Video Parodi Indonesia Raya yang Menghina Ternyata Dibuat WNI

  • Bagikan
04364589 gedung pemerintahan malaysia 1 169

CR — Hasil investigasi awal Polisi Diraja Malaysia (PDRM) menyatakan video parodi lagu Indonesia Raya yang menghina negara Indonesia dibuat oleh warga negara Indonesia (WNI).

Mengutip laporan Bernama TV, Kamis (31/12/2020), informasi itu diperoleh dari interogasi polisi terhadap seorang pekerja Indonesia berusia 40-an tahun yang ditangkap di Sabah pada Senin lalu. Polisi belum merinci identitas pelaku dan masih memburu tersangka lain. 

Parodi lagu kebangsaan Indonesia itu semula muncul dalam video di YouTube berjudul “Indonesia Raya Instrumental (Parody + Lyrics)” dalam bahasa Melayu. Video tersebut telah dihapus.

Baca Juga :  5 Kado Natal Untuk Orangtua Tecinta, yang Hadirkan Senyum di Wajahnya

Video awalnya di-posting di YouTube oleh akun “MY Asean” yang menggunakan spanduk Malaysia sebagai gambar profilnya.

Video itu memutar bait lagu Indonesia Raya yang dipelesetkan, seperti “Indonesia tanah airku” menjadi “Indonesia kesusahanku“.

Kalimat lain berisi referensi sakit hati untuk Presiden Indonesia Joko Widodo. Ada juga lelucon bermusuhan atas nama bapak pendiri bangsa, Soekarno, yang pada tahun 1960-an mengumumkan “Ganyang Malaysia”.

Baca Juga :  Doa Para Nabi yang Ada di dalam Alquran

Video itu juga mengubah lambang dasar negara Indonesia dari Garuda menjadi ayam ketakutan. Selain itu ada foto seorang anak muda yang sedang kencing di spanduk Indonesia.

Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan Kedutaan Indonesia di Kuala Lumpur telah melaporkan video tersebut ke PDRM.

  • Bagikan
Positive SSL