Fakta Cukai Rokok Naik, Buat Galau Kaum Sebat

  • Bagikan
a0826566 images 10

Nasional — Tarif cukai rokok resmi naik sebesar 12,5% mulai Februari 2021 setelah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Selain untuk kepentingan kesehatan, kenaikan cukai rokok juga untuk meningkatkan penerimaan negara yang berasal dari cukai rokok.

Melansir, Okezone, sudah merangkum beberapa fakta yang menarik, Minggu (13/12/2020).

1. Ini Alasan Tarif Cukai Rokok Naik

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, aspek yang diperhatikan dalam kebijakan cukai rokok tahun depan adalah pengendalian konsumsi sesuai RPJMN, masalah tenaga kerja, petani tembakau, rokok ilegal, dan penerimaan negara.

“Dengan komposisi tersebut maka rata-rata kenaikan tarif cukai adalah sebesar 12,5% . Ini dihitung rata-rata tertimbang berdasarkan jumlah produksi dari masing-masing jenis dan golongan,” katanya di Jakarta, Kamis (10/12/2020).

2. Mengendalikan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Tembakau

Dengan kenaikan tarif cukai rokok ini mengendalikan konsumen dan konsumsi produk tembakau. Di sini fokusnya kepada kesehatan dari hasil cukai tembakau.

“Pemerintah perlu menjaga tenga kerja dan para buruh yang bekerja di rokok para petani yang menghasilkan tembakau dan sisi indutsrinya dari sisi buruh dan petani,” kata Sri Mulyani.

3. Ini Daftar Harga Rokok di 2021 Usai Tarif Cukai Naik 12,5%

Sigaret Kretek Mesin (SKM)

Baca Juga :  Syarat Lengkap dan Cara Pengajuan KUR BRI

– SKM Gol I : naik Rp125/Batang atau 16,9% menjadi Rp865/Batang

– SKM Gol IIA : naik Rp65/Batang atau 13,8% menjadi Rp535/Batang

– SKM Gol IIIB : naik Rp70/Batang atau 15,4% menjadi Rp525/Batang

Sigaret Putih Mesin (SPM)

– SPM Gol I : naik Rp145/Batang atau 18,4% menjadi Rp935/Batang

– SPM Gol II A : naik Rp80/Batang atau 16,5% menjadi Rp565/Batang

– SPM Gol IIIB : naik Rp470/Batang atau 18,1% menjadi Rp555/Batang

Khusus untuk SKT, harga tidak naik, berikut rinciannya:

– SKT IA: Rp425/batang

– SKT IB: Rp330/batang

– SKT II: Rp200/batang

– SKT III: Rp110/batang

4. Cukai Rokok Naik 12,5%, Bisa Kerek Penerimaan Negara?

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan, meskipun mengalami kenaikan, namun kontribusi penerimaan dari cukai rokok tidak terlalu besar. Sebab, diperkirakan kontribusi cukai rokok tidak sampai pada 10% dari keseluruhan penerimaan negara.

“Enggak banyak , cukai rokok itu tidak dominan dalam struktur penerimaan negara. Saya lupa tapi di bawah 10%. Kecil banget,” ujarnya melansir Okezone, Jumat (11/12/2020).

5. Pengusaha Tak Setuju

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) tak setuju dengan keputusan Kementerian Keuangan menaikkan tarif cukai rokok sebesar 12,5% pada 2021. Mereka menilai kenaikan itu cukup tinggi dan mencekik para pengusaha.

Baca Juga :  Perubahan Romansa Drama Korea dan Kegagalannya Tarik Penonton

“Menurut saya ini masih terlalu tinggi,” kata Ketua Bidang UKM/IKM Apindo Ronald Walla kepada Okezone, Kamis (10/12/2020).

6. Sabar-Sabar Wahai Kaum Sebat

Ada seorang warganet yang mencuitkan agar para perokok untuk bersabar melihat kenyataan harga rokok yang kembali naik.

“bentar lagi juga naik harga rokok. wkwk. sabar2 ya anda2 wahai kaum sebat,” tulis akun Twitter @Kez_ez.

7. Bagaimana Kesejahteraan Petani Tembakau?

Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) mengapresiasi keputusan pemerintah khususnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang tidak menaikkan tarif cukai hasil tembakau pada golongan Sigaret Kretek Tangan (SKT) pada 2021.

Hal ini demi perlindungan ratusan ribu tenaga kerja yang terlibat di dalamnya, penyerapan produksi tembakau yang melibatkan 2,6 juta orang, serta keberlangsungan industri kretek tangan yang padat karya.

“Kami mengapresiasi keputusan pemerintah dengan tidak menaikkan tarif cukai golongan SKT demi melindungi ratusan ribu pekerja,” ujar Ketua Departemen Media Center AMTI Hananto Wibisono saat dihubungi, Kamis (10/12/2020).

Kendati demikian, AMTI menyayangkan kenaikan tarif cukai yang cukup tinggi bagi rokok mesin, yang melampaui inflasi dan pertumbuhan ekonomi.


Sc okezone

  • Bagikan
Positive SSL