Presiden Jokowi Jamin Tak Ada Potongan dalam Bansos 2021

  • Bagikan
5f910bdc presiden jokowi melantik 6 menteri dan 5 wamen 7 169

Jakarta — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tak ada potongan untuk seluruh bantuan sosial (bansos) yang dikucurkan pada 2021. Hal ini khususnya terkait dengan bantuan tunai.

“Saya ulang-ulang terus agar bantuan yang diterima ini tidak ada potongan-potongan,” ucap Jokowi dalam Peluncuran Bantuan Tunai se-Indonesia Tahun 2021, Senin (4/1).

Ia meminta penerima bantuan juga saling mengingatkan kepada kerabatnya yang juga masuk daftar penerima bansos bahwa tak ada potongan dalam penyaluran bansos. Nantinya, bantuan itu akan disalurkan langsung lewat bank milik pemerintah dan kantor pos.

Baca Juga :  Wabup Kepahiang Sidak RSUD Serta Dukcapil

“Supaya diingatkan ke penerima dan tetangga yang tidak datang, dikasih tahu tidak ada potongan karena ini dikirimkan langsung ke penerima baik lewat bank maupun kantor pos,” jelas Jokowi.

Untuk itu, ia memerintahkan menteri dan gubernur untuk mengawal proses penyaluran bansos. Dengan demikian, penyaluran itu bisa berlangsung cepat dan tepat sasaran.

“Sehingga dampak ekonomi bisa muncul dan tentu saja rakyat tidak menunggu lama,” imbuhnya.

Baca Juga :  Morbidelli Sukses Rebut Pole posisi, Mir Start Ke Berapa?

Diketahui, Jokowi baru saja meluncurkan tiga bansos yang akan diberikan sepanjang 2021. Bansos itu terdiri dari program keluarga harapan (PKH), kartu sembako, dan bantuan sosial tunai (BST).

Rinciannya, bantuan PKH akan diberikan untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM), kartu sembako diberikan untuk 18,8 juta KPM, dan BST diberikan untuk 10 juta KPM. Anggaran untuk PKH ditetapkan sebesar Rp28,7 triliun, kartu sembako Rp45,12 triliun, dan BST Rp12 triliun.

sc cnnindonesia

  • Bagikan