Apa Itu Tasyabbuh dan Mengapa Harus Dihindari? Ini Penjelasannya

  • Bagikan
0bfe94c3 images 83

Islami Apa itu Tasyabbuh dan mengapa begitu penting diketahui? Tasyabbuh secara ilmu syar’i adalah kegiatan menyerupai umat agama lain dalam segala bentuk dan sifatnya, baik dalam aqidah, peribadatan, kebudayaan, atau dalam pola tingkah laku yang menunjukkan ciri khas mereka.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal dikutip pada Sabtu (8/1/2021) dari Rumaysho, mengatakan tasyabbuh ini perlu diperhatikan agar tidak meniru kekhasan atau kekhususan mereka dalam berpenampilan, bergaya, dan seterusnya.

Efeknya ada dari tasyabbuh ini yang dapat mencelakakan agama seorang muslim walau itu hanya menyerupai gaya lahiriyah dan tidak ada kesamaan dengan batinnya. Namun tetap tasyabbuh itu terlarang.

Baca Juga :  Bolehkah Menggunakan Dana Haji Setelah Kita Membatalkannya ?

Mengenai larangan tasyabbuh disebutkan dalam hadits dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad 2: 50 dan Abu Daud no. 4031. Syaikhul Islam dalam Iqtidho‘ 1: 269 mengatakan bahwa sanad hadits ini jayyid/bagus. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Baca Juga :  Terpapar Covid-19 Saat Hamil 7 Bulan, Dokter Novita dan Janinnya Meninggal Dunia

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Bukan termasuk golongan kami siapa saja yang menyerupai selain kami” (HR. Tirmidzi no. 2695. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Lantas apa efek tasyabbuh? Ibnu Taimiyah dalam kitab lainnya berkata, “Sesungguhnya tasyabbuh (meniru gaya) orang kafir secara lahiriyah mewariskan kecintaan dan kesetiaan dalam batin. Begitu pula kecintaan dalam batin mewariskan tasyabbuh secara lahiriyah.

  • Bagikan
Positive SSL