4 Tips Memilih Double Cleansing Sesuai Jenis Kulit

  • Bagikan
Tips Memilih Double Cleansing Sesuai Jenis Kulit
Tips Memilih Double Cleansing Sesuai Jenis Kulit
Tips memilih Double Cleansing Sesuai Jenis Kulit

Apa Itu Double Cleansing ?

Double cleansing adalah kegiatan membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan menggunakan bahan yang berbeda. Tahap pertama adalah dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar seperti minyak (cleansing oil), susu (milk cleanser), dan air (micellar water) untuk membersihkan wajah dari makeup. Hal ini bertujuan menghindari adanya penyumbatan pada pori-pori wajah di lapisan pertama kulit kamu karena makeup yang kamu pakai seharian.

Seperti dijelaskan diatas, Double Cleansing membutuhkan 2 tahap, lalu apa saja tahapannya ?

Dua Tahap double cleansing?

double cleansing tahap pertama

Untuk tahap pertama proses membersihkan wajah, Anda sebenarnya tak memerlukan make up remover yang mahal. Yang paling penting adalah make up remover yang dipakai mampu mengangkat sisa make up serta tabir surya, yang sering kali bersifat tahan air (waterproof).

Dua jenis make up remover yang disarankan pada tahap pertama membersihkan wajah ini, yaitu produk pembersih wajah yang berbahan minyak (cleansing oil), dan atau menggunakan micellar water.

Pembersih wajah berbahan minyak

Pembersih wajah berbahan minyak
4 Tips Memilih Double Cleansing Sesuai Jenis Kulit 11

Cleansing oil bisa digunakan pada tahap pertama membersihkan wajahCara melakukan double cleansing tahap pertama bisa menggunakan produk pembersih wajah berbahan dasar minyak atau cleansing oil

Baca Juga :  Kalina Ocktaranny Lega Akhirnya Dilamar Vicky Prasetyo

Menurut seorang pakar kecantikan kulit, cleansing oil dapat menarik minyak di wajah.Dengan ini, produksi sebum berlebih dan kotoran di wajah dapat ikut terangkat tanpa harus merusak kulit dan lapisan pelindung kulit. 

Pembersih wajah berbahan minyak juga nyaman digunakan. Anda cukup mengoleskannya pada permukaan wajah lalu memijat kulit secara perlahan. Bilas wajah dengan air sampai bersih. Jika masih ada sisa makeup di wajah, Anda dapat menggunakan kain flanel bersih untuk menyekanya.

Micellar water

Micellar water
4 Tips Memilih Double Cleansing Sesuai Jenis Kulit 12

Pemilik kulit berminyak bisa menggunakan micellar waterSementara itu, bagi pemilik kulit berminyak, cara melakukan double cleansing tahap pertama untuk menghapus sisa make up bisa menggunakan micellar water.

Micellar water adalah kombinasi air murni dan bahan-bahan yang menghidrasi kulit, seperti gliserin, serta molekul yang disebut misel. Misel dalam micellar water dapat menarik kotoran dan minyak. Jadi, ketika Anda menggunakan micellar water ke kulit wajah dan menyekanya, kotoran akan terangkat.Kabar baiknya, produk pembersih wajah ini dapat membantu kulit Anda tetap lembap.

double cleansing tahap kedua

Setelah membersihkan wajah tahap pertama, kini Anda melakukan tahap pembersihan wajah berikutnya. Pastikan pula kedua tangan Anda sudah dalam kondisi bersih. 

Cara melakukan double cleansing tahap kedua bisa menggunakan sabun pembersih wajah, baik itu facial wash atau facial foam, sesuai dengan masalah kulit yang tengah Anda alami. 

Misalnya, jika terdapat jerawat di wajah maupun kulit yang cenderung bermasalah, Anda dapat menggunakan produk sabun muka dengan bahan aktif tertentu. Misalnya, asam salisilat, asam glikolat, atau niacinamide.Ketiga zat tersebut dapat membantu mencegah timbulnya flek hitam di wajah. 

double cleansing tahap kedua

Anda bisa menggunakan facial wash atau facial foam untuk bersihkan wajahLakukan cara membersihkan wajah tahap kedua ini dengan membasahi wajah dengan air suam-suam kuku (air hangat) terlebih dahulu. 

Baca Juga :  Jadwal Misa Natal Online di Jakarta, 24-25 Desember 2020

Kemudian, oleskan sabun pembersih wajah Anda pada permukaan wajah seraya memijat kulit perlahan.Bilas wajah Anda menggunakan air sampai bersih.

Lalu, tepuk-tepuk wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih. Perlu diingat bahwa satu produk skincare tertentu belum tentu cocok bagi semua orang.Sebab, jenis kulit wajah antara satu orang dengan orang lainnya berbeda sehingga akan memberikan respons berbeda pula terhadap produk yang digunakan.

Oleh karena itu, pilihlah produk pembersih wajah bebas sulfat, yang lembut di kulit.Produk pembersih wajah yang lembut, membuat kulit Anda terlihat dan terasa lebih sehat serta halus.

Tips Memilih Double Cleansing Sesuai Jenis Kulit

Tips Memilih Double Cleansing Sesuai Jenis Kulit

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, penting bagi Anda untuk menggunakan produk sesuai dengan jenis kulit sebagai cara membersihkan wajah dua tahap dengan tepat.

