5 Fakta Bansos Tunai Cair, Belum Terima? Segera Lapor ke Sini

  • Bagikan
64a98d73 img 20210109 133426

JAKARTA – Bantuan Sosial (Bansos) Tunai dari pemerintah segera cair. Penyaluran bansos ini dilakukan untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak dari pandemi covid-19.

Ada beberapa bansos yang akan cair dan langsung diberikan tunai ke penerima. Bansos tersebut akan dicairkan pada Januari 2021 ini. Namun, bagi masyarakat kurang mampu yang belum mendapatkannya bisa segera melapor ke pihak terkait.

1. Cair Bulan Januari 2021

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan meneruskan tiga program bansos, yakni Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Tunai (BST). Nantinya, ketiga bansos tersebut akan dicairkan pada awal Januari 2021.

Baca Juga :  Bansos Tunai Rp300.000 Cair Serentak Awal Maret

“Sesuai dengan instruksi Bapak Presiden, minggu pertama bulan Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat (KPM),” kata Risma dalam keterangan tertulis.

2. Penyaluran Bansos Melalui Sistem Terintegrasi

Penyaluran dana bansos telah menggunakan sistem yang terintegrasi antara BRI, Himbara, Kementerian Sosial RI (Kemensos) dan Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu), sehingga apabila terdapat kegagalan penyaluran dana bansos ke rekening tertentu, maka hal tersebut dapat langsung diketahui oleh sistem monitoring. Alhasil, rekonsiliasi akan dilakukan bersama oleh Himbara, dan Kemensos untuk menindaklanjuti masalah itu.

“Dari hasil rekonsiliasi, Kemensos akan menerbitkan e-billing untuk pengembalian dana yang gagal ditransfer ke kas negara. Karena itu BRI dipastikan tidak mengambil atau menahan sepeserpun dana yang menjadi hak masyarakat. Program pencairan bansos dipastikan high regulated dan semua aktivitas dilakukan sesuai instruksi Kemensos sebagaimana tercantum dalam PKS antara Himbara dengan Kemensos,” pungkas Supari

Baca Juga :  Viral Video Gadis di Gorontalo Dilecehkan di Mobil Diduga Libatkan Oknum Polisi

3. Ditransfer ke Rekening Penerima

Penyaluran tiap jenis bansos dilakukan sesuai Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) oleh Kementerian Sosial. Khusus untuk bansos tunai dan bansos tunai sembako non-PKH, pencairan dana bisa dilakukan masyarakat penerima tanpa batasan waktu.

“Semua dana tersebut langsung masuk ke rekening para penerima,” papar Direktur Bisnis Mikro BR Supari.

  • Bagikan