Cara Membuat VPS di Linode 2021 Mudah

  • Bagikan
Cara Membuat VPS di Linode
Cara Membuat VPS di Linode

Cara membuat VPS di Linode 2021 dengan mudah, serta cara mendaftar akun linode

Tutorial ketiga kami kali ini cara membuat VPS di linode, setelah sebelumnya kami juga sudah membuat tutorial vps di upcloud dan Vultr.

Linode Adalah perusahaan penyedia Virtual Private Server (VPS) Amerika Serikat. Bagi kalian yang belum tahu mengenai VPS, VPS adalah sebuah komputer yang dirancang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi hardware pada sebuah server menjadi beberapa server virtual Sehingga memungkinkan para pengguna layanan tersebut memiliki layaknya satu server yang tidak akan terganggu satu sama lainnya dengan pengguna lain.

Cara Mendaftar Akun Linode

Cara Membuat VPS di Linode 2021 Mudah
Cara Membuat VPS di Linode 2021 Mudah 9

Untuk mendaftar akun linode, kalian dapat langsung mengunjungi situs resmi linode. Sebelum kalian mendaftar akun, pastikan kalian memiliki kartu kredit/ debit, bisa juga menggunakan jenius.

Belakangan banyak sekali yang mengeluhkan ditolaknya akun yang menggunakan kartu jenius padahal sudah berhasil saat menginput kartu. namun mendapatkan notifikasi email jika akun kita tidak dapat dibuat.

Bagi kalian yang mengalami hal tersebut, langkahnya cukup mudah. Kaliah hanya perlu mengirim email ke alamat yang sudah di tuliskan pada email yang masuk tersebut. Kalian tulis data diri lengkap, nomor kartu hingga screenshoot kartu dan juga ktp.

Baca Juga :  Review dan Benchmark VPS Upcloud, Vultr, Linode dan GCP 2021

Kemudian kalian tulis isi pesan mohon dibantu untuk membuat akun pada layanan linode. Berdasarkan pengalaman kami, dalam waktu 24 jam kalian akan mendapatkan baa=lasan email yang mengatakan jika akun kita berhasil dibuat.

Setelah berhasil, maka kalian dapat langsung login dan mendapatkan saldo $100 yang dapat digunakan selama 2 bulan

Pilihan Layanan Linode

d00f8caa layanan linode
Cara Membuat VPS di Linode 2021 Mudah 10

Untuk Jenis VPS sendiri Linode memiliki 4 layanan aktif yaitu;

  1. Shared
  2. Dedicated CPU
  3. High Memory
  4. GPU

Untuk layanan Bare Metal hingga artikel ini dibuat masih belum tersedia dan pdalam tahap persiapan. Untuk harga dan kualitas tentu saja berbeda dari setiap layanan yang ada.

pada shared tentunya kita berbagi resource dengan pengguna lain, sedangkan pada dedicate CPU 100%kita mendapatkan CPU tanpa berbagi dengan pengguna lainnya.

Langkah Membuat VPS di Linode

Cara membuat vps di linode yang pertama adalah login ke akun Linode kalian, kemudian pilih Create – linode

fb3eef5f dashboard linode
Cara Membuat VPS di Linode 2021 Mudah 11

Maka kalian akan ditampilkan pada menu membuat vps.

Choose a Distribution dan Region

Pada menu ini kalian dapat memilih jenis operating sistem yang ingin kalian install di VPS kalian, kemudian pilih wilayah server yang kalian inginkan.

2e621664 cara membuat vps di linode
Cara Membuat VPS di Linode 2021 Mudah 12

Linode Plan

Pada menu linode plan pada cara membuat vps di linode ada 4 pilihan, kalian dapat memilih spesifikasi yang kalian butuhkan.

Baca Juga :  Seberapa Cepat DNS Domain Website kalian?
1a4bea9e pilihan spesifikasi linode
Cara Membuat VPS di Linode 2021 Mudah 13

Setelah memilih spesifikasi yang kalian inginkan, maka langkah selanjutnya adalah mengubah label serta memasukkan password root VPS kalian.

3b100b3f langkah membuat vps di linode
Cara Membuat VPS di Linode 2021 Mudah 14

Untuk pilihan lainnya dapat kalian biarkan defaultnya. Jika sudah maka kalian tingga klik Createdan menunggu hingga VPS kalian siap

Untuk user name dan password akan dikirimkan melalui email yang sudah terdaftar dan sesuai denga akun linode.

Cara Akses VPS Linode

Untuk mengakses VPS hingga instalasi control panel kalian dapat menggunakan putty sebagai console SSH yang akan dikoneksikan ke server yang sudah kita buat.

cara membuat vps di linode

6c0713f8 install cyberpanel
Cara Membuat VPS di Linode 2021 Mudah 15

Sama seperti upcloud dan vultr, linode ini juga memberikan garansi server uptime 99% hingga 100 persen. Untuk kecepatan dan kehandalan Linode ini termasuk bagus meski untuk cpu lebih besar Vultr.

Namun setiap VPS mendapatkan speed jaringan hingga 40Gbps tentunya kecepatan yang bagus. Jadi bagi kalian yang ingin mencoba layanan dari linode bisa langusng daftar melalui situs resminya.

Untuk masalah pelayanan, linode juga termasuk bagus untuk respon tiket dan supportnya, jadi kita tidak terlalu khawatir jika terjadi kendala.

Sebenarnya banyak penyedia layanan VPS, baik itu dari Indonesia maupun dari Luar, tapi kali ini yang kita bahas adalah langkah awal cara mengkonfigurasi server setelah kita melakukan kontrak penyewaan VPS.

The Developer
Cloud Simplified

Simplify your cloud infrastructure with our Linux virtual machines and robust set of tools to develop, deploy, and scale your modern applications faster and easier.

Demikian cara membuat vps di linode, jika ada kekurangan kami memohon maaf

  • Bagikan
Positive SSL