Bahaya, Jika Suami Tidak Punya Sifat Dayyuts

  • Bagikan
b96b371b panduan suami isteri

Islami Apa itu dayyuts? Dayyuts dalam pengertian Islam yakni suami sudah tidak punya rasa cemburu lagi, baik terhadap istrinya atau keluarganya.

Sifat suami semacam ini adalah suami yang tercela sebagaimana disebutkan dalam hadits yaitu hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma dengan sanad marfu’ –sampai pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam-, di mana beliau bersabda:

“Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya.” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain)

Baca Juga :  Kisah Ahmad bin Hanbal Jualan Tali Kolor untuk Buka Puasa dan Gadai Barang untuk Hidup

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal dalam kajiannya dikutip pada Selasa (12/1/20210) menyebutkan ad dayyuts selain tidak ada lagi rasa cemburu juga tidak punya rasa malu.

Perlu diketahui tidak punya rasa cemburu dari suami maksudnya adalah membiarkan keluarganya bermaksiat tanpa mau mengingatkan. Bentuknya pada masa sekarang adalah:

Baca Juga :  Astronom Harvard Akui Adanya Alien di Alam Semesta

1. Membiarkan anak perempuan atau anggota keluarga perempuan berhubungan via telepon atau SMS dengan laki-laki yang bukan mahram. Mereka saling berbincang hangat, sambil bercumbu rayu, padahal tidak halal.

  • Bagikan