Cara dan syarat Dapat Kartu Indonesia Pintar (PIP) Lengkap besaran dana manfaatnya

  • Bagikan
7d00f1dd images 46

CR — Pemerintah memiliki Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP), Ini adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak sekolah usia 6 hingga 21 tahun. 

Program tersebut dicanangkan oleh pemerintah untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin, rentan miskin, dan prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah. Baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar). 

Siapa yang berhak mendapatkan KIP?

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan, ada beberapa kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah untuk bisa mendapatkan KIP.

Baca Juga :  Realisasi Dana Desa di 6 Provinsi Cuma Rp3,16 Triliun, Kenapa?

Di antaranya:

1. Anak usia sekolah usia 6 hingga 21 tahun. 

2. Berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah.

Baca Juga :  Wacana Ilmuwan Ingin Membangun 'Kubah' Kiamat di Bulan

Cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar adalah siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orangtuanya ke lembaga pendidikan terdekat atau ke sekolah. 

Sekolah akan mendaftarkan ke dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

  • Bagikan