Cara Mengatasi Lupa Pola atau Sandi Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Advan Lengkap

  • Bagikan
e56cf14b images 16

Demi privasi dan keamanan, kamu pasti mengunci HP menggunakan password. Salah satu bentuk password yang bisa dipilih adalah password berupa pola.

Dengan password ini, kamu hanya perlu menghubungkan beberapa titik hingga membentuk pola tertentu. Kamu pun harus mengulang pola tersebut untuk membuka kunci HP.

Tapi, apa jadinya kalau sewaktu-waktu kamu lupa pola HP dan akhirnya HP malah terkunci? Pasti bingung banget, kan?

Tenang saja! Kami punya cara membuka pola HP yang bisa kamu lakukan dengan mudah, bahkan tanpa perlu menghilangkan data dan factory reset! Cek, yuk!

Daftar Isi

Cara Membuka Pola HP yang Lupa

HP Android yang terkunci akibat lupa pola bisa disebabkan oleh beberapa hal, misal HP sudah lama tidak dipakai, atau sengaja ada yang hack HP milikmu.

Nah, untuk mengatasi masalah yang umum ditemui para pengguna Android ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Gunakan Fitur Forgot Pattern

Cara Membuka Pola HP yang Lupa
Cara Mengatasi Lupa Pola atau Sandi Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Advan Lengkap 25

Pertama, kamu bisa menggunakan fitur Forgot Pattern yang dapat diakses setelah beberapa kali salah memasukan verifikasi keamanan saat membuka lock screen.

Di sini, kamu hanya membutuhkan HP Android dengan koneksi internet yang stabil dan akun Gmail terdaftar. Untuk langkah selengkapnya, cek di bawah ini, ya!

– Langkah 1: Kamu bisa mengakses menu Forgot Pattern setelah melakukan beberapa kali kesalahan saat hendak membuka kunci HP Android.

– Langkah 2: Selanjutnya kamu bakal diminta melakukan Sign in pada akun Gmail yang terdaftar pada smartphone Android.

– Langkah 3: Nanti kamu akan diberikan opsi penggantian password, pola, atau PIN yang dimiliki. Setelah diganti, kamu akan dibawa ke tampilan halaman muka utama.

– Langkah 4: Kamu bisa menggunakan password, pola, atau PIN baru selanjutnya. Kamu juga bisa menonaktifkan fitur keamanan ini pada menu Pengaturan smartphone.

2. Manfaatkan Find My Device

Manfaatkan Find My Device
Cara Mengatasi Lupa Pola atau Sandi Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Advan Lengkap 26

Langkah selanjutnya, kamu bisa mengakses website Find My Device melalui laptop atau komputer kamu, geng.

Caranya juga simple, kok! Bahkan, kamu juga nggak perlu menghapus data-data penting pada memori internal,.

– Langkah 1: Buka aplikasi browser di PC atau laptop, lalu kunjungi website Find My Device. Jangan lupa untuk login dengan akun Gmail yang terdaftar, ya!

– Langkah 2: Kamu bakal dihadapkan pada 3 opsi, yakni Play Sound, Secure Device, dan Erase Device. Pilih menu Secure Device dan kamu akan dibawa ke halaman pengubahan password.

c69d3385 adm1 custom bc533.jpg 1
Cara Mengatasi Lupa Pola atau Sandi Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Advan Lengkap 27

– Langkah 3: Ubah ke password baru yang bakal digunakan pada HP Android kamu nanti.

Adm2 Custom 6b6fb

– Langkah 4: Setelah selesai, HP Android kamu akan tetap terkunci, tapi kamu bisa membukanya dengan password yang baru kamu buat pada website Find My Device tadi.

3. Buat Lockscreen Crash

Cara Membuka Hp Android Yang Terkunci Crash Bd6b2

Kalau kamu masih menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android 5.0 hingga 5.1.1 alias Lollipop, kamu bisa memanfaatkan bug berupa celah keamanan dengan membuat lockscreen crash.

– Langkah 1: Buka menu Emergency Call. Selanjutnya kamu tinggal ketikkan tanda * pada dialer hingga karakter penuh dan nggak bisa ditambahkan lagi.

– Langkah 2: Berikutnya, kamu tinggal copy terlebih dulu karakter tadi. Buka akses kamera pada lock screen dan tarik notification bar untuk membuka pengaturan.

– Langkah 3: Kamu bakal tetap diminta untuk memasukan password. Tapi, kamu tinggal paste karakter tadi untuk menyebabkan lock screen crash.

– Langkah 4: Setelah itu, kamu akan langsung masuk ke tampilan utama smartphone.

Kalau cara membuka pola yang lupa ini masih belum berhasil, kamu bisa mengulangnya lagi, geng.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa Lainnya…

4. Masuk ke Safe Mode Android

Cara Membuka Hp Android Yang Terkunci Safe 5c43f

Jika masalah penguncian smartphone Android berasal dari aplikasi pihak ketiga, kamu bisa menggunakan fitur Safe Mode untuk menonaktifkannya.

Cara membuka HP lupa pola ini sebenarnya berbeda-beda, tapi yang paling umum seperti di bawah ini. Cek, ya!

– Langkah 1: Mematikan HP Android dengan menekan tombol Power beberapa saat. Selanjutnya akan muncul pilihan Restart dan Power off.

– Langkah 2: Selanjutnya, kamu tinggal tap dan tahan opsi Power off hingga muncul opsi Reboot to Safe Mode. Pilih OK untuk melanjutkan proses.

– Langkah 3: HP Android akan melakukan restart dan masuk ke dalam Safe Mode.

– Langkah 4: Di sini kamu bisa uninstall aplikasi lock screen pihak ketiga dan masuk kembali ke mode normal dengan melakukan Restart.

