Rekor Penjualan Home Alone Dikalahkan Film China Usai 27 Tahun

CR — Selama hampir tiga dekade, tak ada yang bisa mengalahkan rekor penjualan tiket bioskop lokal tertinggi Home Alone dengan angka mencapai US$285,7 juta. Setelah 27 tahun, satu film China, Never Say Die, berhasil memecahkan rekor itu pada 2017.

Hanya dalam waktu 16 hari, film komedi China itu berhasil meraup pendapatan hingga US$286 juta di bioskop Negeri Tirai Bambu.

Pencapaian tersebut mengguncang dunia perfilman kala itu karena pada 1990 saja, Home Alone harus menanti 12 pekan untuk menempati posisi puncak box office Amerika Utara.

Saat itu, film yang dibintangi Macaulay Culkin tersebut bertahan hampir 200 hari di bioskop, terhitung mulai November 1990 hingga Juni 1991.

Baca Juga :  Ingat! Diceraikan Suami PNS, Istri Berhak Ambil Setengah Gaji

Kantong tim Home Alone pun kian tebal setelah sekuel film itu juga sukses dengan pendapatan US$173 juta di bioskop Amerika pada 1992.

Setelah itu, sempat ada beberapa film yang nyaris menggeser posisi Home Alone, seperti Meet the Fockers dengan pendapatan US$279 juta pada 2004, juga The Hangover dengan US$277 juta tahun 2009.

Namun, belum ada yang berhasil menggulingkan Home Alone dari takhta film berpendapatan tertinggi di bioskop lokal.

Hingga akhirnya, Never Say Die memecahkan rekor itu pada 2017. Film produksi Happy Mahua Pictures ini memang dianggap punya formula pas untuk laris di pasaran, yaitu bujet rendah dan komedi cita rasa lokal.

Namun menurut Rob Cain dalam tulisannya di Forbes, pencapaian Home Alone sebenarnya tidak dapat dibandingkan langsung dengan Never Say Die. Alasan pertama, harus diperhatikan bahwa angka yang dibandingkan belum termasuk dengan inflasi.

Baca Juga :  Pendukung Desak Jokowi Evaluasi Menteri: Agar Tak Jadi Beban

“Jika kita menyesuaikan pendapat Home Alone US$285 juta di 1990 dengan inflasi, angka sebenarnya bisa mencapai US$520 juta di 2017,” tulis Cain.

Cain juga menyoroti bahwa pada 1990-an, popularitas film komedi di Amerika tertinggal jauh dari kartun-kartun yang sedang marak.

“Namun tetap saja, Never Say Die tak memerlukan waktu 200 hari seperti Home Alone untuk mencapai posisi puncak. Never Say Die hanya butuh 17 hari dengan banyak waktu tersisa untuk meningkatkan rekornya,” kata Cain pada 2017 lalu.

Cnnindonesia

Cakrawala Rafflesia