Ini Bahayanya Pakai Makeup Expired

  • Bagikan
79315ff6 c505 4fa4 8790 52e4f2fb904c 169

BeautyMakeup merupakan salah satu bagian penting yang dipilih sebagian orang untuk membuat penampilan lebih menarik. Hanya saja, tidak semua pengguna makeup memperhatikan produk-produk yang digunakannya, termasuk tanggal kedaluwarsa atau expired.

Padahal, dampaknya cukup besar bagi kesehatan kulit hingga menimbulkan infeksi.

Beberapa waktu lalu, seorang pengguna Twitter membagikan pengalaman mengerikan setelah menggunakan makeup kedaluwarsa . Dalam unggahannya itu dirinya mengungkapkan bahwa wajahnya bahkan sampai bernanah karena makeup kedaluwarsa yang dipakainya.

Berikut bahaya menggunakan makeup expired atau kedaluwarsa berdasarkan jenisnya, sebagaimana dilansir Byrdie.

1. Foundation

Ahli kecantikan Renee Rouleau mengatakan bahwa foundation mengandung bahan-bahan yang bisa mulai terpisah saat sudah kedaluwarsa.

“Bahan minyak akan selalu naik ke atas [saat kedaluwarsa], jadi, jika Anda terus menggunakannya, Anda mungkin mengoleskan minyak yang berpotensi menyumbat pori dengan konsentrasi lebih tinggi ke kulit Anda,” katanya.

Menurutnya, itu akan menyebabkan munculnya jerawat dan kondisi tersebut biasa disebut acne cosmetica, ang pada dasarnya adalah komedo, pustula, dan papula yang disebabkan oleh penyumbatan di pori-pori, yang menyebabkan pertumbuhan bakteri.

Director of makeup artistry Glamsquad , Kelli Bartlett menambahkan bahwa produk akan mengering dan menggumpal seiring waktu. Saat itu juga lah cara mengetahui apakah sudah waktunya membuangnya.

2. Maskara

Menurut Rouleau, maskara bisa bertahan hingga dua tahun jika tidak digunakan. Namun aturan umumnya: Sebaiknya ganti maskara Anda setiap tiga bulan.

Baca Juga :  Black Box Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan

Jika Anda terus menggunakannya lebih lama, maskara kemungkinan besar akan terkelupas ke wajah Anda (atau lebih buruk lagi, ke mata Anda) dan tidak memberikan hasil yang diinginkan.

“Bulu mata Anda dimaksudkan untuk melindungi mata Anda dan mencegah kontaminan dan partikel dari udara dan lingkungan masuk,” katanya.

“Jadi, saat Anda mengoleskan maskara dan tongkat dicelupkan kembali ke dalam tabung, apa pun yang terkumpul di bulu mata (termasuk bakteri) akan masuk. Di sinilah kemungkinan masalah dapat dibuat.”

Bartlett menyarankan untuk mencoba tes bau dengan maskara Anda. Anda benar-benar bisa tahu kapan sudah kedaluwarsa karena Anda akan merasa bau aneh.

“Anda mungkin juga bisa mengetahuinya dari cara maskara menempel pada bulu mata Anda. Jika tidak bertahan sepanjang hari, itu pertanda lain Anda membutuhkan tube baru,” ujarnya.

3. Powder Blush

“Bedak dan perona pipi kering yang disimpan dalam wadah kompak sebenarnya bisa bertahan selama beberapa tahun,” kata Rouleau.

Dia menambahkan bahwa bakteri tidak dapat berkembang biak di lingkungan yang kering, sehingga tidak masalah untuk mempertahankan blush-on atau perona pipi selama tiga hingga empat tahun selama terlihat baik-baik saja dan masih memberikan hasil.

“Namun, menurut saya cara terbaik untuk mempertahankan bedak atau perona pipi adalah menggunakan pisau mentega untuk mengikis lapisan atas dengan lembut,” ungkap Roleau.

Baca Juga :  Gaji PNS Tak Naik pada 2021

Pasalnya, jika menggunakan kuas, minyak dari wajah Anda mengalir kembali ke bedak melalui kuas yang menyebabkan lapisan keras di permukaan.

4. Cream Blush

Krim perona pipi mengharuskan Anda menggunakan jari sebelum memolesnya di pipi. Menurut Roleau, ini bisa membuat bakteri berpindah dengan mudah dan berisiko menambah lebih banyak bakteri ke kulit.

Bartlett menjelaskan, “Produk krim kadaluwarsa dapat mengiritasi kulit Anda, memperburuk rosacea dan menyumbat pori-pori. Bahan yang sama yang membuat produk ‘bersinar’ atau lembab dapat menyebabkan masalah besar jika dibiarkan rusak.”

5. Lipstik

Bartlett mengatakan bahwa ulit di bibir Anda adalah yang paling tipis di tubuh dan rentan terhadap bakteri.

Lipstik penuh dengan bahan alami yang menghidrasi, yang jika terkena udara dapat mengering.

Secara umum, lipstik memiliki umur simpan satu tahun sebelum Anda harus mulai waspada.

6. Eyeliner

Bartlett memperingatkan bahwa jika teriritasi, area mata yang halus bisa menjadi bengkak, merah, bengkak, dan bahkan terinfeksi.

Kemerahan, iritasi, dan infeksi adalah efek samping dari produk mata kadaluwarsa. Eyeliner adalah penyebab terbesar menyebarkan infeksi.
“Jadi jika liner Anda mulai kehilangan warnanya, mengering, atau menjadi tidak efektif, buang,” tuturnya.

sc cnn

  • Bagikan