Cara Membuat VPS di Upcloud 2021 Mudah

  • Bagikan
Cara Membuat VPS di UpcloudCara Membuat VPS di Upcloud
Cara Membuat VPS di Upcloud

Cara Membuat VPS di Upcloud 2021

Cara membuat VPS di Upcloud sangatlah mudah, karena Upcloud memiliki control panel yang simple dan mudah dimengerti.

UpCloud merupakan perusahaan penyedia layanan cloud VPS yang bermarkas di Helsinki, Finlandia. Kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat VPS di UpCloud.

Dapatkan Free credit $25 di UpCloud untuk pendaftaran akun baru DISINI

LANGKAH MEMBUAT VPS DI UPCLOUD

cara install vps di upcloud
Cara Membuat VPS di Upcloud 2021 Mudah 8

Login Akun Upcloud

Sebelum kita memulai cara membuat VPS di UpCloud, kita terlebih harus membuat akun di Upcloud ya. Setelah login ke akun UpCloud, kalian akan disuguhkan dengan tampilan menu dashboard akun akun kalian.

LANGKAH MEMBUAT VPS DI UPCLOUD
Cara Membuat VPS di Upcloud 2021 Mudah 9

Deploy Server

Kalian tinggal klik Deploy Server maka kalian akan dibawa kepada menu pilihan server kalian mulai dari lokasi server, Spesifikasi server simple atau Flexible sesuai dengan kebutuhan kalian.

05f2a037 pilihan server upcloud
Cara Membuat VPS di Upcloud 2021 Mudah 10

Selanjutnya ada pilihan storage, pada tahan ini biarkan default saja, karena settingan defaultnya sudah yang paling terbaik.

Untuk pilihan automatic backup dapat disesuaikan oleh kita, apa mau auto backup atau tidak. Auto backup sendiri berbayar ya, mulai $2 hingga $6 perbulan.

Kemudian kalian akan dihadapkan pada pilihan Operating system yang akan diinstall pada VPS kalian, ada banyak pilihan. Namun rata-rata memakai Centos atau Ubuntu.

Baca Juga :  Dapatkan Semua alat Word ke PDF - convert docx ke pdf!
db4a9e8f pilihan operating sistem upcloud
Cara Membuat VPS di Upcloud 2021 Mudah 11

Untuk IPV6 serta metadata service opsional, boleh diaktifkan atau tidak ya. Begitu juga SSH Key. Jika kita tidak membuat SSH key maka akan digunakan password untuk login pada SSH.

Jika sudah selesai kita tinggal klik Deploy saja. Disini Kami akan uji coba menggunakan Ubuntu 20.04 server Singapore 1CPU /2GB RAM.

Setelah klik Deploy kita wajib menunggu hingga proses pembuatan VPS Selesai ditandai dengan warna hijau pada VPS kita. Ketika warna notif sudah menjadi hijau itu tandanya tahap menginstall VPS kita sudah selesai.

7409d857 selesai membuat vps upcloud
Cara Membuat VPS di Upcloud 2021 Mudah 12

Langkah Selanjutnya Kita dapat Login Ke VPS Kita Menggunakan aplikasi SSH Seperti Putty.

Untuk password SSH Sendiri akan dikirimkan melalui email ke email kalian yang terdaftar pada akun Upcloud kalian.

Demikianlah cara membuat vps di upcloud, sangat mudah bukan? setelah membuat vps maka langkah selanjutnya adalah menginstall control panel

Login Ke VPS Upcloud

6b4c7682 login ssh vps upcloud
Cara Membuat VPS di Upcloud 2021 Mudah 13

Login ke VPS menggunakan Putty atau aplikasi ssh pada pc atau pada Android. Setelah berhasil login langkah pertama adalah mengganti password root login dengan mengetikkan perintah sudo passwd kemudian masukkan password kita sebanyak dua kali.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah mengupdate system yang kalian gunakan dengan perintah sesuai dengan operating system yang kalian pakai.

  1. Untuk Ubuntu kalian dapat menggunakan apt-get update kemudian apt-get upgrade atau apt-get update && apt-get dist-upgrade
  2. Untuk Centos kalian dapat gunakan yum update kemudian yum upgrade atau perintah dnf

Menginstall Panel

Langkah terakhir sebelum membuat website adalah menginstal panel, ada banyak sekali jenis-jenis panel dari yang gratis hingga berbayar mulai dari directadmin, cyberpanel, Plesk, Cpanel dan banyak lagi.

Baca Juga :  Belajar Cara Memainkan Piano Dengan 6 Aplikasi Android Ini

Kami mengulas cara menginstall cyberpanel di Upcloud juga loh. Gimana caranya? Klik DISINI

Kelebihan Vps UpCloud Dengan Harga Murah

Setelah mengulas cara membuat vps di upcloud, Ada beberapa kelebihan upcloud yang anda bisa lihat sendiri di website resminya tapi berhubung anda membaca tulisan saya, jadi saya terjemahkan dalam bahasa indonesia, mudah mudahan ga salah ya.

MaxIOPS block storage

Ini lebih ke strorage yang dimana pihak upcloud mengatakan dalam segi bisnis memiliki harga yang rendah dan anda dapat memanfaatkannya. Tentunya meski harga vps murah memiliki kinerja yang sangat baik di sisi disknya.

100% uptime SLA

Mereka memberikan 100% uptime jaminan pada server anda, bila mana server mengalami downtime 5 menit, downtime yang dimaksur network atau listrik ya bukan kesalahan config anda dalam kelola server hehe, mereka akan membayar hingga 50x lipatnya.

Simple pricing starting at $5/mo

Plan harga cloud vps upcloud yang cukup murah dimulai dengan $5 perbulan, anda sudah menikmati performa vps terbaik tentunya.

Deploy in 45 seconds

Seperti yang dikatakan, dengan Maxiops ini anda dapat dengan mudah dan cepat untuk memiliki sebuah cloud vps upcloud yang dimana tidak akan berlangsung lama masa proses installasi dan terkirimnya data login ssh ke email anda.

24/7 support you’ll love

Ini yang hebat, ada orang indonesianya loh. yaudah gitu aja intinya supportnya ada orang indonesianya.

Costom Images

Anda bisa memilih Os mana yang ingin di install tentunya sesuai dengan kebutuhan anda.

Note : untuk control panel upcloud tidak tersedia graph monitor CPU, jadi bagi kalian yang ingin memantau CPU, kalian harus menginstall aplikasi pihak ke tiga seperti nodequery dan lainnya

Terimakasih telah membaca cara membuat vps di upcloud, kami juga mengulas cara membuat vps di linode dan vultr

  • Bagikan
Positive SSL