Mekanisme Penerimaan dan Penyaluran Dana PIP Kemendikbud

  • Bagikan
746dbe18 nadiem makarim 1 169

Nasional — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Kementerian Sosial melalui Program Indonesia Pintar (PIP) berupa pemberian bantuan kepada peserta didik usia 6-21 tahun.

Bantuan ini diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH), dan yatim piatu.

Kemudian, peserta didik yang mengalami kelainan fisik atau disabilitas, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari tiga saudara yang tinggal serumah.

Baca Juga :  Nekat Edarkan Ganja, 2 Pelajar Asal Kabupaten Kepahiang Diringkus

Adapun penyaluran PIP ini dilakukan secara bertahap dan reguler. Nantinya, sejumlah bantuan yang ditetapkan pemerintah sesuai kelas peserta didik akan langsung dikirimkan ke nomor rekening siswa.

Berdasarkan situs https://pip.kemdikbud.go.id/ yang diakses pada Rabu (16/12) pukul 10.30 WIB. Dari 100 persen besaran bantuan yang sudah disalurkan Kemendikbud kepada siswa, setidaknya 54,49 anggaran sudah dicairkan oleh siswa tingkat SD, 54,62 siswa SMP. Kemudian, 48,97 persen siswa SMA, dan 43,58 persen untuk siswa SMK.

Baca Juga :  Staf Mask Singer Positif COVID-19, Monsta X Harus Jalani Karantina Mandiri

“Pencairan PIP dilakukan secara bertahap ya, sejak Januari lalu sudah berjalan. Uangnya langsung disalurkan ke rekening tiap-tiap siswa. Pemberitahuannya dapat diakses seluruh Kepala Sekolah se-indonesia” kata Koordinator PIP Dikdasmen Kemendikbud Sofiana Nurjanah melansir CNNIndonesia.com, Rabu (16/12).

  • Bagikan