Rossi Pernah Juara Kelas Premier Bareng Tim Satelit, Akankah Terulang di MotoGP 2021?

  • Bagikan
2dcfd2db 3626433105

MotoGP — VALENTINO Rossi turun pangkat di MotoGP 2021. The Doctor –julukan Valentino Rossi– tak lagi membela tim pabrikan Yamaha, melainkan hanya beraksi bersama tim satelit, yakni Petronas Yamaha.

Meski hanya membela tim satelit, pantang bagi Valentino Rossi untuk berkecil hati. Sebab, lihat saja kiprah dua pembalap tim satelit Yamaha dalam dua musim MotoGP terakhir (2019 dan 2020), yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Di MotoGP 2019, El Diablo –julukan Fabio Quartararo– tujuh kali finis podium. Jika tidak ada Marc Marquez (Repsol Honda), Quartararo diprediksi memenangkan sejumlah race pada MotoGP 2019.

Baca Juga :  Tak Tega Lihat Rossi Terpuruk, Legenda MotoGP Ini Tantang Rossi Pensiun

Satu aksi apik lagi ditunjukkan rekan Quartararo, Franco Morbidelli. Franco Morbidelli finis di posisi kedua di klasemen akhir MotoGP 2020. Selain dua modal di atas, ada hal lain yang membuat Valentino Rossi bisa berjaya di MotoGP 2021.

Sekadar informasi, Valentino Rossi pernah menjuarai kelas premier (500 cc) 2001 dengan motor tim satelit Honda. Valentino Rossi memulai debut di kelas 500cc –sekarang disebut MotoGP– pada 2000. Di musim pertamanya tersebut, secara luar biasa Valentino Rossi finis di posisi dua. Menjadi luar biasa, karena selain musim debut The Doctor di balap motor paling elite, pembalap berpaspor Italia itu hanya membela tim satelit Honda, yakni Nastro Azzuro Honda.

Baca Juga :  Dorna Sports Berharap MotoGP Kembali Bergulir di Indonesia

Pencapaian yang lebih sensasional terjadi semusim berselang. Masih dengan motor yang sama, Rossi keluar sebagai juara dunia! Setelah melalui 16 race, Valentino Rossi mengemas 325 angka, unggul 116 poin dari Max Biaggi di posisi dua.

Pada musim tersebut Valentino Rossi mengoleksi 11 kemenangan dengan total 13 kali naik podium. Meski berstatus tim satelit, motor Honda NSR500 yang dimiliki Valentino Rossi disinyalir memiliki kualitas setara dengan kuda besi pabrikan Honda saat itu, Repsol Honda.

  • Bagikan