Pembatasan Kegiatan di Jawa-Bali Dimulai Besok, Mal Tutup Pukul 19.00

43

JAKARTA – Mulai besok, pemerintah resmi memulai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 25 Januari 2021. Ada beberapa kegiatan masyarakat yang dibatasi, salah satunya mal ditutup pukul 19.00 hingga kebijakan Work From Home 75%.

Pemerintah mengambil kebijakan untuk melakukan pembatasan kegiatan karena tingginya penambahan kasus positif Covid-19. Ya benar saja, sudah dua hari ini, angka positif Covid-19 terus pecah rekor mencapai di angka 10.000-an kasus per hari.

_
Baca Juga :  Sangat Inspiratif, Warga Desa di Kalteng Sulap Wajan Jadi Alat Penerima Sinyal Internet

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) mengungkapkan alasan dipilihnya tanggal 11 hingga 25 Januari dilakukan PPKM. Salah satunya, usai liburan Natal dan Tahun Baru membuat angka positif covid terjadi melonjak.

“Kenapa tanggal 11 sampe tanggal 25 karena kita baru saja libur natal dan tahun baru dimana ada kenaikan 25% kasus covid saat di kalender liburan,” kata Airlangga dalam video virtual, Kamis (7/1//2021).

Baca Juga :  Presiden Jokowi: Saya yang Pertama Disuntik Vaksin Corona

Berikut. pembatasan kegiatan tersebut meliputi:

1. Membatasi tempat kerja dengan work from home 75% dengan melakukan prokes secara ketat

2. Kegiatan belajar mengajar secara daring

3. Sektor esensial yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat tetap beroperasi 100% dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan menjaga protokol kesehatan secara ketat

4. Melakukan pembatasan terhadap jam buka dari kegiatan-kegiatan di pusat perbelanjaan sampai pukul 19.00