Gempa Mag 5,8 Bengkulu Terasa Hingga Lahat

  • Bagikan
038d39be img 20210107 011320

BengkuluGempa dengan Magnitudo 5,8 SR mengguncang Bengkulu, Kamis 7 Januari 2021 Pukul 00.28 WIB (Pusat gempa di laut 41 km Barat Daya Bengkulu), Kedlmn:31 Km.

Dirasakan berdasarkan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) :

  1. IV-V Kota Bengkulu
  2. IV Manna
  3. III-IV Kepahiang
  4. III Lubuk Linggau
  5. III Pagar Alam
  6. III Lahat
  7. II-III Pesisir Barat
  8. II-III Liwa.
Baca Juga :  Mulai 1 November Tilang Elektronik Berlaku di Depok

Selain kota yang disebutkan diatas, gempa juga terasa hingga Provinsi Jambi. Gempa terasa cukup kencang dibeberapa wilayah.

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity)

Skala Mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.

Skala Mercalli terbagi menjadi 12 pecahan berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa tersebut dan juga dengan melihat serta membandingkan tingkat kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Oleh itu skala Mercalli adalah sangat subjektif dan kurang tepat dibanding dengan perhitungan magnitudo gempa yang lain. Oleh karena itu, saat ini penggunaan Skala Richter lebih luas digunakan untuk untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Baca Juga :  Napi Tersangka Penipuan Wanita NTB, Juga Terjerat Kasus Curanmor dan Pembunuhan

Tetapi skala Mercalli yang dimodifikasi, pada tahun 1931 oleh ahli seismologi Harry Wood dan Frank Neumann masih sering digunakan terutama apabila tidak terdapat peralatan seismometer yang dapat mengukur kekuatan gempa bumi di tempat kejadian.

I MMI

Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang

Generic placeholder image
Generic placeholder image

II MMI

  • Bagikan