5 Tips Alami Meredakan Sakit Gigi

  • Bagikan
176df45c sakit gigi 20180502 162232

1. Kumur air garam

Kumur-kumur dengan air garam menjadi andalan pertolongan pertama saat sakit gigi. Air garam menjadi desinfektan alami untuk membantu meluruhkan partikel dan serpihan sisa makanan di antara sela gigi. Air garam juga akan membantu mengurangi peradangan dan luka yang timbul di mulut.

Mengutip dari Healthline, Anda cukup mencampurkan setengah sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan campuran ini untuk berkumur setelah menggosok gigi atau tiga kali sehari hingga rasa sakit mereda.

Fine grain pink salt from HimalayasIlustrasi. Kumur dengan air garam jadi salah satu cara alami untuk meredakan sakit gigi. (iStockphoto/SMarina)

2. Kompres dingin

Kompres dingin mampu membantu meredakan rasa sakit di area rahang. Suhu dingin akan membuat pembuluh darah mengerut sehingga rasa sakit berkurang. Kompres ini juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Namun, jangan mengaplikasikan potongan es langsung pada kulit. Sediakan kain untuk membungkus es dan tempelkan pada area yang bengkak selama 20 menit. Ulangi tiap beberapa jam.

3. Kompres kantung teh peppermint

Selain kompres dingin dengan es, Anda juga bisa mengompres area gigi yang sakit dengan kantung teh peppermint. Kantung teh yang sudah diseduh sebaiknya dibiarkan dalam suhu ruang hingga tidak terlalu panas, baru tempelkan pada area gigi atau gusi yang bengkak.

Metode lainnya, kantung teh bisa disimpan di kulkas sehingga lebih berfungsi sebagai kompres dingin. Simpan di freezer selama beberapa menit dan aplikasikan pada area yang bengkak.

4. Kunyah bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang mampu melawan bakteri secara alami. Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih untuk mencegah infeksi lebih lanjut. Namun, jika tidak memungkinkan, bawang putih bisa dihaluskan hingga menjadi pasta dan bubuhkan pada area yang sakit.

Baca Juga :  Khutbah Jumat Menebarkan Dua Makna Salam

5. Minyak cengkeh

Sejak zaman dulu, cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi. Cengkeh secara efektif mampu mengatasi rasa sakit dan mengurangi peradangan. Kandungan eugenol yang merupakan antiseptik alami di dalam cengkeh akan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Anda cukup menyiapkan minyak cengkeh dan bola kapas atau cotton bud. Oleskan minyak dengan bantuan kapas ke area yang terinfeksi. Minyak cengkeh juga bisa dilarutkan dengan minyak penyerta seperti minyak zaitun. Setetes minyak cengkeh dan segelas air pun bisa menjadi obat kumur di sela pengobatan secara topikal.

5 Obat Herbal untuk Sakit Gigi


1. Cengkeh

Ilustrasi minyak cengkehFoto: iStockphoto/tycoon751
Ilustrasi minyak cengkeh

Pohon cengkeh merupakan tanaman yang berasal dari Maluku, menghasilkan cengkeh atau bunga lawang atau kembang lawang. Yang disebut cengkeh adalah putik bunga yang dikeringkan.

Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, baik dalam bentuknya yang utuh maupun bubuk. Cengkeh juga digunakan sebagai bahan rokok kretek. Di China dan Jepang, cengkeh dipakai sebagai bahan dupa. Minyak cengkeh juga dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi dan mengobati sakit gigi.

Cara paling mudah adalah dengan dengan mengambil satu buah cengkeh utuh kering. Kunyah sedikit untuk melepaskan minyaknya, kemudian letakkan di area gigi yang sakit. Diamkan selama 30 menit.

2. Bawang putih

Pedagang bawang putih menjajakan dagangannya di Pasar Induk Kramat Jati. Jakarta, Sabtu, 10 Oktober 2020.CNN Indonesia/ Adhi WicaksonoFoto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono
Bawang putih

Bawang putih telah banyak digunakan untuk tujuan pengobatan sepanjang sejarah. Ini mengandung senyawa yang disebut allicin, yang menyumbang sifat antibakterinya yang kuat.

Baca Juga :  Khutbah Jumat Petaka Ketiadaan Ulama di Tengah Umat

Ambil bawang putih segar, kemudian haluskan. Campur dengan sedikit garam, dan oleskan ke gigi yang sakit.

3. Teh peppermint

Homemade Iced Tea and Lemonade with MintFoto: Istockphoto/bhofack2
ilustrasi teh peppermint

Seperti cengkih, peppermint memiliki khasiat ‘mati rasa’ yang dapat meredakan sakit gigi. Mentol, yang memberi rasa dan aroma mint pada peppermint, juga dikenal sebagai antibakteri.

Satu sendok teh daun peppermint kering bisa dimasukkan ke dalam secangkir air mendidih dan direndam selama 20 menit. Setelah dibiarkan dingin, bisa ditelan di dalam mulut lalu diludahkan atau ditelan.

Kantong teh basah yang sedikit hangat juga dapat digunakan dan ditempelkan pada gigi selama beberapa menit sampai nyeri berkurang.

Beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas juga dapat ditempelkan pada gigi yang sakit sebagai obat sementara.

4. Lidah buaya

Ilustrasi Lidah BuayaFoto: sarangib/Pixabay
Ilustrasi Lidah Buaya

Gel lidah buaya telah lama digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dan luka ringan. Beberapa orang sekarang menggunakan gel untuk membersihkan dan menenangkan gusi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami dan dapat menghancurkan kuman penyebab kerusakan gigi. Gel harus dioleskan ke area mulut yang nyeri dan dipijat dengan lembut.

5. Ekstrak vanila

Vanilla Beans Isolated on White BackgroundFoto: iStockphoto/fcafotodigital
vanilla

Ekstrak vanila mengandung alkohol. Alkohol akan mematikan rasa sakit untuk sementara waktu, dan antioksidan dalam vanila dapat membantunya sembuh. Gunakan jari atau bola kapas untuk mengoleskan sedikit minyak pada gigi dan gusi yang sakit.

Obat herbal untuk sakit gigi bisa diaplikasikan sementara, jika sakit berlanjut Anda harus berobat ke dokter gigi untuk mendapat perawatan yang tepat. 

sc cnnindo

  • Bagikan