Mengenal Ke Lima Anak Nabi Muhammad SAW

  • Bagikan
8903febc ilustrasi 200930100052 531

IslamiNabi Muhammad menikahi Siti Khadijah ketika ia berumur 25 tahun atau 15 tahun sebelum kenabian. Khadijah merupakan yang terbaik dari semua wanita mengingat akhlaknya yang luar biasa, sopan santun, dan penghargaannya kepada Nabi SAW.

Khadijah menjalani kehidupan yang elegan dan bahagia bersama Nabi dan melahirkan empat anak perempuan dan dua laki-laki. Kedua anak laki-laki itu adalah Al-Qasim dan Abdullah, yang atas kehendak Allah, meninggal dalam usia muda.

Sedangkan untuk para gadis, mereka tinggal di rumah yang terhormat, memiliki masa kecil yang bahagia dengan ayah yang baik dan ibu yang mulia. Mereka semua menikah dengan suami yang sangat baik.

Baca Juga :  Suami Artis Nindy Ayunda Ditangkap Polisi Terkait Narkoba

Tiga anak Nabi Muhammad meninggal selama Nabi hidup. Anak keempat meninggal enam bulan setelah kematiannya. Tiga anak Rasul yang memiliki anak adalah Zaynab, Ruqayyah, dan Fatimah Az-Zahra.

1. Zaynab Al-Kubra

Dia adalah putri tertua Nabi SAW. Sebelum masuk Islam, ia menikah dengan sepupu dari pihak ibunya, yaitu Abu Al-‘Aas Ibn Ar-Rabee’. Setelah dinubuatkan, ia beserta ibunya Khadijah dan ketiga saudara perempuannya memeluk Islam, sementara suaminya tetap tidak beriman.

Zaynab memilih tinggal bersama suaminya di Makkah dan tidak ikut Nabi pindah ke Madinah. Abu Al-‘Aas lalu berbaris dengan Quraish ketika berperang melawan Nabi dalam Pertempuran Badar.

Baca Juga :  Cedera Panjang, Marc Marquez Akui Bersalah

Ia menjadi tawanan perang sementara Zaynab mengirim kalungnya untuk menebusnya. Kalung itu adalah hadiah dari ibunya, Khadijah, pada saat pernikahannya. Zaynab lantas hijrah ke Madinah dan tinggal bersama ayahnya pada tahun ke-6 A.H, meninggalkan sang suami.

Singkat cerita, Abu Al-Aas lolos dari tawanan perang dan bertemu lagi dengan Zaynab di Madinah. Mereka kemudian menikah setelah Abu Al-Aas memeluk Islam.

Zaynab tidak hidup lama setelah suaminya memeluk Islam. Dia meninggal pada tahun ke-8 Hijriyah dan meninggalkan seorang putri kecil bernama Umaamah.

  • Bagikan