Persiapan SBMPTN 2021, Berikut 4 Strategi Menjawab Soal

  • Bagikan
c650939c img 20210109 135250

JAKARTA – Faktor terbesar yang sangat menentukan sukses tidaknya dalam tes SBMPTN adalah jadwal dan teknis belajar. Meski terkesan sepele, hal ini memiliki pengaruh yang signifikan.

Selain mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN, siswa kelas 12 juga mesti membagi fokus di hal lain yang tak kalah penting, yakni ujian akhir kelulusan. Menjadi tantangan tersendiri bagi siswa untuk membagi waktu belajar ujian di tengah padatnya kegiatan sekolah.

Mengutip buku Jalan Tol Menuju PTN Favorit Siaga Menjelang SBMPTN Saintek 2019 karya Tim Cakrawala, terbitan Cakrawala Sketsa Mandiri, berikut tips persiapan teknis belajar menuju SBMPTN.

Baca Juga :  Faktor Liverpool Gagal Bekuk Man Utd

1. Belajar Sendiri vs Ikut Bimbel (Bimbingan Belajar)

Ikut bimbel ataupun tidak bukan hal besar yang harus dipermasalahkan. Hal penting yang harus dipikirkan adalah kemauan belajar dari diri sendiri. Mau ikut bimbel atau tidak yang terpenting adalah rajin dan rutin belajar.

Baca Juga :  Jokowi Kembali Soroti Kementerian Kesehatan

2. Belajar Kelompok

Alangkah lebih baik jika membiasakan diri untuk belajar bersama atau kelompok. Ajak teman yang pintar di mata pelajaran tertentu untuk belajar bersama. Dengan begitu bisa saling tukar informasi terkait mata pelajaran dan saling memberi semangat.

  • Bagikan