Black Box Juga Tersedia di Mobil?

  • Bagikan
e5f1e5ce fitting a box 1

CR — Black Box, perangkat perekam data yang sedang dicari otoritas untuk mengungkap skenario kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh pada Sabtu (9/1/21) bukan cuma terdapat di pesawat. Black box juga ada di mobil yang dikenal dengan nama Event Data Recorder (EDR).

Di Amerika Serikat (AS), 96 persen mobil baru yang dijual di sana sudah dilengkapi EDR, menurut data per 2014. Penggunaan EDR pada mobil baru tidak terikat regulasi melainkan inisiatif produsen atas imbauan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA).

Jangan bayangkan black box di mobil merupakan sebuah kotak hitam. Komponen ini sebetulnya chip komputer dengan ukuran mini.

Pada sebagian besar kendaraan, EDR awalnya bagian dari modul kontrol kantung udara, dan awalnya disertakan untuk memastikan kantung udara bekerja.

Baca Juga :  Daftar UMP di 34 Provinsi, provinsi ini Paling Tinggi

Tapi seiring berjalannya waktu black box mobil dibuat menjadi lebih pintar untuk merekam kejadian yang lebih kompleks dari kantong udara.

Berdasarkan peraturan NHTSA yang disahkan pada 2012, jika kendaraan memiliki kemampuan EDR mesti meliputi rekaman 15 data spesifik, termasuk kecepatan, kemudi, pengereman, akselerasi, penggunaan sabuk pengaman, dan, jika terjadi kecelakaan, kekuatan benturan serta kantung udara.

Sebagian besar EDR diprogram untuk merekam data dalam putaran terus menerus, menulis informasi berulang kali hingga kendaraan mengalami tabrakan. Saat kecelakaan terjadi, perangkat secara otomatis menyimpan hingga lima detik data dari sebelum, selama, dan setelah insiden.

Forbes mengibaratkan setiap Anda berada di belakang kemudi, berarti setiap tombol yang ditekan, atau setiap manuver yang dilakukan akan direkam. Data kemudian disimpan pada black box agar mudah diakses usai tabrakan.

Baca Juga :  usai Hengkang dari JYP, Mark Tuan GOT7 Pulang ke AS

Sulit Dibongkar

Namun data black box sulit didapat dan menafsirkannya perlu pelatihan khusus. Mengekstrak data setelah kecelakaan melibatkan sejumlah alat yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan kabel yang dihubungkan ke port diagnostic onboard mobil.

Disebutkan alat hingga pelatihan khusus mengenai black box akan menguras banyak biaya. Tapi biasanya akses black box akan diberikan kepada pihak berwenang untuk menganalisanya.

Membantu Penyelidikan

Sesuai fungsinya, black box bisa dijadikan barang bukti dalam kasus di persidangan.

Data black box akan membantu menentukan jalannya peristiwa dan dapat membantu menentukan kendaraan mana yang bertanggung jawab atas tabrakan tersebut. Dalam investigasi kriminal, kotak hitam dapat memberatkan atau membebaskan terdakwa.

Tapi selain itu black box juga mungkin bermanfaat bagi Anda yang hendak memperoleh asuransi pasca kecelakaan.

sc cnnindo

  • Bagikan
Positive SSL