Dokumen Bocor, Ungkap China Kontrol Ketat Berita Covid-19

  • Bagikan
04ed9bf2 426f 4a3c a8e1 3cc3e4d4ac8d 169

InternasionalPemerintah China disebut mengontrol ketat penyebaran berita perkembangan virus corona (Covid-19) di negaranya agar tidak terlihat parah.

Portal berita non-profit ProPublica melaporkan Presiden Xi Jinping memerintahkan para pejabat membungkam berita yang tidak menyenangkan dan mengubah narasi negatif terkait China soal penanganan virus corona.

Laporan itu didapat ProPublica melalui sejumlah dokumen yang diberikan pemerintah China kepada pekerja propaganda dan media lokal.

Baca Juga :  Fakta Menarik Aespa, Girl Group Baru SM Entertainment

Sebagai contoh, dokumen itu memerintahkan situs berita di China untuk mengeluarkan push notification atau pemberitahuan langsung terkait kematian Li Wenliang.

Li Wenliang bersama delapan dokter lainnya di Wuhan sempat ditangkap karena membocorkan informasi virus corona di media sosial sekitar Desember 2019 lalu.

Baca Juga :  Cek di Sini! Fakta Seputar Gaji PNS

Li bersama rekan-rekannya itu berupaya memperingatkan masyarakat bahkan pemerintah terkait potensi merebaknya virus serupa SARS yang saat itu masih misterius.

Alih-alih diapresiasi, Li bersama tujuh dokter lainnya dihukum oleh kepolisian Wuhan karena membocorkan informasi tersebut ke media sosial. Meski begitu, tak lama Li dan tujuh koleganya itu dibebaskan.

  • Bagikan
Positive SSL