5. Buka Pengaturan Menghapus Pola di ADB

Cara Membuka Hp Android Yang Terkunci Adb D3316

Cara mengatasi lupa pola HP ini cuma bisa dilakukan kalau kamu sudah mengaktifkan menu USB Debugging dan komputer sebelumnya sudah dihubungkan dengan HP lewat ADB.

– Langkah 1: Persiapkan HP Android dan kabel data yang siap dihubungkan ke komputer kamu. Jangan lupa masukan ke dalam direktori instalasi ADB.

– Langkah 2: Selanjutnya, kamu bisa memasukkan perintah adb shell rm /data/system/gesture.key, lalu tekan Enter.

– Langkah 3: Reboot HP dan lock screen kamu akan hilang. Segera lakukan penggantian password karena proses ini hanya berlaku sementara saja.

6. Factory Reset

Cara Membuka Hp Android Yang Terkunci Factory Cb155

Kalau cara membuka pola yang lupa tadi masih belum berhasil, kamu terpaksa melakukan factory reset untuk mengubah ke pengaturan awal dan menghilangkan lock screen.

– Langkah 1: Pertama matikan HP Android terlebih dahulu.

– Langkah 2: Selanjutnya kamu harus masuk ke dalam Recovery Mode dengan menekan tombol Power dan Volume Down bersamaan dan tahan. Cara ini bisa berbeda pada setiap HP.

– Langkah 3: Setelah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol volume untuk menggerakkan pilihan.

– Langkah 4: Pilih Wipe Data/Factory Reset, lalu tekan tombol Power. Ketika proses selesai, silahkan pilih Reboot system now.

– Langkah 5: Selesai. HP akan menyala kembali seperti baru dan semua pengaturan kembali seperti semula.

Berikut Cara Mengatasi Lupa Pola atau sandi berdasarkan merek handphone

Cara Membuka Pola HP Samsung

Cara Membuka Pola HP Samsung
Cara Mengatasi Lupa Pola atau Sandi Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Advan Lengkap 28

Membuka Pola HP Samsung

Ada banyak jalan untuk membuka pola HP Samsung yang lupa, sementara kami telah merangkum beberapa metode yang dapat digunakan saat kamu lupa password pola kunci layar Samsung. Apa saja metode tersebut? Simak beragam cara membuka kunci pola HP Samsung berikut ini.

1. Gunakan Samsung Find My Mobile

Bukankan fitur find my mobile dapat digunakan untuk melacak handphone Samsung yang hilang? Memang benar, tapi pada kenyataannya tak hanya itu saja fungsinya. Samsung Find My Mobile juga dapat dipakai untuk membuka pola HP Samsung yang lupa. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Simak panduan lengkap berikut ini:

  • Buka browser di laptop kamu, atau jika kamu punya lebih dari satu smartphone maka bisa buka browser di smartphonemu yang lain.
  • Kunjungi website Find My Mobile di alamat https://findmymobile.samsung.com.
  • Klik tombol Sign in. Kemudian masuklah menggunakan akun Samsung kamu yang terhubung di HP Samsung yang lupa kunci pola.
  • Saat sukses login/masuk ke web Find My Mobile, nama smartphone kamu akan ditampilkan dibagian kiri. Jika kamu punya lebih dari satu smartphone Samsung, maka ada beberapa nama dan tipe smartphone yang ditampilkan.
  • Langsung saja klik pilihan Unlock my screen.
  • Setelahnya akan langsung tampil notif bahwa HP Samsung kamu telah berhasil dibuka.
  • Step akhir, cek ponsel Samsung kamu maka sudah tidak ada kunci pola lagi yang mengunci layar smartphone Samsung-mu.

2. Gunakan Hard Reset

Sebenarnya, metode ini sangat tidak dianjurkan karena akan menghilangkan semua data dan pengaturanmu ke setelan pabrik. Cukup sedikit rumit juga untuk melakukannya, dan resikonya semua data, file gallery, dan kontak yang tersimpan di memori telepon akan hilang. Jika kamu siap menerima resikonya, maka langsung saja simak dan praktekkan panduan mudahnya berikut ini.

  • Matikan HP Samsung kamu yang lupa kunci pola.
  • Setelah dipastikan dalam keadaan mati, langsung tekan tombol Power + Home + Volume Atas dalam waktu bersamaan. Tekan dan tahan ketiga tombol tersebut hingga muncul logo Samsung.
  • Tunggu beberapa saat maka akan muncul beberapa opsi hard reset.
  • Pilih saja opsi Wipe data/factory reset. Jika bingung cara memilihnya, kamu bisa gunakan tombol volume up dan volume down untuk menggulir opsi. Dan gunakan tombol Power untuk memilihnya.
  • Setelahnya, pilih Yes – delete all user data untuk memulai hard reset di HP Samsung kamu.
  • Tunggu proses hingga selesai, biasanya proses ini membutuhkan waktu beberapa menit.
  • Setelah proses selesai, langsung saja Reboot atau Restart ponsel Samsung kamu.
  • Selesai. Sekarang HP Samsung kamu sudah tidak terkunci lagi.

3. Gunakan Android Device Manager

Metode selanjutnya, kita juga dapat memanfaatkan layanan android device manager untuk membuka pola HP Samsung yang lupa. Caranya, kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Siapkan komputer/laptop kamu, jika tidak punya kamu juga bisa meminjam android teman/keluarga kamu sebentar.
  • Lalu, langsung saja buka browser di perangkatmu tadi. Disarankan buka Google Chrome untuk akses internet cepat.
  • Kunjungi situs Android Device Manager (klik disini).
  • Login/masuklah menggunakan akun Google yang terhubung ke androidmu yang telah lupa pola HP.
  • Setelah Login, kamu akan diberikan 3 opsi yakni Deringkan, Kunci, dan Hapus.
  • Pilih saja opsi Kunci atau jika dalam bahasa inggris berarti Lock.
  • Setelahnya kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi yang baru.
  • Next, konfirmasikan kata sandi barumu. Dilanjutkan dengan klik Kunci.
  • Tunggu beberapa menit dan coba masukkan kata sandi terbaru kamu.
  • Dan, yuppss HP androidmu telah berhasil dibuka.

