Surat Ini yang Membuat Nabi Muhammad SAW Menangis

  • Bagikan
246ef225 images 55

Islami Surat keempat dalam Al-Qur’an adalah Surat An-Nisa setelah Al-Fatihah, Al-Baqarah dan Ali Imran. Surat ini terdiri dari 176 ayat dan diturunkan di Madinah.

Surat ini termasuk surat yang agung karena menerangkan hukum-hukum keluarga, hak perempuan, kewajiban manusia dan urusan sosial kemasyarakatan.

Kandungan Surat An-Nisa:

1. Hukum keluarga. Yaitu kewajiban para waris dan pokok-pokok hukum waris. Cara mempergauli istri, hukum-hukum perkawinan dan peraturan hidup suami istri.

2. Kewajiban Manusia Terhadap Allah.

3. Dasar-dasar Pemerintahan.

Baca Juga :  Cara Melihat Konjungsi Agung Jupiter-Saturnus di RI Malam Ini

4. Siasat dan Adab Perang dalam Islam.

5. Kewajiban Berhijrah dan Mengerjakan Salat.

6. Kewajiban Berlaku Adil.

7. Pelanggaran Orang-orang Yahudi.

8. Kejelekan Syirik dan Keburukan orang Munafik

9. Pandangan Al-Qur’an terhadap Nabi Isa AS.

Keutamaan Surat An-Nisa:

1. Surat yang Membuat Rasulullah SAW Menangis.

Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Ghiyats dari Al A’masy dari Ibrahim dari ‘Abidah dari Abdullah ia berkata, “Rasulullah SAW berkata kepadaku: “Bacakan kepadaku Surat An-Nisa!” Aku katakan, “Apakah aku akan membacakan kepadamu sementara Al-Qur’an turun kepadamu?” Beliau bersabda:

Baca Juga :  Kemendikbud Beri Instruksi Tak Demo dan Perlawanan Dosen

“Aku senang untuk mendengarnya dari selainku.” Abdullah berkata, “Kemudian aku membacakan Al-Qur’an kepadanya hingga sampai pada firman-Nya: ‘(Maka bagaimanakah halnya orang kafir nanti, apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) …’ (An-Nisa: 41) Kemudian aku angkat kepalaku dan ternyata kedua mata beliau telah berurai dengan air mata.” (Hadis Sunan Abu Dawud No. 3183).

  • Bagikan
Positive SSL