Tips Menghias Pohon Natal

  • Bagikan
7a7e4685 ilustrasi pohon natal 3 169

CR — Pohon Natal menjadi salah satu ornamen khas yang wajib ada dalam perayaan yang diperingati tiap 25 Desember. Secara umum, jenis pohon yang digunakan adalah berjenis cemara dan pinus.

Pohon Natal yang berdiri tegak di sudut rumah menjadi simbol kebanggaan dan kegembiraan pemiliknya selama masa perayaan ini. Namun nyatanya, mendekorasi pohon Natal tak semudah bayangannya.

Cara menghias pohon Natal yang bagus pun tak asal-asalan. Sebab ada banyak pernak-pernik, ornamen, dan lampu, pita, yang harus dipasang dan diseimbangkan agar tampilan pohon Natal terhias sempurna nan elegan.

Sebelum mulai menghias, Anda harus mempersiapkan alat yang tepat untuk agar proses dekorasinya cepat, aman, dan tak ada kendala.

Peralatan yang wajib ada untuk menghias pohon Natal antara lain sarung tangan katun agar kulit tak tergores saat membengkokkan cabang, dan tangga kokoh atau bangku pijakan untuk memasang ornamen di bagian atas pohon.

Jika semua alat dan persiapannya sudah tersedia, simak cara menghias pohon Natal berikut agar sesuai dengan tema yang Anda inginkan.


1. Menentukan konsep

Desainer Embran Nawawi menyelesaikan pembuatan pohon Natal berbahan kain batik Pamekasan di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (3/12/2020). Pohon Natal setinggi 3,5 meter yang disusun dari 51 lembar kain batik tersebut sebagai upaya untuk melestarikan serta mempromosikan kain batik asal Kabupaten Pamekasan sekaligus memberikan sentuhan kebudayaan Nusantara dalam perayaan Hari Natal 2020. ANTARA FOTO/Moch Asim/aww.Foto: ANTARA FOTO/MOCH ASIM
Ilustrasi. Cara menghias pohon Natal yang bagus dengan menentukan konsep terlebih dahulu

Mengetahui konsep yang akan dipilih ini akan menentukan langkah Anda selanjutnya dalam menggunakan ornamen dan hiasan lainnya untuk pohon Natal.

Misalnya Anda ingin menggunakan konsep Natal dengan kilau warna emas, maka pernak-pernik yang dipilih berwarna keemasan, cokelat, oranye, atau warna lain yang segradasi.

Jika ingin mengusung white Christmas, maka Anda bisa menggabungkan ornamen silver dan putih serta dikombinasikan dengan lampu sinar putih atau warm white agar warnanya senada.

Tema lain yang bisa dipertimbangkan untuk nuansa pohon Natal yang elegan adalah rustic Christmas yang mengekspos warna cokelat, abu-abu, krem, dan putih.

Kemudian konsep Natal tradisional dengan menonjolkan kombinasi hijau, merah, dan emas. Blue Christmas dengan konsep pohon dan ornamen biru-putih. Selanjutnya, tema modern atau glamor sesuai preferensi masing-masing.


2. Bentuk dan pisahkan cabang-cabang pohon

ilustrasi pohon natalFoto: iStockphoto/Iuliia Zavalishina
ilustrasi. Cara menghias pohon Natal yang bagus dengan menghaluskan cabang-cabang pohon

Menghaluskan cabang pohon membuat kesan pohon Natal Anda terlihat lebih penuh dan alami.

Mengutip House Beautiful, sebelum mulai menghias, langkah ini tak boleh terlewat karena pohon pasti kehilangan bentuknya aslinya usai disimpan dalam kotak selama nyaris setahun.

Baca Juga :  Gejala Covid Varian Kappa, Mirip Campak

Meski pekerjaan ini sangat memakan waktu, tetapi percayalah hasil akhirnya akan membuat pohon tampak rimbun, hidup, dan lebih alami. 

Anda bisa pisahkan setiap dahan sehingga cabang-cabangnya menyebar. Tujuannya untuk menutupi area atau sela-sela kosong pada pohon yang tentunya sangat dihindari.

Jangan ragu untuk membengkokkan cabang untuk mengisi atau menutup celah yang tampak kosong.

Semewah-mewahnya hiasan pohon Natal Anda, jika pohon tidak dibentuk dengan tepat akan membuat tampilannya kurang menarik.


3. Pasang lampu

Hal pertama dan terpenting yang perlu Anda lakukan saat mendekorasi pohon Natal adalah memasangkan lampu terlebih dahulu. Akan lebih sulit jika Anda menaruh lampu setelah dekorasi seperti pernak-pernik dan karangan bunga.

Balsam Hill menyarankan agar Anda memulai dengan serangkaian lampu dengan steker. Kemudian lilit di sekitar batang pohon Natal dari tengah pangkal pohon, terus mengarah ke atas.

Lanjutkan ikat lampu secara merata di sekitar cabang dari dasar atau pangkal batang dan lanjutkan ke atas.

Tips lainnya, pilih warna kabel yang sesuai atau mirip dengan pohon Anda agar tak terkesan berantakan.


4. Pilih dekorasi yang tepat

ilustrasi pohon natalFoto: iStockphoto/Maryna Andriichenko
ilustrasi. Cara menghias pohon Natal yang bagus dengan memilih dekorasi yang tepat

Berdasarkan tema yang telah ditentukan, Anda bisa memilih jenis, warna, dan bentuk dari hiasan pohon, pita, atau dekorasi lainnya yang sesuai dengan tema. Dekorasi harus sesuai karena akan disatukan menjadi tampilan utuh pohon Anda.

