Indonesia Berpeluang Gantikan MotoGP Brno di 2021

  • Bagikan
d6b8b896 07ea 46c8 92ae e228c854d6ba 169

MotoGP Ceko memutuskan keluar dari kalender MotoGP 2021. Keputusan ini membuka peluang bagi tiga seri cadangan, termasuk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

MotoGP Ceko memutuskan mundur karena tak punya uang untuk merenovasi lintasan sirkuit Brno. Proses renovasi itu diperkirakan bakal menelan biaya hingga 4 juta euro.

Dana sebesar diakui Wali Kota Brno Marketa Vankova sulit untuk disediakan. Apalagi, pemerintah di sana sudah menyalurkan dana besar untuk penanganan pandemi Covid-19.

Keputusan MotoGP Ceko mundur otomatis mengubah komposisi seri MotoGP 2021. Sesuai kalender sementara akan ada 20 seri balap dan tiga sirkuit cadangan di MotoGP 2021.

Seri cadangan itu adalah Indonesia, Portugal, dan Rusia. Ketiga seri ini bisa masuk dalam kalender apabila terjadi perubahan komposisi sirkuit di tengah pandemi Covid-19.

Keluarnya MotoGP Brno membuat MotoGP Indonesia berpotensi masuk kalender resmi untuk balapan tahun depan. MotoGP Indonesia memiliki daya tarik tersendiri karena punya sirkuit yang berbeda dari seri-seri lainnya.

Baca Juga :  2 Harimau di Singkawang Terkam Pawang Hingga Tewas

MotoGP Indonesia memiliki nilai plus karena berstatus sirkuit baru. Hal itu berarti dari aspek lintasan Sirkuit Mandalika bisa dipastikan tidak akan bermasalah.

MotoGP Indonesia juga berlangsung di jalan raya. Sirkuit Mandalika akan jadi satu-satunya seri MotoGP yang berlangsung tidak di sirkuit permanen.

Nilai plus lain dari MotoGP Indonesia karena Indonesia merupakan pasar yang bagus untuk MotoGP. Bahkan, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dalam pernyataannya awal Desember lalu, tak memungkiri bahwa Indonesia merupakan pasar penting bagi balap motor paling bergengsi di dunia itu.

“Indonesia adalah pasar yang penting untuk Grand Prix dan dukungan untuk agenda itu begitu kuat. Sudah 23 tahun sejak kami menyelenggarakan Grand Prix terakhir di Indonesia dan kami sangat bersemangat untuk kembali secepatnya,” kata Ezpeleta dilansir dari MotoGP.com.

Baca Juga :  Aksi 1812, Tagar #KerumunanFPIJilid2 Ketiga Trending Topic Twitter RI

Meski punya daya tarik besar, proses pengerjaan Sirkuit Mandalika ditargetkan baru akan rampung pada Juli 2021. Jika mengacu jadwal sementara, Sirkuit Mandalika selesai dikerjakan setelah MotoGP 2021 menggelar sembilan seri dan sedang melangsungkan seri Eropa.

Hal lain yang jadi ganjalan karena Sirkuit Algarve di Portugal dan Sirkuit Igora di Rusia lebih siap pakai untuk masuk kalender resmi MotoGP 2021. Kedua sirkuit itu juga berada di Eropa, sama halnya dengan Sirkuit Brno.

Alasannya lain tentu pertimbangan logistik. Bahkan, jarak Sirkuit Igora dengan Sirkuit Kymiring tempat berlangsungnya MotoGP Finlandia yang digelar sebelum jadwal kosong MotoGP Ceko hanya 264 kilometer.


CNNIndonesia

  • Bagikan
Positive SSL