Relawan Sinovac Bandung: Setengah Jam Pegal, Nafsu Makan Naik

  • Bagikan
e936a61c distribusi vaksin covid 19 sinovac 7 169

Alih-alih merasa sakit, Herlina merasa pikirannya lebih tenang setelah menerima vaksinasi. Ia merasa lebih terlindungi dari ancaman covid-19. Meskipun tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sejauh ini aman enggak ada apa-apa. Enggak ada keluhan yang spesifik, seperti demam itu enggak ada, pusing, bengkak atau merah juga enggak ada,” tuturnya.

Herlina menyadari satu hal, selang beberapa hari dari suntikan pertama ke kedua, ia merasa dirinya bertambah gemuk. Hal itu karena nafsu makan yang tiba-tiba meningkat semenjak mendapatkan vaksinasi.

“Sebelum uji klinis biasa saja tapi setelah uji klinis makan jadi enak. Tapi saya enggak tahu itu karena vaksin karena relawan enggak tahu apa dapat vaksin atau plasebo,” ujarnya.

Baca Juga :  Setelah Dua Garis Biru, Gina S Noer Garap Film Baru

Dalam tahapan uji klinis, baik vaksin atau obat, relawan akan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok uji dan kelompok plasebo atau obat kosong. Peneliti menggunakan plasebo selama penelitian untuk membantu mereka memahami efek vaksin atau obat baru dan mana yang sebenarnya sugesti belaka.

Selama menjalani uji klinis, Herlina juga mengaku tidak diperkenankan mengikuti vaksinasi dari luar. Hal itu dilakukan karena peneliti akan menentukan efikasi dari vaksin yang diujikan. Sehingga terlihat kemampuan vaksin dalam membentuk antibodi.

“Karena selama mengikuti uji klinis ini relawan masih terus dipantau. Infonya sampai Mei. Jadi saya sebagai relawan baru akan divaksin Juni setelah efikasi dan laporan beres,” katanya.

Baca Juga :  Isu Bullying, Pyo Ye-jin Bakal Gantikan Na-eun APRIL di Taxi Driver

Herlina sendiri tergerak ingin menjadi relawan uji klinis vaksin karena pekerjaannya yang sering ke lapangan bertemu dengan banyak orang. Selain dosen, ia aktif di berbagai kegiatan sosial. Karena itu, Herlina merasa membutuhkan vaksin agar tidak terpapar Covid-19.

“Saya masih menerapkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) sejak sebelum dan saat mengikuti uji klinis. Tapi aktivitas normal seperti biasa biasa seperti mengajar dan tergabung di kesukarelawanan,” kata dia.

menyadur cnnindonesia

  • Bagikan
Positive SSL