4. Gunakan Android Debug Bridge (ADB)

Untuk membuka kunci pola HP Samsung yang lupa bisa juga dilakukan menggunakan layanan ADB. Simak panduan mudah melakukannya berikut ini.

  • Siapkan android beserta kabel data USB yang akan digunakn untuk menghubungkan ke komputer.
  • Sambungkan android kamu ke komputer menggunakan kabel USB, jangan lupa masuk ke dalam direktori instalasi ADB.
  • Selanjutnya, buka perintah Command Prompt/CMD di komputer. Tekan Windows dan R lalu ketik cmd. Atau bisa klik Start – CMD.
  • Saat perintah CMD/Command Prompt muncul, ketikkan perintah adb shell rm /data/system/gesture.key langsung tekan Enter di keyboard.
  • Lalu, Reboot atau Restart ponsel androidmu. Maka pola kunci layar hp telah hilang.
Baca Juga :  Bocoran Tampilan Windows 11 Bertebaran di Internet, Hadir Pada Tanggal 24 Juni 2021?

5. Pinjam Smartphone Teman

Metode terakhir, kami berikan cara yang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Cara membuka pola kunci HP Samsung yang lupa bisa digunakan dengan bantuan smartphone lain milik sendiri atau pinjaman ke teman/keluarga. Simak langkahnya berikut ini.

  • Pinjamlah smartphone android teman/keluargamu.
  • Lakukan panggilan dari android teman/keluarga ke android kamu yang telah terkunci .
  • Terimalah panggilan yang masuk langsung tekan tombol Home screen.
  • Masukah ke menu Pengaturan, pilih dan nonaktifkan fitur Kunci Pola.
  • Selesai.

cara reset lupa pola atau sandi hp oppo

1. membuka pola HP Oppo menggunakan metode lupa password

  • pertama aktifkan data atau sinyal internet nya atau sambungkan ke wifi melalui tombol pintas yang ada di bilah notifikasi
  • kedua klik Forgot Password/pattern atau lupa password jika belum muncul silahkan pilih sembarang pola sampai 5 kali
  • ketiga anda akan diminta masuk mengunakan akun Google yang terhubung dengan HP Oppo (biasanya saat anda pertama kali daftar android/playstore)
  • keempat jika akun gmailnya sama dan berhail masuk Pola HP Oppo yang terkunci akan bisa terbuka lagi silahkan ubah pola atau password

2. membuka pola HP Oppo Menggunakan Android Device Manager

  • pertama Buka Web ketik di pencarian Android Device Manager melalui perangkat komputer atau hp lain
  • kedua masih mengunakan akun google silahkan login akun gmail yang terhubung dengan hp opponya
  • ketiga setelah terhubung dengan hp yang sama dengan akun pilih perangkat yang terkunci dan pilih ” Lock “
  • keempat akan muncul halaman window ” New Lock Screen ” buat atau masukan password + kata sandi terbaru dan klik ” Lock “
  • kelima jika sukses, muncul konfirmasi di bawah tombol seperti Ring, Lock dan Erase
  • keenam restat hp atau matikan hp dan hidupkan lagi silahkan masukan password terbaru

3. membuka pola HP Oppo Menggunakan Login Google

  • pertama langsung Masukan Pola/PIN/Kata Sandi secara acak sebanyak 5 kali hingga muncul opsi Forgot Pattern/PIN
  • kedua masuk menggunakan akun Google yang terpasang di hp
  • ketiga Backup PIN untuk membukanya
  • keempat jika sudah masuk Jika berhasil masuk , silahkan hapus Pola, PIN atau kata sandi

4. Membuka Pola HP Oppo Menggunakan Metode Panggilan Telepon

  • pertama panggil nomor hp kita dengan hp teman atau hp lainnya
  • kedua segera tekan lupa password saat panggilan masuk, tekan tombol Home > Settings. Kemudian aktifkan koneksi data internetnya.
  • ketiga silahakan masuk menggunakan akun Google seperti cara diatas.
  • selesai

5. Membuka Pola HP Oppo Menggunakan Find My Mobile

lupa pola hp oppo find my device
  • pertama login akun google yang sama dengan akun hp
  • kedua ketik di google Find My Mobile atau https://www.google.com/android/find?hl=id
  • ketiga akan terlihat akun hp kita ini biasanya untuk melacak posisi hp, anda bisa melakukan panggilan atau sms
  • keempat pilih ” Unlock My Screen ” dan nanti akan muncul notifikasi jika HP oppo anda telah berhasil di buka

6. Cara Membuka Pola HP Oppo Menggunakan Metode Recovery Reset

  • pertama matikan hp oppo
  • kedua tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan
  • ketiga HP Oppo akan masuk ke menu recovery mode.
  • keempat Pilih factory data reset, kemudian pilih “Delete All User”

selesai hp seperti sedia kala namun cara ini akan menghapus semua data yang ada

Cara Membuka Lupa Pola HP Xiaomi Atau Layar Terkunci

552cb9e0 cara membuka pola hp xiaomi yang lupa atau layar terkunci
Cara Mengatasi Lupa Pola atau Sandi Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Advan Lengkap 29

1. Gunakan Layanan Lupa Password

Cara membuka pola hp Xiaomi yang pertama adalah dengan menggunakan layanan lupa password. Cara ini memang yang paling mudah dilakukan bagi para pemula untuk bisa membuka HP Xiaomi kembali.

