5 Penyebab Rambut Rontok

  • Bagikan
5b6d8bd9 sportylife 9158ebe

CR — RAMBUT rontok akan menjadi masalah tersendiri bagi orang yang menderitanya. Pasalnya, rambut rontok akan membuat tidak nyaman atau bahkan berantakan karena rambut berjatuhan di mana-mana.

Sebenarnya rambut rontok dalam skala wajar tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, rambut memang mengalami siklus pergantian dari rambut yang sudah mati ke rambut baru yang lebih sehat

Namun jika Anda mengetahui penyebabnya, penanganan rambut rontok akan jauh lebih mudah. Berikut beberapa penyebab rambut rontok yang perlu diketahui, seperti dilansir Boldsky, Minggu (17/1/2021).

1. Stres

Salah satu dampak stres berkepanjangan adalah rambut rontok. Dalam kondisi ini, penyaluran nutrisi di dalam tubuh jadi terhambat. Pasalnya, tubuh sedang mengusahakan untuk keluar dari masa yang kritis tersebut.

Baca Juga :  TIPS AMPUH UNTUK TIDAK EMOSI SAAT MENGAJARI ANAK

2. Faktor keturunan

Kemungkinan kerabat dekat Anda seperti bapak atau ibu memiliki kecenderungan rambut yang mudah rontok. Tidak hanya rambut rontok, faktor genetik juga bisa mengakibatkan penipisan rambut, di mana rambut jadi lebih tipis, halus, dan rapuh.

3. Terlalu sering menguncir rambut

Apabila Anda cenderung mengikat rambut terlalu ketat, ini bisa mengakibatkan rambut jadi tertarik ke belakang. Jika hal tersebut terjadi terus-menerus, akar rambut akan melemah, sehingga dapat mengakibatkan rambut lebih mudah rontok.

Baca Juga :  4 Manfaat bawang putih, bisa Anda jadikan obat jerawat, lo

4. Masalah tiroid

Bagi Anda yang memiliki masalah tiroid, hal tersebut bisa saja mengakibatkan rambut rontok. Ketika tubuh kekurangan hormon tiroid, maka Anda akan mengalami beberapa gejala kesehatan. Salah satunya adalah rambut yang mudah sekali rontok. Guna mengatasinya, sangat disarankan mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung iodine.

5. Terlalu sering menggunakan alat styling rambut

Panas yang dihasilkan oleh catok, curler, maupun hair dryer akan mengenai rambut secara langsung dan merusak lapisan kutikula. Ketika lapisan tersebut rusak, maka rambut akan kehilangan kelembapannya.

okz

  • Bagikan