Doa Di Akhir dan Awal Tahun dalam Islam

  • Bagikan
90b97e7a images 33

Merayakan pergantian tahun dalam Islam sebaiknya dilakukan dengan cara yang bermanfaat seperti berdoa. Berikut doa akhir tahun dan doa awal tahun baru dalam Islam.

Kyai Haji Wahyul Afif Al-Ghafiqi menjelaskan, waktu atau masa adalah ciptaan Allah SWT. Islam mengenal perhitungan waktu berdasarkan peredaran bulan dan matahari. Peredaran bulan dijadikan dasar menghitung tahun Hijriah, sedangkan peredaran matahari jadi dasar perhitungan tahun Masehi.

“Dalam Islam juga dikenal perhitungan waktu berdasarkan peredaran Matahari yang disebut dengan Syamsiyah dan peredaran Rembulan yang disebut sebagai Qomariyah,” kata Wahyul melansir CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Doa Terhindar Hisab yang Diajarkan Rasulullah SAW ke Ali

Dua jenis perhitungan waktu ini digunakan dalam Islam. Misalnya, salat wajib lima waktu dihitung berdasarkan peredaran matahari, begitu juga dengan waktu sahur dan berbuka puasa. Sedangkan perhitungan masuknya bulan Ramadan dan Hari Raya dihitung berdasarkan peredaran rembulan.

Membaca doa saat pergantian tahun dalam kalender Masehi boleh dilakukan. Berdoa bisa dilakukan pada sehari sebelum tahun baru, malam tahun baru, maupun awal tahun.

Baca Juga :  Ketika KH Ahmad Dahlan Dikafirkan Hanya Karena Mendirikan Sekolah Berkursi dan Meja

“Doa yang umum biasanya dibaca di kalangan kaum muslimin untuk akhir dan awal tahun Hijriah. Namun jika ingin membaca doa itu untuk awal dan akhir tahun Masehi/Syamsiyah, pendapat saya, isi doanya bagus dan relevan juga,” tutur Wahyul.

Doa apa saja boleh dipanjatkan saat akhir tahun dan awal tahun baru. Umat Islam disarankan untuk berdoa memohon ampunan kepada Allah, meminta perlindungan, dan juga keselamatan dunia akhirat.

Berikut doa akhir tahun 2020

  • Bagikan
Positive SSL