10 Tradisi Kuliner Tahun Baru Berbagai Penjuru Dunia

  • Bagikan
53bf0f2e abb2 4c3d 816f 2812e280b706 169

Berikut tradisi kuliner tahun baru di sejumlah negara, mengutip Taste of Home.

1. Jepang

Tepat sebelum pergantian tahun, masyarakat Jepang mengonsumsi mi soba. Toshikoshi soba diterjemahkan sebagai hidangan mi soba yang ‘melintasi tahun’. Hidangan ini memiliki banyak makna.

Mi panjang menandakan persilangan dari satu tahu ke tahun berikutnya. Mi yang mudah dipotong menandakan lepasnya penyesalan atas apa yang terjadi di tahun lalu, yang harus dilakukan sebelum memulai tahun yang baru.

2. Spanyol

Anggur menjadi buah khas tahun baru di Spanyol. Masyarakat Spanyol mengonsumsi 12 buah anggur hijau pada 12 detik sebelum pergantian tahun.

Anggur hijau dianggap membawa keberuntungan di tahun mendatang. Jika seseorang tak memakan semuanya saat lonceng pergantian tahun berbunyi, maka nasib buruk akan mengintai. Sebaliknya, jika melahapnya tepat waktu, maka nasib baik akan menanti.

Baca Juga :  Transfer BLT Pekerja Rp1,2 Juta ke Rekening Bank Swasta Butuh Waktu 5 Hari

3. Prancis

Prancis merayakan tahun baru dengan pesta yang besar. Pesta ini dikenal dengan sebutan ‘le reveillon de la Saint-Sylvestre‘.

Pesta ini dipenuhi dengan makanan tradisional termasuk foie gras, tiram, lobster, dan escargot. Sampanye menjadi minuman pilihan pendamping.

4. Italia

Bagi Italia, kacang lentil tak ubahnya koin yang melambangkan keberuntungan dan kemakmuran.

Menu tahun baru di Italia umumnya menghadirkan sajian kacang-kacangan ini demi menambah keberuntungan di tahun mendatang. Potongan daging babi kerap ditambahkan ke hidangan sup miju-miju untuk mewakili kelimpahan tanah.

Baca Juga :  Pelaku Ekshibisionisme ke Istri Isa Bajaj Ditangkap

5. Kolumbia

Pada malam terakhir di setiap tahun, masyarakat Kolumbia menaruh tiga kentang di bawah tempat tidur masing-masing. Satu kentang diantaranya dikupas, satu kentang lainnya tidak dikupas, sementara satu kentang lagi dikupas sebagian.

Ilustrasi kentangIlustrasi. Menyambut tahun baru, masyarakat Kolumbia menaruh tiga kentang di bawah kasur. (Pixabay/Maddox74)

Pada tengah malam pergantian tahun, mereka mengeluarkan kentang pertama yang mereka sentuh tanpa melihat. Jika yang disentuh adalah kentang yang dikupas, maka dipercaya akan ada masalah keuangan yang menghampiri. Sementara kentang yang sama sekali tidak dikupas menandakan keberuntungan.

6. Filipina

  • Bagikan