Khasiat Rambutan untuk Kesehatan

Health –MASYARAKAT Indonesia pasti sudah mengenal buah rambutan. Ya, buah yang memiliki kandungan air dan rasanya manis ini cukup banyak ditemui jika sudah musimnya.

Selain di Tanah air, buah rambutan juga tersebar di negara-negara Asia. Rambutan merupakan tanaman tropis yang mirip dengan buah leci dan lengkeng.

Rambutan memiliki buah berbentuk bulat seperti telur dengan warna merah muda, merah terang, atau merah tua. Buah ini ditutupi dengan kulit tipis dengan beberapa struktur runcing yang menyerupai rambut.

Rambutan sendiri ternyata buah yang penuh dengan khasiat kesehatan. Kemudian rambutan juga disebut sebagai buah yang sangat bermanfaat karena tidak hanya buahnya yang berguna, tetapi daunnya, bijinya, bahkan kulitnya memiliki sejumlah khasiat.

Berikut manfaat buah rambutan untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dirangkum dari laman Boldsky, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga :  Ini 11 Gejala yang Muncul karena Covid-19 Jenis Baru
Buah rambutan

1. Meningkatkan energi

Kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi dalam buah rambutan memainkan peran penting dalam meningkatkan energi bagi tubuh. Selain itu, adanya varietas vitamin B dalam buah rambutan dapat membantu dan meningkatkan metabolisme energi, sehingga mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh manusia.

2. Kaya vitamin C

Rambutan memiliki kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan relevan dengan kekebalan tubuh manusia sehingga membantu memerangi radikal berbahaya. Ini sangat berguna karena manfaat vitamin C bagi tubuh manusia tidak terbatas. Kekayaan vitamin C juga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi sehingga meningkatkan kualitas darah.

3. Mengurangi sembelit

Buah rambutan juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang berdampak langsung pada peningkatan gerakan usus manusia. Serat ini akan bertindak sebagai katalisator dalam pencernaan sehingga lebih baik dan membantu menurunkan kemungkinan gangguan pencernaan serta sembelit.

Baca Juga :  Oliveira Sukses Rebut Pole Position MotoGP Portugal 2020

4. Membantu menurunkan berat badan

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, buah rambutan rendah kalori. Ditambah dengan kadar air yang tinggi, rambutan dapat membantu mengurangi kelaparan konstan.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah rambutan memiliki dampak positif pada peningkatan kesehatan jantung. Pasalnya, vitamin C dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah timbulnya penyakit serta dengan menghilangkan radikal berbahaya.

6. Meningkatkan kekuatan tulang

Mengonsumsi buah rambutan dapat menambahkan kandungan zat besi, kalsium, dan fosfor dalam jumlah yang baik ke tubuh manusia. Elemen tersebut berkontribusi meningkatkan kekuatan tulang dengan memperbaiki dan membuat tulang lebih kuat serta mengurangi kemungkinan patah tulang.

okz