Adapun cara membuka kata sandi/password hp Xiaomi yang lupa atau layar terkunci dengan menggunakan fitur “Lupa Pola” atau “Forgot Password” adalah sebagai berikut:

Buat pola sembarangan secara acak sebanyak 5 kali

  • Untuk memunculkan link tautan ke fitur Lupa Password ialah kamu mesti menggunakan pola yang salah sebanyak 5 kali secara beruntun, atau hingga sampai membuat layar terkunci.
  • Setelah percobaan membuka pola di hp Xiaomi dilakukan sebanyak 5 kali dan gagal, maka kamu perlu menunggu sampa 186 detik untuk mencobanya kembali.
  • Dalam hal ini, artinya telepon kamu sudah terkunci.

Ketuk pilihan “Lupa Sandi”

  • Saat hp Xiaomi sudah dalam terkunci, silahkan pilih opsi Lupa Sandi.
  • Letaknya persis di sebelah kanan-bawah layar hp Xiaomi kamu.
  • Kamu akan diarahkan untuk masuk kedalam akun Xiaomi kamu.

Login dengan akun Xiaomi

  • Silahkan login dengan akun Google atau Gmail yang sebelumnya pernah digunakan untuk login ke perangkat Xiaomi kamu tersebut.
  • Pastikan hp Xiaomi tersebut terhubung dengan internet.
  • Apabila proses login berhasil, maka kamu dapat mengganti password dan mendapatkan kembali pola atau kata sandi untuk membuka hp kamu yang terkunci atau lupa password.

Pilihan lain, lakukan Facrory Reset

  • Jika opsi memasukkan akun email dan passwordnya tidak muncul, kamu dapat langsung melakukan Factory Reset. Tindakan ini akan menghapus seluruh data dan pengaturan di hp Xiaomi kamu.
  • Caranya ialah, matikan hp Xiaomi terlebih dahulu. Lalu tekan dan tahan tombol Power dan tombol Volume naik secara bersamaan, sampai logo Mi terlihat.
  • Lalu pilih opsi “Hapus & Setel ulang” lalu tunggu beberapa saat hingga perangkat Xiaomi atau Redmi kamu memulai ulang.
Cara Membuka Lupa Pola HP Xiaomi Atau Layar Terkunci

2. Metode Xiaomi Cloud

Cara membuka hp Xiaomi yang terkunci selanjutnya ialah dengan metode Xiaomi Cloud atau akun Mi. Cara ini dijamin akan berhasil jika kamu bisa mengakses akun Mi di hp Xiaomi kamu tersebut.

Xiaomi Cloud atau Mi Cloud memang memiliki fitur untuk dapat mengakses foto, kontak, pesan, dan perangkat dari berbagai browser. Apabila Kamu ingin menggunakan metode yang kedua ini, maka perlu mengikuti seluruh cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Membuka Pola HP Xiaomi Yang Lupa Atau Layar Terkunci
  • Aktifkan fitur Find Device yang tersedia di akun Mi Cloud Kamu dengan jalan mengunjungi halaman website https://i.mi.com.
  • Kamu bisa Sign in melalui HP maupun komputer dan tampilan dari website tersebut bisa dilihat berikut.
  • Klik Find Device dan pilih menu Reset Password.
  • Lakukan pengaturan ulang terhadap password baru agar Kamu bisa masuk ke dalam HP Xiaomi kembali.

3. Datang ke Service Center

Kamu sudah mencoba beberapa cara yang sudah dijelaskan dalam pembahasan ini, tetapi masih belum dapat membuka HP Xiaomi Kamu lagi. Saatnya Kamu pergi ke bagian service center Xiaomi.

Di sana Kamu akan bisa dibantu untuk membuka HP Kamu yang kelupaan pola sandinya. Proses ini tidak sampai berhari-hari dan bisa selesai saat itu juga. Jadi Kamu bisa menunggu di sana sampai HP Kamu benar-benar bisa diakses kembali.

4. Memakai Metode ADB (Android Debug Bridge)

Kamu yang memiliki sedikit pengetahuan dan skill tentang CMD bisa menggunakan ADB untuk membuka HP. Cara yang satu ini mengharuskan Kamu untuk mematikan smartphone dahulu. Bagaimana setiap langkahnya, dapat Kamu simak di sini.

  • Matikan smartphone Xiaomi Kamu.
  • Tekan tombol power dan volume bawah agak lama, sehingga Kamu akan dialihkan menuju ke mode fastboot.
  • Kamu perlu menyambungkan HP ke laptop maupun komputer dengan menggunakan kabel data. Pastikan Kamu menggunakan kabel data bawaan HP Xiaomi Kamu untuk mempercepat pembacaan perangkat smartphone Kamu.
  • Kamu akan langsung masuk ke dalam menu CMD dan bisa langsung mengetikkan dengan perintah adb shel rm /data/systemgesture.key serta tekan Enter.
  • Sisanya Kamu hanya perlu reboot HP Xiaomi dan layar akan otomatis terbuka.

5. Pakai Metode ADM (Android Device Manager)

Metode berikutnya yang bisa dipakai untuk membuka kembali HP Xiaomi yang terkunci atau lupa password adalah menggunakan Android Device Manager. Bagaimana caranya? Kamu akan dapat mengetahui seluruhnya dengan menyimak seluruh langkah yang akan dijelaskan berikut.