Saat ini sudah tersedia banyak pilihan hiasan dalam satu set yang mencakup berbagai bentuk, ukuran, bahkan aksen dan desain.

Anda juga bisa mengombinasikan hiasan baru itu dengan sedikit pernak-pernik tradisional yang dimiliki seperti miniatur lonceng, kaus kaki, atau santa.


5. Pisahkan ornamen sesuai kategori

Cara menghias pohon natal yang bagus selanjutnya adalah memilih ornamen. Konsultan desain Balsam Hill Brad Schmidt menyarankan untuk mengelompokkan pernak-pernik sesuai dengan ukurannya.

Setidaknya dengan membagi ke dalam 3 bagian–besar, sedang, kecil–dapat memberi kesan rapi dan menambah daya tarik visual pohon Natal.
Anda juga bisa mengelompokkannya berdasarkan potongan atau bentuk maupun warna yang sama.

Agar lebih mudah, gelar semuanya di atas lantai agar Anda bisa leluasa melihatnya. Kemudian sortir menyortir ornamen berdasarkan kategori serupa. Dengan demikian, tugas Anda lebih efisien dan tak ada pernak-pernik yang tertinggal.

Setelah dikelompokkan, Anda bisa mulai menggantung pernak-pernik dari yang ukuran paling besar di sebelah dalam pohon, sementara semakin ke ujung cabang, pilih ornamen yang semakin kecil untuk menyeimbangkan tampilan.

Baca Juga :  LAPAN Duga Asteroid Jatuh di Bali

Berdasarkan rekomendasi, idealnya untuk pohon natal setinggi 2,2 meter (7,5 kaki) dipasangi sebanyak 80 buah pernak-pernik.


6. Lengkapi hiasan putik

ilustrasi pohon natalFoto: iStockphoto/mediaphotos
ilustrasi. Cara menghias pohon Natal yang bagus dengan hiasan putik

Hiasan putik ini banyak tersedia dalam berbagai bentuk, seperti dahan ranting, hiasan ceri-cerian, bola-bola kecil, atau bunga, atau pinus yang bisa dimanfaatkan untuk melengkapi kesempurnaan tampilan pohon.

Cara memasangnya mirip seperti ornamen sebelumnya, dengan mengelompokkan putik sejenis.

Warnanya yang mencolok sangat cocok untuk menambahkan aksen warna yang pohon yang lebih hidup. Tidak hanya untuk pohon Natal, hiasan ini bisa ditaruh di bumban karangan bunga Natal (Christmas wreath).

Pastikan Anda memilih putik dengan batang kawat fleksibel yang bisa ditekuk dan tak mudah patah untuk memudahkan pemasangan.


7. Tambahkan pita

Beberapa orang suka menambahkan pita dan menaruhnya di awal. Namun, menaruhnya di urutan terakhir dapat menjadi salah satu trik untuk menyiasati lubang atau celah yang sulit tertutup ranting pohon maupun dekorasi lainnya.

Saat melilitkan pita, terapkan juga metode segitiga dan pastikan jarak kelebarannya sama agar penempatannya merata dan terlihat seimbang.

Ahli sangat menyarankan untuk melapisi pohon Natal dengan pita dekoratif karena dapat memberi nuansa yang baru.

Anda dapat menggunakan satu jenis pita atau sepasang pita dengan tekstur atau warna kontras. Bisa juga dengan dua ukuran lebar yang berbeda untuk meningkatkan estetika.

Brad Schmidt merekomendasikan penggunaan pita dengan pinggiran kawat karena pita tersebut lebih mudah diatur dan tak mudah lepas ketika sudah disimpul ketimbang pita kain biasa.


8. Pilih hiasan puncak pohon

Puncak pohon Natal ini sangat penting untuk menarik adalah cara yang bagus untuk melengkapi tampilan desainer pohon Anda.

Ketika memilih hiasan atas atau topper ini, pastikan untuk menyesuaikan dengan tema dan ukuran pohon serta ketinggian langit-langit rumah.

Untuk memberi nuansa lain yang tak membosankan seperti bintang emas, Anda dapat menggunakan alternatif pita besar yang dikreasikan sendiri.


9. Seimbangkan dekorasi

10. Akhiri dengan memasang rok pohon

Rok pohon seringkali diabaikan keberadaannya lantaran Anda sudah merasa cukup dengan hiasan ramai yang membalut pohon Natal.

Namun rok pohon Natal ini merupakan sentuhan akhir dekorasi yang tak boleh ketinggalan lantaran berfungsi untuk menyeimbangkan keseluruhan desain pohon Natal.

Rok pohon juga memiliki banyak manfaat, mulai dari menutupi ‘kaki’, batang atau dudukan pohon yang tidak enak dipandang, hingga melindungi lantai dan karpet dari pinus yang jatuh jika menggunakan pohon asli.

Dengan memasangkan rok pohon, membantu menghasilkan tampilan yang lengkap dan harmonis. Selain itu, rok memberi kesan latar yang sempurna untuk alas kado Natal yang telah dibungkus dengan indah.

Jika pohon Natal ditaruh dalam pot atau keranjang anyaman, Anda bisa mengganti fungsi rok ini dengan karpet atau permadani dengan tema yang selaras.

Itulah 10 cara menghias pohon natal yang bagus yang bisa membantu Anda mendekorasi layaknya perancang profesional.

Kuncinya adalah memadukan warna-warna senada dan tak melenceng dari tema yang ingin Anda tonjolkan agar tampilan pohon tetap menarik. Selamat Natal!

Cnnindonesia

  • Bagikan
Positive SSL