6 Tips Supaya Anak Bisa Belajar Online di Rumah dengan Baik

  • Bagikan
belajar online di rumah
belajar online di rumah

6 Tips Supaya Anak Bisa Belajar Online di Rumah dengan Baik – Belajar secara daring dengan memanfaatkan teknologi internet merupakan salah satu cara paling umum digunakan oleh hampir semua tingkatan pendidikan. Untuk anak-anak sekolah dari kelas menengah hingga mahasiswa, pembelajaran daring bisa dikatakan cukup membantu dan bisa tetap mengikuti pelajaran dengan baik meskipun tidak melakukan tatap muka langsung, hanya melalui video conference.

Sayangnya, hal serupa tidak terjadi terhadap anak-anak yang masih berada di sekolah dasar, terutama di tingkat 3 tahun pertama sekolah dasar. Ketika membuka ponsel atau pun laptop, anak biasanya memilih untuk bermain bukannya menyelesaikan tugas yang sudah diberikan guru atau mengikuti kelas online yang sudah ditunjuk. Supaya anak bisa tetap fokus belajar walaupun secara online, ikuti tips berikut ini.

Jaga Fokus Anak

6 Tips Supaya Anak Bisa Belajar Online di Rumah dengan Baik
6 Tips Supaya Anak Bisa Belajar Online di Rumah dengan Baik 3

Tingkat fokus anak tanpa pengawasan bisa dikatakan sangat rendah. Oleh karena itu, fokus anak harus dijaga dan ini menjadi salah satu tugas orang tua supaya belajar online di rumah berjalan lancar. Berikan pengarahan sebelum anak diberikan perangkat untuk belajar online. Matikan seluruh notifikasi aplikasi dan dampingi anak selama proses belajar. Berikan imbalan bermain ponsel ketika belajar sudah selesai.

Baca Juga :  Menjadi Korban Rasisme saat Main Harry Potter, Katie Lung Diminta Diam

Lakukan Komunikasi dengan Guru dan Teman Sekelas

Anak-anak kelas awal, apalagi kelas 1, masih belum terbiasa dengan belajar. Apalagi saat ini dihadapkan langsung dengan belajar secara online, maka penyesuaiannya membutuhkan usaha ekstra. Supaya Anda tidak kebingungan sendiri dan anak juga tidak kesulitan dalam menyelesaikan tugas, jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengan guru untuk meminta solusi dan juga teman sekelas anak Anda.

Buat Jadwal Supaya Anak Tetap Aktif dan Teratur

Berada di rumah saja dan tidak belajar di sekolah bukan berarti anak boleh sembarangan melakukan apa saja. Sekalipun belajar online di rumah, anak harus tetap memiliki jadwal tersendiri supaya tetap bisa aktif namun tetap teratur dan disiplin. Terapkan jadwal yang sama seolah-olah anak berada di sekolah seperti ada jadwal belajar, jadwal istirahat dan jadwal ‘pulang’ sehingga anak lebih termotivasi.

Persiapkan Perangkat Teknologi yang Dibutuhkan

Tidak bisa dipungkiri, belajar secara daring membutuhkan beberapa perangkat teknologi pendukung seperti laptop atau komputer, ponsel atau tablet dan jangan lupa jaringan internet. Jangan sampai anak tidak bisa belajar karena perangkat yang tidak memadai atau jaringan internet yang tersedia tidak stabil. Ada baiknya menghindarkan anak datang ke warnet di mana orang biasanya berkerumun.

Baca Juga :  Jangan Lupa! Besok Puasa Ayyamul Bidh Bulan Februari 2021-Rajab 1442 H

Gunakan Aplikasi Belajar

Sekali pun saat ini tengah berada di masa pandemi setidaknya Anda masih bisa bersyukur bisa belajar online di rumah. Terlebih lagi sudah tersedia banyak aplikasi yang bisa membantu dalam belajar menggantikan pemberian materi langsung oleh guru. Pilih aplikasi yang tepat, yang memberikan materi sesuai dengan tingkatan kelas. Anda bisa memilih aplikasi belajar gratis atau memlih aplikasi berbayar.

Jaga Suasana Belajar Tetap Tenang dan Nyaman

Seseorang bisa belajar dengan fokus jika lingkungannya tenang dan nyaman. Oleh karena itu, ada baiknya sediakan sebuah ruang khusus untuk belajar yang kondusif. Buat sebuah kebiasaan belajar dengan membuat tempat khusus belajar. Jangan biarkan anak belajar di mana saja karena bisa memancing tindakan bermalas-malasan dan fokus belajar jadi terganggu oleh gangguan dari luar diri anak tersebut.

Menjalankan tips belajar online di rumah ini pada awalnya mungkin akan sulit. Akan tetapi, jika dijalankan dengan komitmen tinggi dan melakukan kerja sama yang baik dengan semua pihak, maka praktek belajar di rumah akan bisa berhasil. Meskipun masih belum bisa dibandingkan dengan belajar di kelas setidaknya pendidikan anak-anak, terutama pendidikan dini, tidak terabaikan.

AG

  • Bagikan
Positive SSL