Trump Akhirnya Buka Suara Soal Serangan Siber Besar-besaran ke AS

  • Bagikan
f398decc donald trump 7 169

Internasional — Presiden Donald Trump akhirnya buka suara soal serangan siber besar-besaran yang serang Amerika Serikat, Sabtu (19/12).

Meski demikian, Trump menganggap remeh serangan dunia maya besar-besaran terhadap badan-badan pemerintah AS itu. Menurutnya, semua sudah “di bawah kendali”. Ia pun tidak menunjukkan dukungan atas pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.

Sebelumnya, Pompeo jadi orang pemerintahan AS pertama yang berkomentar soal serangan siber besar-besaran yang landa lembaga pemerintah dan perusahaan swasta di AS sementara Trump masih belum berkomentar, Jumat (18/12).

Baca Juga :  Tahapan Vaksinasi Covid-19

Pompeo sangat yakin Rusia adalah dalang di balik serangan dunia maya paling parah yang terjadi di negara itu. Peretasan di AS sangat besar, sebab sekitar 18.000 organisasi terinfeksi kode berbahaya (malware) dari Maret hingga Juni 2020.

Ia menjadi pejabat pemerintah AS pertama yang memberikan pernyataan terbuka yang mengaitkan serangan siber ini dengan Kremlin.

Baca Juga :  Rekor Messi vs Ronaldo: La Pulga Unggul

“Saya telah diberi pengarahan penuh dan semuanya terkendali dengan baik,” cuit Trump dalam komentar publik pertamanya tentang peretasan tersebut.

“Rusia Rusia Rusia adalah nyanyian prioritas ketika terjadi sesuatu” lanjut cuitan Trump, ia pun menyebut kemungkinan ada keterlibatan China dalam serangan ini tanpa menyertakan bukti.

  • Bagikan