berikut 5 jenis ikan yang bisa berdampingan dengan cupang

1. Neon Tetra

Neon tetra adalah ikan air tawar kecil yang cocok bagi pemula dan juga ikan cupang. Selain memiliki warna yang menarik perawatannya pun mudah.

Neon tetra dikenal gemar menjelajah akuarium sehingga akuarium sempit kurang cocok dengan neon tetra.

Sebagai teman ikan cupang, neon tetra hidup berkelompok. Para pegiat ikan menyarankan menaruh 10 hingga 12 ekor neon tetra untuk akuarium berkapasitas 35 liter air.

Neon tetra bukanlah tipe teritorial namun tanpa tanaman atau hiasan hanya akan membuat neon tetra tersudut oleh dominasi ikan cupang. Letakkan beberapa tanaman atau ornamen sebagai tempat bermain neon tetra dan cupang.

Neon tetra dapat hidup hingga lima tahun dan tumbuh paling panjang 3 cm dengan suhu air berkisar 20 sampai 25 derajat celcius, pH air yang dibutuhkan pun sesuai dengan habitat ikan cupang yaitu 6 sampai 7,5.

Neon tetra merupakan ikan omnivora, sedangkan ikan cupang adalah karnivora. Neon tetra dapat makan makanan ikan cupang, tapi tidak sebaliknya.

Kekurangan dari neon tetra adalah suka menggigit sirip cupang apabila mencampurkan kedua jenis ikan ini di akuarium kecil. Hal ini tentu bisa menyebabkan ikan cupang menjadi stres.

2. Ember Tetra

Berbeda dengan neon tetra yang berwarna warni, ember tetra memiliki warna jingga solid yang cerah. Hewan ini juga cocok dipelihara bagi pemula.

Seperti neon tetra, ember tetra juga ikan yang cinta damai dan dapat hidup rukun bersama ikan cupang. Meskipun begitu keduanya membutuhkan ruang yang cukup untuk berenang dan berkelompok. Karenanya semakin besar dan lebar akuarium, akan lebih baik.

Untuk akuarium berkapasitas 35 liter air, disarankan dihuni 6 sampai 8 ember tetra.

Jangan biarkan ember tetra hidup sendiri tanpa kelompok karena bisa membuatnya cepat stres dan tidak bahagia. Ember tetra mampu tumbuh hingga 1 cm dengan rentang umur antara 4 sampai 6 tahun dalam kondisi lingkungan akuarium yang sehat.

Meski tidak menggigit seperti neon jika ditaruh pada akuarium kecil, namun tanpa tanaman hias hidup dan ornamen, keberadaannya bisa terusik oleh ikan cupang yang teritorial.

Ember tetra cenderung bergerak pada area tengah akuarium, jadi tanamlah sebanyak mungkin tanaman hias hidup untuk memberikan kenyamanan pada kedua ikan.

Perawatan ember tetra cukup sederhana terutama dalam hal memberi makan. Tetra menyukai makanan seperti pelet, cacing beku, udang air asin, dan cacing grindal. Suhu air dan pH air yang dibutuhkan tetra sama dengan ikan cupang.

3. Harlequin Rasbora

  • Bagikan