  • Buka Android Device Manager yang ada dalam smartphone lain maupun melalui PC Kamu. Kamu bisa saja coba meminjam smartphone keluarga atau teman saat tidak bisa menggunakan PC.
  • Kamu yang sudah membuka situs Android Device Manager akan mendapati tampilan layar berubah menjadi gambar maps. Fitur ini dapat dipakai dalam mencari posisi HP Kamu juga.
  • Login menggunakan email yang didaftarkan untuk membuat akun Mi juga.
  • Jika sudah berhasil masuk dalam akun tersebut, maka Kamu akan muncul nama perangkat Kamu sampai dengan keberadaan posisinya saat ini.
  • Tersedia beberapa opsi dan Kamu bisa pilih Kunci.
  • Selanjutnya, Kamu hanya perlu melakukan penggantian sandi baru dan lakukan konfirmasi terhadap sandi baru tersebut.
  • Klik tombol Kunci yang ada di pojok kanan bawah dari jendela Kunci layar baru.
  • Kamu bisa mencoba membuka HP Xiaomi dengan sandi yang baru.

6. Factory Reset HP Xiaomi Kamu

Kamu berada di lokasi yang jauh dari layanan Xiaomi Center dan tidak memiliki data penting dalam HP. Bisa saja membuka HP kembali dengan menggunakan metode factory reset hp Xiaomi dan seluruh data yang ada dalam HP Xiaomi Kamu akan direset.

Apabila Kamu benar-benar ingin menerapkan metode yang satu ini, maka Kamu perlu simak sampai selesai seluruh langkahnya di sini.

  • Matikan HP Kamu yang kelupaan password polanya.
  • Tekan tombol Power dan volume naik bersamaan, maka Kamu akan memasuki mode factory reset.
  • Kamu akan mendapati adanya beberapa pilihan dan Kamu pilih Wipe and Reset dengan menekan tombol volume untuk naik dan turun memilih opsi yang ada dan tekan tombol Power untuk OK terhadap suatu opsi.
  • Pilih menu Wipe Change dan Wipe and Reset.
  • Pilih Wipe User Data dan Kamu akan dialihkan pada menu Reboot to System untuk melakukan penghapusan seluruh data dan restart HP Kamu.
  • Ketika HP sudah menyala lagi, maka Kamu sudah bisa menggunakan HP Xiaomi Kamu seperti saat pertama kali membelinya alias tanpa adanya data apapun di dalamnya.

Untuk melakukan factory reset maupun hard reset pada hp Xiaomi, sebetulnya kamu bisa mengaksesnya dengan menggunakan kode rahasia hp Xiaomi.

Cara Membuka Pola HP Vivo Karena Terkunci Atau Lupa Kata Sandi

2b2581c3 cara buka pola hp vivo terkunci atau lupa
Cara Mengatasi Lupa Pola atau Sandi Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Advan Lengkap 30

1. Buka Pola Vivo Menggunakan Layanan Keamanan Google atau Forgot Password

Cara Membuka Pola HP Vivo Karena Terkunci Atau Lupa Kata Sandi

Kelupaan sandi pola dan sudah beberapa kali membuat suatu pola untuk membuka HP Vivo, tetapi belum berhasil. Biasanya akan muncul pertanyaan dari Google mengenai Lupa Pola.

Biasanya keterangan tersebut muncul di bawah tempat untuk membuat pola sandi. Sedangkan seluruh langkah membuka HP Vivo yang kelupaan pola sandinya bisa melihat ini.

Buka sembarang pola

  • Silahkan buka pola hp Vivo kamu dengan sembarang pola atau password (kata sandi)
  • Nah, setelah beberapa kali melakukan percobaan dan gagal dengan pola acak tadi, maka akan muncul tulisan Lupa Kata Sandi atau Forgot Password.
  • Silahkan pilih tautan tersebut untuk melanjutkan.

Menjawab keamanan Google

  • Kamu hanya perlu memberikan jawaban dengan klik pada tulisan Jawaban Pertanyaan.
  • Tap pada bagian “Jawab Keamanan Google” untuk bisa memilih menu “Buka Kunci”.
  • Pilih opsi “Ya” untuk membuat pola/sandi baru.
  • Terdapat opsi Ya dan Tidak, sehingga Ya dipilih saat Kamu perlu membuat pola sandi baru.
  • Lalu tinggal mengikuti arahan selanjutnya.

Pilih opsi reset/buka pola lewat email

  • Bila dengan opsi “Jawab Keamanan Google” tidak berhasil, kamu bisa coba reset/buka pola yang lupa di hp Vivo lewat akun email.
  • Pastikan email yang dipakai adalah email yang sudah pernah digunakan login pada perangkat ponsel tersebut.
  • Tinggal masukkan email dan password pada kolomnya.
  • Buka email dari device lainnya, lalu lihat email masuk dari Google terkait reset atau buka pola hp Vivo.
  • Nah, kamu tinggal ikuti perintah di email tersebut, dengan mengklik tautan yang diberikan.
  • Buat pola baru sesuka hati kamu.
  • Silahkan restart atau reboot hp Vivo. Selesai.

2. Metode Android Device Manager

HP Vivo juga bisa dibuka dengan menggunakan Android Device Manager saat Kamu tidak sengaja kelupaan pola sandinya.

Kamu bisa mengaksesnya melalui smartphone lain maupun komputer Kamu memakai metode yang satu ini. Terdengar sangat solutif bukan bagi Kamu yang sedang kebingungan dengan HP yang tidak bisa dibuka. Langkah-langkahnya adalah:

Baca Juga :  Petrucci Sudah Merasakan Ada yang Tidak Beres antara Dovizioso dan DallIgna

Apabila Kamu masih belum dapat membuka pola pada HP Vivo, maka Kamu perlu menggunakan cara ketiga. Langkah ketiga akan memakai ADB yang bisa dipakai untuk membuka HP Kamu.

3. Membuka HP Vivo Lupa Sandi Menggunakan ADB

Cara ketiga ini bisa Kamu pakai jika Kamu pernah melakukan aktivasi USB Debugging dan HP Vivo sudah pernah terhubung ke komputer melalui ADB.