1. Kulit berminyak

Memilih Double Cleansing kulit berminyak
sumber detik health

Bagi pemilik kulit berminyak, sebaiknya gunakan micellar water sebagai sebagai produk first cleanser. Kemudian, lanjutkan cara membersihkan wajah tahap kedua menggunakan facial foam atau gel atau clay cleanser yang mengandung aloe vera, ekstrak bunga mawar, teh hijau, dan asam glikolat yang lembut di kulit.

Bahan-bahan alami tersebut dapat membantu melembapkan kulit, mencegah peradangan, dan mengatur produksi minyak di wajah Anda.

2. Kulit kering

Memilih Double Cleansing kulit Normal

Terlalu sering mencuci wajah dapat berisiko membuat kulit kering menjadi semakin kering. Maka dari itu, penting bagi pemilik kulit kering untuk memilih produk pembersih wajah yang mampu menjaga kelembapan kulit, seperti cleansing balm, sebagai produk first cleanser.

Pilihlah produk pembersih wajah yang mengandung shea butter, minyak kelapa, jojoba oil, atau emolien lainnya guna membantu mengembalikan kelembapan kulit.Selanjutnya, lakukan tahap pembersihan wajah dengan produk facial wash yang memiliki kandungan antipenuaan, seperti vitamin C, teh hijau, atau asam hialuronat.

Sesaat setelah membilas wajah, segera gunakan pelembap wajah untuk mengunci kelembapan kulit.

3. Kulit normal

Memilih Double Cleansing kulit berminyak
Foto Journal.sociolla.com

Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau kombinasi, pilihlah produk pembersih wajah yang mampu mengembalikan keseimbangan kulit sekaligus memperbaiki tekstur dan rona wajah.

Anda dapat menggunakan oil-based cleanser sebagai first cleanser yang kaya nutrisi dan memiliki kandungan ceramide yang mampu melembapkan kulit.Kemudian, Anda bisa melakukan tahap pembersihan wajah menggunakan sabun pembersih facial foam yang mampu mengangkat residu cleansing oil dengan baik. 

Pilihlah produk dengan klaim dapat menyeimbangkan pH kulit agar dapat mengikat kelembapan, memiliki tekstur kulit lebih baik, dan mencerahkan wajah.

4. Kulit sensitif

Memilih Double Cleansing kulit sensitif

Ilustrasi Jerawat

Pemilik kulit sensitif harus memilih sabun pembersih yang lembut di kulit.Jadi, pilihlah cleansing oil sebagai first cleanser yang bersifat lembut, kaya akan antioksidan dan antiradang, seperti vitamin E, aloe vera, atau asam glikolat.

Lalu, lanjutkan dengan produk pembersih eksfoliasi yang mengandung asam glikolat dan asam laktat untuk mencerahkan kulit, membersihkan noda jerawat, dan mencegah penyumbatan pori-pori.Anda juga bisa menggunakan milk cleanser dengan formula yang lembut guna melembutkan kulit dan kandungan asam laktat untuk mencegah munculnya jerawat.

Manfaat double cleansing Bagi kesehatan kulit?

Manfaat double cleansing Bagi kesehatan kulit
Beauty face. Woman with natural makeup and healthy skin portrait. Beautiful asian girl model touching fresh glowing hydrated facial skin on beige background closeup. Skin care concept

Double cleansing bisa mengurangi risiko menyumbat pori-pori wajahMenurut para ahli kesehatan, ada beberapa manfaat double cleansing untuk kesehatan kulit wajah. Jika dilakukan secara rutin, berikut adalah beberapa manfaat membersihkan wajah dua tahap untuk kesehatan kulit Anda.

1. Membersihkan wajah lebih menyeluruh

Salah satu manfaat double cleansing adalah membersihkan wajah secara menyeluruh.Para ahli kesehatan berpendapat kalau membersihkan wajah satu kali tidaklah cukup. Terlebih jika Anda tinggal di perkotaan yang rentan terpapar debu dan kotoran akibat polusi udara.Cara membersihkan wajah tahap pertama dapat membantu mengangkat debu dan kotoran akibat polusi dan bakteri.

2. Membantu penyerapan zat aktif produk skincare lebih efektif

Berikutnya, manfaat double cleansing adalah dapat membantu kinerja zat aktif skincare meresap ke dalam kulit dengan optimal sesaat setelah Anda membersihkan wajah.Pasalnya, produk perawatan kulit wajah, seperti serum wajah, essence, dan pelembap, akan sulit menembus kulit dan bekerja dengan baik apabila kulit muka masih dalam kondisi kurang bersih.

3. Mencegah penyumbatan pori-pori wajah

Manfaat membersihkan wajah dengan dua tahap berikutnya adalah mencegah penyumbatan pori-pori wajah.Tidak cermat dalam membersihkan muka dapat berisiko meninggalkan kotoran, sisa make up, minyak berlebih, dan sel kulit mati di wajah.Kondisi tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit di wajah, iritasi, komedo, dan jerawat.

Seberapa sering harus membersihkan wajah dua kali?

Fungsi tahap pertama membersihkan wajah adalah mengangkat sisa make up dan tabir surya.Dengan demikian, Anda tak perlu menerapkan metode ini setiap saat.Misalnya, saat bangun di pagi hari, proses membersihkan wajah dua tahap tak perlu dilakukan. Anda cukup membersihkan wajah satu tahap saja, kemudian siap untuk beraktivitas.Anda dapat melakukan pembersihan wajah dua tahap setelah bepergian ke luar rumah menggunakan make up. Saat berada di luar rumah, wajah Anda lebih banyak terpapar debu dan kotoran akibat polusi udara. 


Editor AG

Sumber SehatQ

  • Bagikan
Positive SSL