Pemerintah Buka Opsi Lowongan CPNS Guru 2021 Kuota Terbatas

Jakartw — Pemerintah membuka opsi lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk formasi guru secara terbatas menyusul kebijakan 2021 yang berfokus pada perekrutan pegawai pemerintah untuk perjanjian kerja (PPPK) atau kontrak.

“Hingga saat ini tidak tertutup kemungkinan bagi pemerintah untuk tetap membuka formasi CPNS untuk guru. Namun ini dilakukan secara terbatas guna menjamin keberlangsungan pendidikan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dalam konferensi pers secara daring lewat YouTube BKN, Selasa (5/1).

Baca Juga :  Gempa Bumi 5.0 M, di Aceh pukul 00.10 tidak berpotensi tsunami

Bima menuturkan keputusan memprioritaskan perekrutan PPPK diambil seiring kekosongan tenaga pendidikan atau guru yang saat ini terjadi di banyak daerah. Ia berharap, rekrutmen guru lewat PPPK 2021 mampu merekrut 1 juta tenaga pendidik untuk mengisi kekosongan tersebut.

“Untuk tahun ini kebutuhan mendesak pengangkatan PPPK dalam jabatan guru ini disebabkan terjadinya kekosongan guru di banyak daerah,” kata Bima.

Baca Juga :  Makanan khas Jawa Tengah Terpopuler

“Apa yang dimaksud keberlangsungan pendidikan di sini adalah bahwa di sekolah ini diperlukan posisi manajerial yang harus diisi guru PNS,” imbuhnya.

Bima mengatakan, guru PPPK diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, mendorong percepatan profesionalisme dan kinerja di sebuah instansi pemerintah.

Cakrawala Rafflesia