Kemendikbud Buka Peluang Siswa SMK Dapatkan Gelar D1 dan D2

  • Bagikan
723c8d33 images 19

Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana membuka peluang siswa mendapat gelar D1 atau D2 meskipun hanya belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau tempat pelatihan atau kursus.

“Jadi kursus pelatihan jangka panjang bisa diintegrasikan dengan D1 atau D2. Jadi bisa menikahkan 17 ribu lembaga kursus pelatihan dengan perguruan tinggi vokasi,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (15/12).

Ia menjelaskan gelar D1 dan D2 yang diberikan kepada siswa bukan dikeluarkan oleh SMK atau tempat kursus. Nantinya, gelar diberikan oleh perguruan tinggi vokasi.

Baca Juga :  8 Film Seru Bertema 'Lockdown'

Jadi dengan skema itu, SMK dan tempat kursus harus bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk menyediakan program ini.

Dengan begitu, kata dia, kualitas dan pengawasan terhadap lulusan D1 dan D2 bisa tetap terjaga. Ia menekankan tidak sembarang lembaga kursus dan SMK bisa menawarkan program ini.

Baca Juga :  Tak Sopan di Medsos, Netizen Bakal Disentil Komite Etik Kominfo

SMK yang ingin menawarkan program ini harus memenuhi syarat kualitas yang ditentukan Kemendikbud.

Kendati gelar dikeluarkan oleh perguruan tinggi, nantinya siswa tetap belajar di tempat kursus atau di SMK. Waktu belajar juga akan lebih singkat ketimbang menempuh jenjang pendidikan menengah dan tinggi secara terpisah.

Mendorong Kampus Hapus D3 dan Beralih ke Sarjana Terapan

  • Bagikan
Positive SSL