Bahayanya Masker Bedah Dipakai Berulang

  • Bagikan
134a75a5 masker bedah

CR — Masker menjadi salah satu benda wajib saat pandemi. Namun masker bedah hanya bisa dipakai satu kali. Ada bahaya masker bedah dipakai ulang.

Ada dua jenis masker wajah yang umum, keduanya dimaksudkan untuk sekali pakai. Masker bedah mencegah seseorang menyebarkan kumannya sendiri, dan biasanya digunakan oleh ahli bedah untuk menjauhkan kuman dari pasien. Mereka juga dapat digunakan oleh pasien yang sakit untuk meminimalkan penyebaran penyakit dari partikel kecil yang terbatuk.

Sebaliknya, respirator N95 menyaring 95 persen partikel di udara untuk meminimalkan pemakainya terpapar penyakit menular. Mereka dipakai oleh petugas kesehatan yang merawat orang sakit dan tidak ingin terinfeksi.

Baca Juga :  Pemerintah Terapkan PSBB Jawa-Bali Selama Dua Pekan

Mengutip Insider, masker wajah tidak dimaksudkan untuk digunakan kembali. Baik masker bedah dan respirator N95 dimaksudkan untuk sekali pakai, kata Hans Rechsteiner, MD, seorang ahli bedah umum di Burnett Medical Center.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan melepas masker setelah lembap dari napas Anda, dan jangan pernah menggunakan kembali masker sekali pakai. Dalam keadaan normal, masker ini harus dibuang.

Setelah digunakan, mereka harus dilepas dengan menggunakan teknik yang sesuai (yaitu jangan menyentuh bagian depan, melepas dengan menarik ear strap elastis atau tali dari belakang) dan segera dibuang ke tempat sampah yang dapat menyebabkan infeksi dengan penutup, diikuti dengan kebersihan tangan.

Baca Juga :  Hore! Gaji Ke-13 PNS Paling Cepat Cair 1 Juni 2021

Apa bahaya masker bedah dipakai ulang?

Mengutip National Academies of Sciences Engineering Medicine, masker dan respirator sekali pakai tidak dapat digunakan kembali karena berfungsi dengan menjebak partikel berbahaya di dalam jaring serat yang digunakan untuk membuatnya.

Penumpukan berbahaya ini tidak dapat dibersihkan atau didesinfeksi tanpa merusak serat atau komponen lain dari perangkat seperti tali pengikat atau penjepit hidung. Jika dipakai berulang, bakteri atau virus yang menempel dan sudah terjebak sebelumnya akan menempel di wajah. 

Selain itu bahaya masker bedah dipakai ulang juga terkait efektivitasnya yang menurun untuk menyaring bakteri dan kuman dari sekitar. 


SC CNNIndonesia

  • Bagikan