Memang sih ini memerlukan pengetahuan tentang root. Namun Kamu yang sudah pernah menggunakan root dan install custom ROM pasti akan familiar dengan cara yang satu ini.

  • Sambungkan HP Vivo dengan komputer menggunakan kabel data.
  • Buka jendela CMD alias Command Prompt yang tersedia di dalam direktori instalasi ADB.
  • Kamu bisa mengetik atau melakukan copy-paste terhadap perintah “adb shell rm /data/system/gesture.key” tanpa tanda kutip.
  • Tekan Enter pada keyboard komputer Kamu.
  • Bagian sandi di lockscreen HP Vivo Kamu sudah tidak terkunci sementara. Apabila Kamu melakukan reboot kembali pada HP, maka akan menyebabkan HP terkunci kembali. Kamu perlu menentukan sandi baru sebelum reboot ulang berikutnya.

4. Metode Android Tools and Drivers

Ada cara lain yang bisa Kamu pakai untuk dapat membuka kembali HP Vivo Kamu yang kelupaan sandinya. Melakukan metode yang satu ini memerlukan perangkat lain, baik komputer maupun HP lain.

Pastikan Kamu sudah memasukkan Vivo ke dalam menu reboot. Sisanya Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang akan dijelaskan berikut.

  • Download dan install aplikasi Android Tools and Drivers pada perangkat lain, seperti PC atau HP lain.
  • Bagian driver akan memberikan jalan pintas dengan meletakkan di desktop PC.
  • Apabila hal tersebut tidak terjadi, maka Kamu bisa membuka file dengan nama Android_ToolDrivers/Android Multi tool/Android Multi Tools v1.02b gsmforum yang terletak di dalam folder aplikasi yang baru saja Kamu download.
  • Klik dua kali untuk menjalankan perintah Run yang muncul melalui pop-up.
  • Selanjutnya Kamu akan beralih ke CMD atau Command Prompt.
  • Sambungkan HP Vivo ke PC.
  • Apabila Kamu tertarik melakukan pengaturan ulang terhadap pola maupun password, maka bisa pilih nomor 2 maupun 3 dan tekan Enter.

5. Hubungi Layanan Pelanggan Vivo

Sudah tidak ingin repot-repot mencoba seluruh cara yang diberikan dalam tips ini, karena sangat sibuk. Kamu bisa saja mencoba mengontak layanan pelanggan Vivo untuk melakukan reset sandi.

Kamu bisa melakukannya melalui website maupun layanan hotline. Kamu bisa melihat informasi tersebut dengan menggunakan HP teman maupun keluarga.

6. Cara Buka Pola Vivo dengan Factory Reset

Cara terakhir yang bisa Kamu lakukan sendiri untuk bisa membuka HP Vivo kembali adalah menggunakan factory reset. Kekurangan dari cara ini yakni menghapus semua data yang ada dalam HP. Termasuk pengaturan dan aplikasi yang ada di hp Vivo kamu tersebut.

Beberapa langkah untuk melakukan factory reset dalam membuka pola hp Vivo yang lupa atau terkunci adalah sebagai berikut.

Cara pertama:

  • Pencet tombol power untuk mematikan HP Vivo Kamu.
  • Tekan dan tahan agak lama pada tombol volume bawah + Power secara bersamaan.
  • Kamu akan dibawa ke tampilan mode reboot dan sisanya kamu hanya perlu pilih Hapus Data atau Factory Reset.
  • Pilih menu yang ada pada mode reboot dengan menggunakan tombol volume.
  • Tekan Power untuk OK dan pilih opsi Yes.
  • Tekan tombol Power untuk pilih opsi Yes dan pilih opsi reboot system now.
  • Kamu sudah dapat membuka kembali HP Vivo Kamu yang kelupaan sandinya.

Cara kedua:

  • Matikan hp Vivo kamu dengan menekan lama tombol power
  • Setelah itu tahan dan tekan tombol volume atas + tombol power secara bersamaan. Atau bisa juga dengan tekan lama pada tombol volume bawah + tombol power.
  • Tekan dan tahan hingga kamu melihat logo Android tampil di layar.
  • Maka kamu akan melihat menu Rocovery.
  • Pada langkah ini, silahkan menyesuaikan dengan bahasa Inggris, untuk memilih menu yang ada kamu perlu menggunakan tombol volume atas-bawah, dan tombol power untuk mengkonfirmasi.
  • Pada opsi yang ditampilkan, pilih Wipe Data
  • Lalu pilih kembali opsi Wipe Data, pilih menggunakan volime bawah, lalu konfirmasi dengan menekan tombol Power.
  • Pilih opsti Confirm.
  • Balik lagi ke menu awal, dengan menekan tombol Back, lalu pilih Reboot.
  • Nah, silahkan pilih opsi Reboot to System or Reboot system now.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses reboot selesai, dan smartphone Vivo kamu sudah direset kembali ke pengaturan pabrik.
Cara Membuka Pola HP Vivo Karena Terkunci Atau Lupa Kata Sandi

Sekarang, kamu tinggal mengatur kembali berbagai pengaturan pada hp Vivo kamu, termasuk untuk mengatur kembali pola atau kunci layar hp Vivo yang sebelumnya lupa atau terkunci.

Cara reset hp Advan lupa pola

Reset hp Advan dengan Android Device Manager

Anda bisa membuka kembali hp Advan Anda yang kelupaan pola sandinya dengan cara menggunakan alat dari Google.

Alat tersebut merupakan Android Device Manager. Akan tetapi untuk membuka atau menggunakan aplikasi ini, Anda membutuhkan device lain seperti laptop atau hp.

Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan.

