4 Tips Belajar di Rumah Supaya Lebih Efektif

  • Bagikan
d513f0ca images 2021 01 12t153342.798

4 Tips Belajar di Rumah Supaya Lebih Efektif – Rencana pembukaan sekolah di awal tahun dan awal semester genap ini sepertinya harus ditunda kembali, terutama di wilayah pulau Jawa dan Bali. Pasalnya, penderita corona di kedua pulau tersebut semakin meningkat. Meskipun vaksin sudah mulai diproduksi, diuji coba dan siap untuk digunakan, tapi itu belum bisa diberikan kepada semua orang secara merata dan baru akan diberikan kepada penerima prioritas.

Melihat keadaan ini, guru dan pihak sekolah masih harus berusaha keras memberikan pendidikan dari jarak jauh tanpa tatap muka langsung. Orang tua pun masih memegang peranan penting supaya pendidikan bagi anak-anak tetap berjalan sebagai mana mestinya. Agar pendidikan di rumah tetap bisa berjalan secara maksimal, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan.

Atur Belajar Sesuai Jadwal Layaknya Belajar di Sekolah

4 Tips Belajar di Rumah Supaya Lebih Efektif
4 Tips Belajar di Rumah Supaya Lebih Efektif 3

Langkah pertama supaya belajar di rumah tetap bisa berjalan dengan baik adalah mengatur dan memperlakukan pembelajaran di rumah layaknya sedang belajar di sekolah. Buat jadwal khusus, kapan waktu mulai belajar, istirahat dan ‘pulang’ belajar. Dengan begitu, maka belajar akan lebih teratur meskipun guru tidak selalu memantau langsung melalui aplikasi yang digunakan sebagai sarana belajar daring.

Baca Juga :  Pesan MUI Pada Hari Santri Nasional 2020

Tentunya, orang tua harus memastikan bahwa anak mengikuti jadwal yang sudah dibuat. Tidak ada salahnya jika orang tua dan anak melakukan konsultasi supaya jadwal tetap bisa terintegrasi dengan pembelajaran aktual dan yang biasa dilakukan bersama. Hal ini juga bisa membantu anak supaya lebih mandiri dan bertanggung jawab dengan pendidikannya dan komitmen yang sudah dibuat.

Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman

Tidak semua keluarga bisa memiliki ruang khusus atau kamar pribadi yang bisa digunakan untuk belajar secara mandiri atau belajar online. Akan tetapi, demi pendidikan anak-anak Anda, bantulah anak untuk mendapatkan sebuah tempat belajar di rumah yang nyaman. Tempat belajar yang nyaman bisa membantu anak lebih fokus dalam belajar dan memahami pelajaran.

Siapkan Koneksi Internet yang Memadai

Koneksi internet merupakan salah satu kebutuhan wajib yang harus tersedia ketika melakukan pembelajaran di rumah. Selain untuk mencari materi belajar tambahan, koneksi internet ini dibutuhkan sebagai salah satu sarana belajar daring antara guru dan murid. Bila memungkinkan, koneksi internet yang tersedia harus stabil apalagi jika akan digunakan untuk kelas daring.

Baca Juga :  Joe Biden Menang di Pilpres AS 2020

Supaya tidak ada gamgguan ketika kelas daring sedang berlangsung, yang bisa menyebabkan terjadinya kesalahan pemberian informasi dan pengetahuan, salah satu kelemahan dalam belajar di rumah ini bisa diatasi dengan cukup mudah. Bagi Anda yang memiliki uang berlebih, tidak ada salahnya memasang wifi yang bisa sekaligus Anda gunakan untuk WFH. Bisa juga datangi warnet yang memiliki jaringan stabil.

Pilih Portal Belajar yang Sesuai

Salah satu keuntungan dari belajar secara online di rumah adalah bisa mendapatkan sumber belajar yang lebih beragam. Akan tetapi, di saat bersamaan orang tua dan anak harus memilih portal atau tempat belajar online yang tepat. Ada banyak pilihan aplikasi dan platform online yang menyediakan materi belajar untuk semua tingkatan. Beberapa bahkan menyediakan guru online yang bisa menjadi pembimbing.

Dengan kerja sama dari semua pihak, maka kendala yang mungkin dihadapi selama belajar di rumah bisa diatasi dengan baik. Pendidikan anak juga tidak akan menurun meskipun proses mengajar belajar dilakukan dari jarak jauh tanpa bertatap muka langsung antara guru dan murid. Apabila berjalan dengan baik, ketika waktunya kembali belajar di sekolah anak-anak tidak akan kaget dengan materi yang diberikan.

AG

  • Bagikan
Positive SSL