Penting, Inilah Cara Mengurangi Limbah Fashion

50

Penting, Inilah Cara Mengurangi Limbah Fashion Semakin hari, dampak pencemaran lingkungan semakin nyata. Efeknya semakin terasa meluas, seperti perubahan iklim yang jadi tidak menentu dan tingkat kesehatan masyarakat yang semakin menurun. Secara keseluruhan dan berkelanjutan, semua efek itu tentunya akan berdampak pada bumi. Itu artinya bahwa bumi sebagai tempat tinggal manusia semakin terancam kelestariannya.

Pencemaran lingkungan selama ini lebih dikenal karena limbah atau sampah berupa plastik, kertas hingga sisa bahan makanan. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa fashion juga berdampak pada peningkatan limbah tersebut. Maka untuk menjaga kelestarian bumi, pengurangan limbah fashion harus mulai dilakukan. Cara-cara berikut ini bisa dilakukan mulai diri sendiri dari rumah.

_

Mendonasikan Pakaian

Cara Mengurangi Limbah Fashion
Penting, Inilah Cara Mengurangi Limbah Fashion 6

Limbah fashion artinya sisa pakaian atau item lainnya yang tidak terpakai hingga akhirnya terbuang. Biasanya item fashion terbuat dari bahan yang sulit diuraikan sehingga sudah pasti akan mencemari lingkungan jika dibuang begitu saja. Sebagai salah satu cara mengurangi limbah fashion, pakaian atau item lainnya bisa didonasikan. Donasi bisa dilakukan secara mandiri atau melalui platform yang bisa memfasilitasi.

Baca Juga :  Wow! Sepatu sneakers eksklusif Barack Obama dijual Rp350 juta

Belanja Baju Bekas

3cb47579 whatsapp image 2019 01 01 at 15.02.59
Penting, Inilah Cara Mengurangi Limbah Fashion 7

Tampil modis dan menarik tidak harus dengan baju baru. Baju bekas yang masih layak pakai pun tetap bisa menunjang penampilan. Terlebih berbelanja baju bekas menjadi salah satu cara mudah mengurangi limbah fashion yang efeknya berpengaruh besar. Dengan membeli baju bekas sama artinya dengan mendukung sustainable fashion. Jangan khawatir, sekarang ada banyak platform online yang menawarkan baju bekas dengan kualitas yang tidak kalah dengan item baru.

Sewa Baju

db877295
Penting, Inilah Cara Mengurangi Limbah Fashion 8

Daripada membeli baju baru, menyewa akan lebih baik untuk mengurangi limbah fashion secara signifikan. Menyewa baju bisa dilakukan untuk kebutuhan jangka pendek, seperti keperluan busana tertentu untuk menghadiri pesta. Selain itu, menyewa baju juga lebih menghemat anggaran daripada harus membeli baju baru. Tentu saja ini juga termasuk cara mengurangi limbah fashion yang harus mulai dibiasakan.

Beli Warna Netral

60a53313 hijab warna netral
Penting, Inilah Cara Mengurangi Limbah Fashion 9

Limbah fashion bisa ditekan dengan memastikan tidak ada tumpukan baju dalam lemari. Hal ini bisa terwujud dengan memilih warna netral saat membeli pakaian. Baju berwarna netral akan lebih mudah dikombinasikan dengan warna atau item fashion yang lain. Tidak perlu lagi terlalu banyak baju yang akhirnya berakhir sebagai limbah. Baju berwarna netral juga akan lebih awet sebab tren warnanya lebih tahan lama.

Baca Juga :  Tren Busana Muslim 2021, Simpel dan Kasual

Pilih Bahan Tertentu

a03ead2b organdi
Penting, Inilah Cara Mengurangi Limbah Fashion 10

Tidak semua pakaian terbuat dari bahan yang ramah lingkungan meski terasa nyaman saat dipakai dan bahkan ketika harganya saat mahal. Inilah yang perlu diperhatikan dalam rangka menjaga keseimbangan lingkungan yaitu dengan memilih pakaian dari bahan tertentu. Sebaiknya hindari bahan dari serat sintetis yang pastinya sulit didaur ulang. Sebaliknya, pilih pakaian berbahan serta alami sebagai langkah nyata atau cara mengurangi limbah fashion.

Lakukan Daur Ulang

Kebanyakan orang berpikir untuk langsung membuang atau menyingkirkan item fashion yang sudah tidak terpakai. Padalah fashion bekas bisa didaur ulang atau kembali dikreasikan untuk mendapatkan kesan baru. Misalnya, kemeja lama bisa disulap menjadi sarung bantal dengan dijahit pada beberapa bagiannya. Jaket bekas juga bisa diubah menjadi tote bag atau aksesoris lucu seperti bandana. Dengan bentuk barunya, fashion bekas tetap bisa berguna.

Limbah fashion ternyata tidak hanya tentang barang bekas yang tidak terpakai. Membiarkan limbah fashion terus menumpuk bisa membawa dampak buruk bagi lingkungan. Maka dari itu, sebelum efeknya terlalu buruk, segara lakukan keenam langkah di atas sebagai cara mengurangi limbah fashion mudah dan sederhana.  

AG