Mengapa Phishing Jadi Favorit Hacker dan Cara Mencegahnya

  • Bagikan
3110bd62 e288 4a42 bf87 f86865bdea60 169

CR — Pakar Siber dan Pengamat Media Sosial Kun Arief Cahyantoro mengatakan metode phising jadi favorit hacker atau peretas untuk meretas akun pribadi atau perkantoran saat ini.

Arief menjelaskan, metode phising banyak digandrungi karena mudah dilakukan dan cenderung lebih berhasil memancing para pengguna akun untuk memberikan informasi pribadinya.

“Jalur peretasan yang banyak muncul dan sering terjadi di banyak aplikasi termasuk office, adalah jalur automatic phising, lebih mudah dilakukan, dan banyak pengguna internet yang kurang teliti terpancing,” kata Arief saat dihubungi, Selasa (15/12).

Baca Juga :  Valentino Rossi Kecewa Yamaha Bikin Lorenzo Nganggur sebagai Test Rider

“Phising tujuannya ‘memancing’ orang agar memberikan data pribadinya, umumnya berupa login atau password tanpa disadari, karena orang tersebut merasa bahwa situs tersebut valid dan alamat situs sebenarnya,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, phising sebetulnya jauh lebih mudah dilakukan daripada proses peretasan dengan masuk ke dalam sistem (breaching). Phising dilakukan dengan cara membuat mimikri, sehingga halaman masuk ke akun semirip mungkin dengan halaman asli, padahal merupakan link atau server palsu.

Baca Juga :  Haduh, 66.924 Rekening Calon Penerima BLT Pekerja Masih Bermasalah

Contohnya, phising dilakukan hanya dengan mengganti karakter huruf pada link situs yang dituju sehingga sepintas halaman atau aplikasi terlihat asli, padahal merupakan halaman atau aplikasi palsu.

Sehingga, pengguna yang tidak teliti rentan terjaring phising dan terus berselancar di dunia internet, tanpa tahu aktivitasnya sedang diawasi. Ditambah lagi dengan anggapan di masyarakat bahwa internet aman dan menjamin kerahasiaan seseorang.

  • Bagikan