6 Sayuran untuk Diet, Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan

32
Sayuran untuk Diet
Sayuran untuk Diet

Health — 6 Sayuran untuk Diet, Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan – Semua orang tentunya menginginkan tubuh yang ideal dan sehat. Selain dengan berolahraga, mendapatkan tubuh ideal bisa terwujud dengan melakukan diet. Diet kerap dijalankan dengan tujuan mengurangi berat badan terlebih dan membentuk tubuh agar lebih proporsional. Di samping itu, diet bisa memberikan efek lebih sehat pada tubuh.

Ada banyak cara untuk menyukseskan program diet dan mendapatkan berat tubuh ideal. Salah satunya dengan mengatur jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dipilih selama diet harus jenis makanan yang rendah kalori, seperti sayuran. Ada banyak jenis sayuran yang bisa dikonsumsi, namun tentu tidak semua bagus untuk program diet. Inilah beberapa jenis sayuran yang disarankan untuk menu diet.

_

Brokoli

6 Sayuran untuk Diet

Salah satu alasan mengapa sayur menjadi makanan wajib saat diet adalah kandungan seratnya yang tinggi. Serat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga terhindar dari terlalu banyak makan. Manfaat ini juga ditemuka pada brokoli. Sebagai sayuran untuk diet, brokoli tidak hanya memenuhi kebutuhan serat. Sayuran ini juga mengandung banyak jenis vitamin, antioksidan hingga nutrisi mikro.

Baca Juga :  5 Sinyal Tubuh Anda Perlu Berhenti Minum Kopi

Selada

6 Sayuran untuk Diet, Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan
6 Sayuran untuk Diet, Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan 7

Kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah pada selada membuat sayuran ini sangat cocok sebagai menu diet. Selain akan membantu menurunkan berat badan, mengonsumsi selada secara rutin juga bisa untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan zat besi, asam folat, berbagai vitamin dan mineral dari selada akan membantu memenuhi kebutuhan tubuh setiap hari.

Bayam

6 Sayuran untuk Diet, Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan bayam
6 Sayuran untuk Diet, Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan 8

Bayam terkenal akan kandungan zat besinya yang cukup tinggi. Oleh sebab itulah, bayam menjadi sayuran untuk diet yang cocok bagi penderita anemia atau darah rendah. Di samping itu, vitamin A dan K di dalam sayuran ini mampu melancarkan proses metabolisme yang mendukung keberhasilan program diet. Ada banyak pilihan cara mengolah sayuran bayam sehingga menu diet bisa lebih bervariasi.

Asparagus

89df3781 delish grilled asparagus 1522951967
6 Sayuran untuk Diet, Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan 9

Asparagus menjadi rekomendasi sayur yang bagus untuk diet selanjutnya. Sayuran berbentuk memanjang ini mengandung kalori yang cukup rendah. Namun kandungan airnya cukup banyak ditambah kandungan seratnya yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh harian. Asparagus juga tidak hanya membantu menjaga berat tubuh ideal tapi bisa pula menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin E serta antioksidan yang cukup tinggi.

Tomat

ed1b5c84 tomat
6 Sayuran untuk Diet, Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan 10

Selain sayuran hijau yang telah disebutkan di atas, ada pula rekomendasi sayuran untuk diet lain seperti tomat. Sayuran yang sering disebut buah itu dikenal memiliki kandungan serat yang cukup untuk mengatasi timbunan lemak pada tubuh. Vitamin A dan K yang dimiliki tomat berfungsi menstabilkan tekanan darah sekaligus sebagai antioksidan. Sebagaimana diketahui, antioksidan penting dalam diet karena mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Baca Juga :  5 bahan alami ini bisa obati sakit jantung

Labu Oranye

1e3a184d labu orange
6 Sayuran untuk Diet, Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan 11

Belum banyak orang yang tahu bahwa labu oranye atau yang juga sering disebut kabocha menjadi sayuran yang bagus untuk diet. Sayuran ini lebih terkenal sebagai bahan MPASI. Kabocha mengandung banyak nutrisi dan rendah lemak. Sayuran ini bisa dikonsumsi sebagai makanan selingan saat menjalankan diet. Serat yang dimilikinya akan membuat rasa kenyang lebih awet sehingga tidak muncul keinginan untuk mengemil makanan yang tidak sehat.

Memilih sayuran untuk diet harus disertai dengan pengetahuan tentang cara mengolahnya. Pasalnya cara mengolah yang salah bisa menghilangkan nutrisi dalam sayur sehingga manfaatnya tidak terserap maksimal oleh tubuh. Sayuran untuk menu diet sebaiknya dimasak dengan sedikit minyak atau minyak yang lebih alami. Akan lebih baik pula jika sayuran dimasak dengan cara direbus atau dikukus dengan waktu yang cukup.

Penulis : Risma

Editor : AG