Trump Akhirnya Buka Suara Soal Serangan Siber Besar-besaran ke AS

  • Bagikan
f398decc donald trump 7 169

Kicauan Trump membuat juru bicara administrasi berebut untuk mendamaikan keputusan yang saling bertentangan itu.

CNN mengatakan pejabat Gedung Putih telah membuat rencana Jumat untuk merilis pernyataan yang secara langsung menyalahkan Rusia, sebelum tiba-tiba ditarik kembali karena alasan yang tidak jelas.

Ini bukan kali pertama Trump mengecilkan peran Rusia. Sebelumya, ia menolak mengakui ada campur tangan Moskow dalam pemilu 2016, meskipun ada temuan yang jelas dari badan intelijen AS.

Rusia membantah terlibat dalam serangan terbaru itu, tetapi beberapa pejabat yang masuk dan keluar dari pemerintah AS menuding Moskow, dan tidak ada di Beijing.

Baca Juga :  Ini Sosok MYD, Tersangka Pemeran Pria Video Syur Gisel

Tidak ada reaksi langsung dari China.

Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS, Kamis, mengatakan bahwa serangan itu menimbulkan “risiko besar” dan menggagalkannya akan menjadi “sangat kompleks”. Itu tidak mengidentifikasi orang-orang di belakangnya.

Dalam sebuah langkah yang tampaknya direncanakan sebelum berita serangan dunia maya muncul, Departemen Luar Negeri pada Sabtu mengkonfirmasi rencana untuk menutup dua konsulat AS yang tersisa di Rusia, di Vladivostok dan Yekaterinburg, karena “tantangan kepegawaian yang sedang berlangsung.”

Baca Juga :  Maling Chainsaw, Warga Kepahiang Ditangkap

Di antara lembaga pemerintah yang terkena serangan siber, menurut laporan media, adalah departemen Negara, Perbendaharaan, Perdagangan, dan Keamanan Dalam Negeri.

Institut Kesehatan Nasional dan Departemen Energi dan Administrasi Keamanan Nuklir Nasional, yang mengelola persediaan senjata nuklir, juga ikut menjadi sasaran peretasan.

(Cnnindonesia)

  • Bagikan
Positive SSL