Bansos Cair Bulan Ini, Berikut 5 Faktanya

  • Bagikan
88d02aef images 59

JAKARTA – Pemerintah memastikan akan kembali menyalurkan bantuan sosial pada tahun ini. Penyaluran bansos ini dilakukan untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak dari pandemi covid-19.

Ada beberapa bansos yang akan cair dan langsung diberikan tunai ke penerima. Nantinya, bansos itu akan dicairkan pada awal Januari 2021.

Ada sejumlah fakta menarik dari penyaluran bansos di tahun 2021 ini. Berikut beberapa fakta menarik dari penyaluran bansos di 2021 yang melansir Okezone, Senin (4/1/2021).

1. Bansos Sembako Jadi BLT Diantar Langsung ke Penerima

Baca Juga :  Junho 2PM Selesai wajib militer, segera "comeback" grup?

Pemerintah mengubah bantuan sosial (bansos) untuk warga Jabodetabek dari sembako menjadi uang tunai sebesar Rp300.000 perbulan. Bantuan khusus penanganan Covid-19 ini akan diberikan mulai Januari hingga April 2021 dan akan disalurkan lewat PT Pos ke rumah penerima.

“Untuk wilayah Jabodetabek yang tahun ini menggunakan skema sembako, akan diubah menjadi bantuan langsung tunai yang nanti akan diantar oleh tenaga dari PT Pos ke rumah, jadi enggak perlu datang ke kantor pos, takut kerumunan,” ucap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Baca Juga :  Anies: Jangan Harap PSBB Selesai 2 Pekan

2. Cair Awal Januari 2021

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan meneruskan tiga program bansos, yakni Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Tunai (BST). Nantinya, ketiga bansos tersebut akan dicairkan pada awal Januari 2021.

“Sesuai dengan instruksi Bapak Presiden, minggu pertama bulan Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat (KPM),” kata Risma dalam keterangan tertulis.

  • Bagikan
Positive SSL