Perkiraan Biaya Tim MotoGP yang akan Dibentuk Rossi

  • Bagikan
2dcfd2db 3626433105

MotoGP — Valentino Rossi diklaim bakal membangun tim MotoGP usai membeli tim Esponsorama Avintia. The Doctor dikabarkan akan menggunakan tim VR46 untuk MotoGP 2022.

Rumor Rossi akan memiliki tim di MotoGP sudah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan pihak Dorna Sports, melalui CEO Carmelo Ezpeleta, sempat menyatakan akan memberi satu tempat bagi tim Rossi di MotoGP setelah pembalap 41 tahun itu pensiun.

VR46 sudah memiliki tim di Moto3 dan Moto2, dan Speedweek mengklaim tim yang dibangun pada 2014 itu bisa melebarkan sayap dengan tampil di MotoGP mulai musim 2022. VR46 milik Rossi akan tampil di MotoGP 2022 menggunakan slot Esponsorama Avintia.

Baca Juga :  Valentino Rossi Antusias dan Bersemangat Tatap GP Qatar

Namun tentu saja dana yang dikeluarkan pembalap Italia itu sangat besar jika ingin membentuk tim di kelas utama MotoGP.

Dilansir dari Race, bos tim MotoGP papan atas disebut harus merogoh kocek 10 sampai 15 juta Euro (sekitar Rp173,1 sampai Rp259,7 miliar) untuk menjalankan sebuah tim dalam satu musim penuh.

Setiap tahun biaya tersebut bisa naik tergantung biaya sewa mesin, berdasarkan spesifikasi, dari pabrikan.

Biaya sewa mesin motor sekitar 2 juta Euro atau sekitar Rp34,9 miliar. Itu untuk spesifikasi mesin motor setahun lebih lawas atau bukan yang paling upgrade.

Baca Juga :  Korupsi Bansos Corona dan Ancaman Hukuman Mati dari KPK

Sementara untuk mesin keluaran terbaru atau yang sedang dikembangkan bisa mencapai 4 juta Euro atau Rp69 miliar lebih.

Harga tersebut belum termasuk biaya spare part. Tidak mengherankan mesin merupakan pengeluaran terbesar tersendiri dalam sebuah tim MotoGP.

Joan Mir jelang balapan MotoGP Ceko 2020.Dibutuhkan biaya yang sangat mahal untuk membangun sebuah tim MotoGP. (Dorna Sports).

Selain itu ada biaya-biaya lain seperti perangkat elektronik yang bisa mencapai 100 ribu Euro atau Rp1,7 miliar. Harga tersebut sudah termasuk sensor, kabel, dan panel.

  • Bagikan