  • Jika Anda menggunakan laptop atau PC, maka yang Anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi browser dengan alamat Android Find Location.
  • Kemudian login pada web tersebut menggunakan email. Pastikan juga email yang Anda gunakan adalah email yang sama dari hp Advan tersebut.
  • Selanjutnya tunggu hingga web tersebut mendeteksi nama dan juga lokasi dari hp Advan. Setelah itu akan ada tiga pilihan yang bisa Anda gunakan.
  • Jika sudah terdeteksi dengan benar nama serta lokasi dari hp tersebut selanjutnya pilih Lock atau Secure Device. Kemudian akan ada halaman dimana Anda bisa membuat sandi baru dan terakhir pilih tombol Lock
  • Setelah itu Anda sudah bisa membuka hp Advan Anda yang tadinya tidak bisa dibuka karena Anda lupa dengan kata sandinya.

Cara factory reset hp Advan

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan cara factory reset hp Advan. Pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan ponsel tersebut.

Akan lebih baik jika isi baterainya masih sekitar 50% lebih agar hp tidak mati ketika masih diproses.

Kemudian tekan tombol Volume bagian atas dan tombol Power secara bersamaan. Tunggu hingga logo Advan keluar pada layar dan lepaskan kedua tombol tersebut dan tunggu hingga hp masuk dalam mode Recovery.

Pada halaman tersebut akan ada pilihan seperti Factory Reset atau Wipe Data

dan pilih Yes. Tunggu proses tersebut hingga selesai dan gunakan opsi Reboot System Now yang bertujuan untuk memulai ulang sistemnya.

Tunggu hingga layarnya menyala seperti biasa dan layar pada hp Anda tidak akan terkunci lagi.

Akan tetapi salah satu kekurangan dari cara ini adalah Anda akan kehilangan semua data kecuali data tersebut Anda simpan di penyimpanan eksternal atau kartu memori.

Data yang bisa hilang biasanya seperti kontak, foto, video, data akun, data aplikasi dan lainnya.

Cara forgot password

Cara reset membuka hp Advan yang terakhir adalah dengan menggunakan hp itu sendiri tanpa bantuan aplikasi lainnya.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah masukan sandi atau pola secara acak. Jika memang Anda lupa atau salah maka akan ada konfirmasi yang menyatakan sandi tersebut salah.

Kemudian akan ada pilihan lupa password atau lupa pola dan pilih lupa password dimana Anda akan diminta untuk memasukkan akun Google atau Gmail yang tersambung.

Jika memang benar maka Anda akan diminta untuk membuat kata sandi yang baru untuk membuka layar hp Advan Anda.

Cara Lainnya

6 Cara Membuka Smartphone Terkunci Karena Lupa Pola atau PIN

Cara Pertama Lupa Pola dengan Forgotten Password

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika lupa pola atau sandi adalah dengan menggunakan fitur forgotten password. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan penggantian password atau pola yang Anda gunakan sebelumnya dengan pola atau password baru tanpa harus mereset ponsel Anda.

Untuk menggunakan fitur forgotten password, Anda diharuskan melakukan beberapa kali kesalahan memasukan pola atau sandi. Ketika Anda melakukan kesalahan dalam memasukan pola atau sandi, layar ponsel Anda akan memberitahu kalau Anda salah memasukan pola atau sandi. Setelah itu, fitur forgotten password akan muncul.

Menggunakan fitur forgotten password, Anda tidak diharuskan melakukan reset ponsel Anda. Yang harus Anda persiapkan hanyalah ponsel Anda dan koneksi internet yang stabil. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur forgotten password.

  • Ketika notifikasi pola salah muncul, pilih opsi “Forgotten Password”.
cara mengatasi lupa sandi dan pola android 1
  • Setelah itu, Anda diharuskan memasukan akun Gmail dan kata sandi yang telah digunakan di ponsel Anda sebelumnya. Untuk bagian ini, usahakan Anda tidak lupa karena jika lupa, maka proses pemulihan pola atau sandi akan gagal dengan fitur forgotten password.
cara mengatasi lupa sandi dan pola android 2
  • Setelah berhasil memasukan akun Gmail beserta sandinya, akan ada jendela baru yang memuat pilihan untuk mengubah pola, sandi atau PIN. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman utama ponsel.
  • Anda bisa melakukan penggantian pola, sandi atau PIN yang lebih mudah ataupun menghapusnya.

Cara Kedua dengan Android Device Manager

Cara berikutnya adalah dengan mengunakan Android Device Manager. Cara ini terbilang cukup mudah dan praktis. Yang perlu Anda siapkan adalah berupa ponsel Anda, koneksi internet yang stabil dan sebuah komputer atau laptop. Menggunakan Android Device Manager tidak mengharuskan Anda mereset ponsel Anda jadi data penting tetap aman terjaga. Berikut cara menggunakan Android Device Manager.

  • Melalui laptop atau komputer, kunjungi situs Android Device Manager. Situs tersebut akan meminta Anda untuk log in. Pastikan Anda melakukan log in menggunakan akun Gmail yang sama dengan akun di ponsel Anda.
  • Setelah proses log in berhasil, Anda akan mendapati halaman berupa sebuah peta yang memuat lokasi ponsel Anda saat ini.
  • Di halaman tersebut juga memuat tiga opsi yang bisa Anda pilih, yaitu Ring, Erase dan Lock. Untuk mengatasi lupa pola atau sandi, Anda bisa memilih opsi Lock.
cara mengatasi lupa sandi dan pola hp android_1
  • Anda akan dibawa ke jendela baru. Di jendela baru tersebut, Anda bisa mengubah pola atau sandi yang ada di ponsel Anda. Buatlah sandi baru untuk ponsel Anda.
cara mengatasi lupa sandi dan pola hp android_1
  • Setelah selesai, gunakan pola atau sandi yang baru saja Anda buat untuk membuka ponsel Anda yang terkunci.
  • Proses selesai. Sekarang, ponsel Anda tidak lagi terkunci.

