Relawan Sinovac Bandung: Setengah Jam Pegal, Nafsu Makan Naik

CR — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 Sinovac, pada Senin (11/1). Tingkat efikasi diklaim mencapai 65,3 persen.

Salah seorang relawan uji klinis di Bandung, Herlina Agustin (52) ikut membagikan cerita pengalamannya mengikuti pengujian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Bio Farma itu.

Proses penyuntikan pertama dilakukan di Puskesmas Dago, Kota Bandung, 28 Agustus 2020. Sebelumnya, para relawan melalui serangkaian tes mulai dari test swab, pengecekan darah hingga tes fisik.

Herlina mengaku, tidak ada reaksi di tubuhnya saat disuntik. Namun ia mengakui ukuran jarum vaksin yang diklaim lebih besar ketimbang jarum saat pengambilan darah.

Baca Juga :  Puan Maharani Terima Bintang Mahaputera Jokowi Hari Ini

“Memang pegal banget (setelah disuntik). Terutama yang pertama, tidak menyangka jarum suntiknya besar. Saya rasa ada setengah jam merasakan pegal,” katanya, Selasa (12/1).

“Masih sama (besar) dari yang pertama. Tapi yang kedua sudah siap mental,” ucap wanita yang bekerja sebagai dosen itu.Penyuntikan kedua atau dosis penyuntikan yang terakhir berlangsung pada 11 September 2020. Sama halnya dengan penyuntikan pertama, Herlina mengungkapkan jarum suntik berdiameter agak besar.

Baca Juga :  Pekan Ini Semua Harus Sudah Terima Bansos : Ucap Presiden Jokowi

Uji klinis vaksin fase III dilangsungkan di Pusat Uji Klinis yaitu di FK Unpad dan melibatkan sampel 1.620 orang atau relawan dengan rentang usia 18 hingga 59 tahun.

Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran Unpad, Kusnandi Rusmil menerangkan bahwa setiap relawan diambil sampel darahnya sebanyak tiga kali. Pertama yakni sebelum vaksinasi, kedua setelah vaksinasi tahap kedua, dan terakhir sampel darah diambil setelah relawan beraktivitas selama lima bulan.

Sepanjang jangka waktu itu, para relawan tetap melaporkan hal-hal yang terjadi selama berkaitan dengan vaksin.

Nafsu Makan Meningkat