Solusi Ketiga; Membuka Smartphone Lupa Pola dengan Menggunakan Bantuan Smartphone Orang Lain.

Cara membuka Hp lupa pola dan sandi berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan Hp orang lain. Cara ini juga termasuk mudah dan praktis. Tidak perlu menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, pinjamlah smartphone orang lain, bisa smartphone orang tua Anda, adik atau kakak Anda atau punya siapapun.
  • Lakukanlah panggilan ke smartphone Anda menggunakan smartphone tersebut.
  • Tunggu hingga proses panggilan masuk.
  • Ketika ponsel Anda berdering, angkat panggilan tersebut.
  • Pada saat proses panggilan sudah berhasil, Anda bisa menekan tombol home sehingga ponsel Anda akan masuk ke menu utama.
  • Selanjutnya, masuklah ke pengaturan dan ubahlah pola atau sandi yang lebih mudah diingat.

Solusi Lupa Pola Keempat; Melalui Reboot Safe Mode Android

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan Safe Mode pada ponsel Android. Cara ini biasanya dilakukan dalam kondisi khusus. Biasanya, ada kasus di mana sebuah ponsel Android tidak bisa dibuka pola atau sandinya disebabkan karena aplikasi pihak ketiga.

Meskipun Anda memasukan akun Gmail Anda, tetap saja ponsel Anda tidak bisa dibuka jika terdapat masalah penguncian oleh aplikasi pihak ketiga. Untuk mengatasinya, safe mode merupakan cara paling aman dibandingkan melakukan reset. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, tekan tombol power off di ponsel Anda. Biasanya, akan muncul opsi “power off” atau “restart”.
  • Setelah dua opsi di atas muncul, tekan lagi tombol power di ponsel Anda hingga opsi untuk melakukan Reboot Safe Mode muncul. Tekan tombol OK atau Yes.
cara mengatasi lupa sandi dan pola hp android_1
  • Ponsel Anda akan loading hingga restart kembali. Setelah itu, ponsel akan masuk ke menu safe mode.
  • Melalui safe mode, lakukan proses uninstal aplikasi penguncian pihak ketiga yang membuat ponsel Anda terkunci.
  • Setelah aplikasi di-uninstall, lakukan tombol restart dengan menekan tombol power beberapa saat atau pilih opsi restart.
  • Proses selesai dan ponsel Anda tidak lagi terkunci.

Solusi Kelima: Menggunakan ADB

Cara membuka HP lupa pola dan sandi berikutnya adalah dengan menggunakan ADB. Menggunakan cara ini tidak akan mereset ponsel Anda sehingga semua data Anda yang belum di-back up tidak akan hilang. Untuk menggunakan fitur ADB, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Sambungkan smartphone Anda yang terkunci dengan sebuah laptop atau komputer.
  • Selanjutnya, Anda dapat memasukan perintah untuk masuk ke dalam direktori instalasi ADB.
  • Kemudian masukan perintah adb shell rm/data/system/gesture.key. Setelah itu, tekan tombol Enter pada keyboard laptop atau komputer Anda.
  • Cabut ponsel Anda, kemudian lakukan reboot pada smartphone Anda. Tunggu hingga ponsel aktif kembali.
  • Layar terkunci akan hilang di dalam smartphone Anda. Namun, hanya sementara. Anda dapat masuk ke menu Pengaturan atau Setting untuk mengubah pola atau sandi yang baru atau menghapusnya.

Solusi Keenam: Menggunakan Recovery Mode

Langkah terakhir yang bisa Anda tempuh jika semua cara di atas tidak berhasil Anda lakukan adalah dengan menggunakan Recovery Mode. Resiko dari menggunakan Recovery Mode adalah semua data yang ada di dalam ponsel Anda akan terhapus secara permanen jika tidak di-backup di dalam sistem akun Google Anda.

Langkah ini juga membuat semua sistem dan pengaturan yang ada di dalam ponsel Anda akan hilang karena ponsel Anda di-reset secara permanen. Jika Anda diharuskan menggunakan cara ini, berikut langkah-langkahnya.

  • Matikan ponsel Anda. Setelah itu, masuk ke mode Recovery Mode. Untuk dapat masuk ke dalam Recovery Mode, setiap pabrikan ponsel memiliki cara yang berbeda-beda. Jika Anda pengguna ponsel Samsung, Anda dapat masuk ke dalam Recovery Mode dengan cara menekan Power dan Volume Down pada saat ponsel Anda dalam kondisi mati. Kemudian ponsel Anda akan nyala kembali dan masuk ke dalam Recovery Mode.
  • Setelah berhasil masuk ke Recovery Mode, pilih opsi Wipe Data/Factory Reset. Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk navigasi di dalam Recovery Mode.
Wipe Data Factory Reset
  • Setelah memilih opsi Wipe Data/Factory Reset, tekan tombol OK atau Yes menggunakan tombol Power.
  • Ponsel Anda akan direset selama proses loading. Tunggulah hingga proses selesai.
  • Setelah proses loading selesai, tekan opsi Reboot System Now.
reboot
  • Ponsel Anda akan kembali menyala dengan setelan pabrik dan pola atau sandi layar kunci pun hilang.

Semua cara membuka smartphone yang lupa pola dan sandi di atas sebagian besar bisa Anda lakukan sendiri di rumah meskipun tidak memiliki pengalaman. Yang perlu Anda perhatikan adalah terlepas dari Anda ingat pola atau sandi smartphone Anda, back-up lah semua data sesegera mungkin. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga jika suatu saat Anda lupa pola dan sandi sehingga Anda diharuskan mereset smartphone.

AG

  • Bagikan
Positive SSL